BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Jenis Pohon Rindang yang Bikin Rumah Makin Teduh
0
0

15 Jenis Pohon Rindang yang Bikin Rumah Makin Teduh

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 2, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Indonesia terkenal dengan negara beriklim tropis. Hal ini membuat Indonesia mendapatkan matahari penuh sepanjang tahun. Saat musim kemarau datang, tentu cuaca akan jauh lebih panas karena tidak adanya hujan yang mengguyur. Adanya pohon rindang yang tumbuh di rumah akan membuat hunian terasa lebih teduh.

Pada rumah bekas di Kec Bandung Kidul atau pasar sederhana Bandung juga sering ditemukan pohon besar ditanam. Tujuannya agar mengurangi panasnya matahari yang mana diterapkan pula pada rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City. Lewat aplikasi Pinhome, kamu bisa menemukan rumah dengan lingkungan yang asri atau ikut Program KPR Bank agar rumah impianmu segera terwujud.

Jenis Pohon Rindang Untuk Rumah

Terkadang rasa panas dari teriknya matahari juga membuat kita kesulitan saat beraktivitas karena suhu udara yang cukup tinggi. Tidak hanya saat beraktivitas di luar rumah, terik matahari juga bisa kamu rasakan saat beraktivitas di rumah.

Oleh karena itu, Pinhome ingin membagikan 15 jenis pohon rindang yang mampu membuat rumah terasa teduh lewat ulasan di bawah ini!

1. Pohon Beringin

(Pinterest)

Pohon beringin adalah salah satu jenis pohon rindang untuk rumah minimalis yang bisa menjadi pilihan kamu. Jenis pohon yang satu ini telah banyak digunakan baik di pinggir jalan, taman maupun rumah sebagai pohon peneduh rumah.

Selain dapat memberikan rasa teduh pada rumah saat matahari sedang terik, pohon ini juga bisa menghasilkan oksigen dalam jumlah banyak dan membantu menjaga ketersediaan air. Pohon beringin bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 35 meter. Pohon ini juga memiliki dahan-dahan yang tumbuh tersusun sehingga dari kejauhan daunnya seperti membentuk seperti payung.

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Tropis Yang Cocok Untuk Taman Rumah

2. Pohon Mangga

(Pinterest)

Pohon yang rindang selanjutnya adalah pohon mangga. Jenis pohon yang satu ini ternyata juga mampu meneduhkan rumah dengan daunnya yang cukup banyak dan lebar. Pohon mangga ini bisa tumbuh tinggi dan memiliki cabang yang banyak sehingga mampu memberikan rasa tedung dan menutupi sebagian sisi rumah dari teriknya sinar matahari. Selain itu, keuntungan lain yang akan kamu dapat jika menanam pohon ini adalah buah mangga yang terkenal enak dan manis.

3. Trembesi (Ki Hujan)

(Pinterest)

Trembesi atau yang dikenal dengan nama Ki Hujan adalah salah satu pohon yang bisa menjadi pilihan kamu sebagai pohon rindang untuk rumah minimalis. Pohon ini biasa ditanam di pinggir jalan karena memiliki akar, batang dan dahan yang cukup besar bahkan hingga membentuk payung. 

Pohon ini disebut-sebut bisa menyerap banyak sekali karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang cukup banyak juga. Jadi Pins akan memiliki pohon yang teduh di rumah sekaligus memiliki produsen oksigen yang alami.

4. Kiara Payung

(Kumparan)

Jika melihat gambar ini, Pins tentu akan familiar dengan pohon yang satu ini. Pohon ini memiliki nama kiara payung. Daun-daun pada pohon kiara payung sangatlah besar dengan ukuran pohon yang lumayan tinggi dan lebar. Dahannya juga cukup banyak sehingga mampu memberikan rasa teduh pada rumah kamu.

Baca juga: 7 Jenis Bunga yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

5. Angsana

(Pinterest)

Pohon angsana adalah jenis pohon dengan kayu yang bernilai cukup mahal. Pohon ini memiliki daun  berukuran kecil dengan dahan yang sangat banyak sehingga sangat rindang. Tidak hanya kayunya yang mahal dan rindah, pohon ini juga memiliki bunga dengan warna kuning yang akan terlihat sangat cantik saat bermekaran,

6. Kersen

(Pinterest)

Kersen juga menjadi salah satu jenis pohon yang bisa membuat rumah kamu terasa lebih teduh. Pohon ini dapat dengan kamu temukan di banyak tempat karena dapat tumbuh dengan sangat mudah. Pohon ini memiliki daun yang permukaannya cukup halus dan buah kersen yang sangat manis.

