Pinhome

Uncategorized

Penyebab pengajuan KPR rumah tidak disetujui

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Membeli rumah dengan cara mengangsur perbulan adalah salah satu alternatif cara cepat memiliki tempat tinggal meskipun baru mempunyai dana terbatas, namun tidak semua orang disetujui ketika mengajukan kredit ke Bank sehingga harapan yang telah direncanakan menjadi tertunda sampai mampu membeli secara tunai, lalu apa saja penyebab pengajuan KPR rumah tidak disetujui? disini kita akan coba menguraikainya, dengan mengetahui beberapa permasalahan yang akan kita uraikan ini setidaknya dapat mempermudah dalam mengajukan kredit KPR ke Bank.

Penyebab pengajuan KPR rumah tidak disetujui

  1. Nilai jual kembali rumah cenderung menurun. Hal ini bisa terjadi pada bangunan yang letaknya tidak strategis, rawan banjir, kondisi lingkungan tidak bagus dan sejenisnya sehingga cukup sulit untuk menjual rumah tersebut. Bank membutuhkan jaminan agunan sertifikat rumah untuk jaga-jaga jika suatu saat nanti debitur tidak membayar angsuran. Bank akan menjual rumah tersebut untuk menutup hutang yang tersisa dan apabila masih ada kelebihan maka akan diberikan ke debitur. tentunya pihak Bank akan berpikir dua kali untuk menerima agunan rumah yang harga jualnya tidak bisa menutup hutang debitur.
  2. Besarnya angsuran perbulan yang disetujui oleh Bank adalah maksimal 30% dari total penghasilan setiap bulan. Jika kita membeli rumah yang harganya terlalu tinggi sehingga angsuran perbulanya dipandang memberatkan maka besar kemungkinan pengajuan KPR kita tidak disetujui.
  3. Dokumen persyaratan tidak lengkap. Keaslian dan kelengkapan dokumen merupakan syarat wajib yang diminta oleh Bank, jika masih kurang maka harus melengkapinya, dan kalau tidak ada maka sudah pasti tidak disetujui.
  4. Nama kita terdaftar Back list di Bank BI. Sistem perbankan memungkinkan untuk melihat sejarah keuangan debitur dimasa lalu, jika kita pernah bermasalah dalam pembayaran kredit sebelumnya maka bisa dipastikan tidak akan disetujui ketika mengajukan kredit rumah KPR.
  5. Tidak jujur dalam memberi informasi ke Bank. Saat mengajukan KPR maka kita akan diberikan formulir untuk diisi secara benar, selanjutnya pihak bank akan mengecek beberapa data yang kita informasikan misalnya kebenaran tempat kerja, alamat rumah, keluarga terdekat yang tidak tinggal serumah dll.

Begitulah beberapa hal yang seringkali menyebabkan penolakan pada pengajuan KPR rumah ke Bank, jadi akan lebih baik jika memperhatikanya terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit KPR 🙂

Tags :

Bagikan Artikel