BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Tata Letak Posisi Tangga Menurut Feng Shui
0
0

6 Tata Letak Posisi Tangga Menurut Feng Shui

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Kamu tahu ternyata tata letak tangga juga dapat berpengaruh terhadap energi yang akan masuk ke dalam rumah? Di dalam ilmu Feng Shui, terdapat juga bahasan tentang feng shui tangga rumah yang mana banyak menjelaskan aturan pada tata letak tangga rumah. Dalam Feng shui tangga rumah, tata letak tidak hanya diatur untuk memberikan keamanan dan kenyaman akan tetapi juga dapat menentuka baik atau buruknya energi yang akan masuk.

Sehingga, tidak sekedar berguna untuk menghubungkan satu lantai dengan lantai lainnya dalam sebuah bangunan. Berdasarkan aturan feng shui tangga rumah, aturan satu ini bisa membantu penghuni rumah untuk bisa merasakan energi atau aura positif. Apalagi ternyata di dalam ilmu feng shui, tangga adalah salah satu komponen yang paling banyak mempunyai reputasi buruk jika salah ditempatkan.

Nah, untuk tidak memperbesar energi buruk di dalam rumah Kamu, Pinhome telah merangkum beberapa tata letak posisi tangga menurut feng shui yang baik.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Tata Letak Posisi Tangga Menurut Feng Shui

Terdapat salah satu point penting yaitu memastikan bentuk tangganya dalam bentuk yang baik, yaitu dalam bentuk U atau L. Bentuk tangga U atau L yang mempunyai sedikit lekukan dipercaya menghasilkan energi positif berkumpul terlebih dahulu, sebelum akhirnya energi tersebut akan naik ke atas. Bentuk tangga putar tidak direkomendasikan karena bisa membuat energi negatif dan suasana yang tidak nyaman di dalam rumah.

Source : Pixabay

1. Tangga Tidak Menghadap Kamar Mandi

Tata letak posisi tangga menurut feng shui yaitu tidak menghadap ke arah kamar mandi. Karena energi positif yang telah masuk bisa terserah keluar dan diserap oleh energi yang ada di kamar mandi. Hal ini karena kamar mandi dianggap sebagai tempat yang kotor. Meletekkan tangga menghadap kamar mandi juga dipercaya bisa merusak keseimbangan energi yang ada di dalam rumah.

2. Tangga Tidak Menghadap Pintu Utama

Source : Pixabay

Meletakkan tangga menghadap pintu utama paling sering dilakukan oleh sebagian orang, padahal menurut feng shui hal ini sangat tidak dianjurkan. Dengan posisi tangga yang langsung menghadap pintu utama dengan jarak kurang dari 5 meter, dipercaya dapat membuat energi positif yang mengalir dari tangga akan langsung pergi meninggalkan rumah melalui pintu utama.

Tidak hanya itu, memang kurang enak untuk dipandang pada saat baru masuk dari pintu utama, dalam jarak yang dekat, pemandangan pertama yang dilihat langsung tangga. Banyak orang juga percaya jika posisi tangga langsung menghadap pintu utama akan menarik keluar keberuntungan dan rezeki.

Energi chi memasuki rumah dan dengan cepat menaiki tangga, melewati bagian rumah lainnya. Chi yang menguntungkan tidak mengalir melewati sektor lantai awah, menciptakan ketidakseimbangan. Pintu depan yang terbuka langsung kea rah tangga dianggap feng shui yang buruk. Solusi dari hal ini yaitu Kamu dapat menggantung lampu kristal atau kristal multisegi di antara pitu dan tangga untuk memperlambat dan membubarkan chi

3. Tangga Tidak Terletak di Bagian Tengah Rumah

Source : Pixabay

Tangga kerap kali diletakkan di bagian tengah ruangan untuk memudahkan mobilitas dari penghuni rumah. Jika mengikuti feng shui tangga, hal tersebut sebaiknya dihindari oleh pemilik rumah. Karena bisa membuat energi baik tidak masuk ke dalam rumah. Akibatnya energi positif yang diharpakan pun tidak akan diterima oleh penghuni rumah.

4. Hindari Meletakkan Tangga di Luar Ruangan

Kamu juga perlu menghindari peletakan tangga di luar ruangan. Biasanya, tangga yang berada di luar, dibuat karena terdapatnya perbedaan dari ketinggian tanah. Ternyata, hal ini lebih baik dihindari, karena meletakkan tangga di luar ruangan, dipercaya bisa menghambat karier dan usaha. Sehingga kehidupan dari penghuni rumah akan menjadi lebih sulit.

5. Kamar Mandi Di Atas Tangga

Kamar mandi yang terletak di bagian atas tangga bisa membuat aliran chi negatif. Energi chi akan langsung mengalir ke kamar mandi. Solusi paling mudah untuk semua hal yang berhubungan dengan kamar mandi juga berguna untuk kamar mandi di atas tangga seperti beberapa hal berikut.

  • Tempatkan tanaman di bagian atas tangga
  • Tutup pintu kamar mandi setiap waktu
  • Pasang kristal multisegi antara kamar mandi dan tangga untuk menyebarkan energi chi.

6. Kamar Mandi di Bawah Tangga

Source : Pixabay

Kamar mandi yang terletak di bawah tangga juga sangat tidak menguntungkan. Di dalam ilmu feng shui tangga, air di bawah tangga berdampak negatif pada kesuksesan generasi kedua. Kamu bisa memperbaikinya dengan menjaga kamar mandi agar tetap bersih dan rapi. Selain itu, tambahkan juga elemen feng shui untuk melawan energi sial yang dihasilkan oleh ruangan ini.

Kamu juga dapat menambahakn elemen sektor tempat tangga berada. Misalnya, sektor tenggara diatur oleh kayu, sehingga tambahkan elemen dan warna kayu di dekorasi kamar mandi.

Itu dia beberapa tata letak posisi tangga menurut feng shui. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download