7. Pohon Pucuk Merah

(Pinterest)

Pohon rindang yang satu ini bisa menjadi pohon peneduh di rumah. Daun dari pohon pucuk merah yang lebat dan rimbun dengan dahan yang cukup banyak akan membuat halaman rumah terasa lebih adem. Daun dari pohon ini dapat berubah menjadi merah seiring menuanya usia pohon.

Baca juga: 13 Jenis Tanaman Semak Yang Dapat Mempercantik Rumahmu

8. Asam Jawa

(Pinterest)

Asam jawa biasa digunakan di dapur sebagai bahan campuran pada masakan untuk menghasilkan hidangan yang lezat. Jenis pohon yang satu ini ternyata juga bisa digunakan sebagai pohon rindang untuk rumah minimalis kamu lho! Terlebih pohon ini dapat tumbuh dimanapun dan tahap terhadap cuaca serta suhu ekstrim.

9. Pohon Flamboyan

(Pinterest)

Tanaman Flamboyan memang sering menggoda mata karena bunganya yang cantik dengan warna merah-oranye. Pohon yang satu ini bisa mempercantik pekarangan rumah sekaligus memberi rasa teduh pada rumah saat terik matahari datang menerpa. 

Pohon ini tumbuh melebar sehingga Pins membutuhkan pekarangan yang cukup luas jika akan menanam pohon yang satu ini. Namun untuk tinggi dari pohon ini tidaklah setinggi pohon-pohon sebelumnya. Pohon ini dapat tumbuh lebih tinggi dari rumah tidak bertingkat.

10. Pohon Bintaro

(Pinterest)

Jika mendengar namanya sekilas, mungkin Pins akan teringat daerah Bintaro yang terletak di Tangerang Selatan. Padahal Bintaro merupakan nama salah satu pohon rindang yang bisa membuat rumah terasa lebih adem. Pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai 15-20 meter. 

Pohon ini memiliki buah, namun sayangnya buahnya tidak bisa dimakan karena mengandung racun cerberin. Racun ini sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi denyut jantung karena mampu menghambat ion kalsium pada otot jantung.

11. Pohon Pule

(Pinterest)

Salah satu pohon yang rindang dan bisa menjadi pilihan kamu adalah pohon pule. Jenis pohon yang satu ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 6-40 meter. Daun dari tanaman yang satu ini cukup tebal dengan bentuk seperti berkarang. 

Panjang daunnya sendiri bisa mencapai 20 cm. Meski sangat tinggi, namun pohon ini memiliki bentuk yang ramping sehingga tidak bisa menutupi keseluruhan pekarangan rumah dari terik matahari jika pekarangan terlalu besar.

Baca juga: 20 Pagar Tanaman Hidup Untuk Mempercantik Rumah

12. Pohon Mahoni

(Pinterest)

Pohon ini terkenal dengan kayunya yang bernilai karena bisa dimanfaatkan sebagai furniture misalnya kursi, meja, rak dinding dan sebagainya. Pohon mahoni bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 35-40 meter. Pada usia 7-8 tahun, pohon mahoni akan mulai berbunga yang nantinya akan berubah menjadi buah. 

Buah ini memiliki bentuk bulat seperti telur dengan warna hijau yang nantinya akan berubah menjadi coklat jika sudah matang. Jika buah sudah tua, kulit buah akan pecah dan biji-biji di dalamnya akan berterbangan tertiup angin.

13. Pohon Akasia

(Pinterest)

Pohon akasia adalah salah satu pohon rindang yang cukup terkenal karena mudah ditemukan khususnya di Indonesia. Pohon ini umumnya digunakan sebagai bahan baku kertas. Selain itu pohon ini adalah tanaman dengan siklus panen yang sangat cepat. Pohon ini bisa dipanen dalam waktu 5-6 tahun dibandingkan dengan pohon lainnya.

14. Pohon Cemara Bundel

(Bibit Online)

Apakah kamu pernah melihat pohon cemara yang satu ini? Jenis pohon cemara ini bisa kamu temukan dengan mudah baik di daerah panas, gurun, dataran tinggi dan rendah, bahkan hingga daerah bersalju. Pohon ini bisa Pins gunakan sebagai pohon rindang untuk rumah minimalis kamu. Pohon ini tumbuh melebar dengan daun yang cukup banyak meskipun berukuran kecil. 

15. Holly Amerika

Source : Pxhere

Terakhir ada Holly Amerika yang menyerupai pohon cemara. Ukurannya sedang dan memiliki karakteristik tinggi menjulang. Tanaman ini tumbuh subur di area beriklim tropis dan memiliki pertumbuhan yang lambat.

Itulah 15 daftar pohon rindang yang bisa menjadi pilihan kamu sebagai pohon rindang untuk rumah minimalis kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 48 Tanaman Hias Outdoor Rumah Yang Mudah Dirawat

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download