Kamus Istilah Properti

Down Payment (DP)

istilah properti

Down Payment (DP)

Down Payment (DP) adalah uang muka atau pembayaran yang dilakukan di awal untuk melakukan pembelian suatu barang yang cukup mahal, seperti rumah, mobil, motor, alat-alat elektronik dan masih banyak lagi.

Apa Itu DP (Down Payment)?

Down Payment (DP) adalah uang muka atau pembayaran yang dilakukan di awal untuk melakukan pembelian suatu barang yang cukup mahal, seperti rumah, mobil, motor, alat-alat elektronik dan masih banyak lagi. Pembayaran di muka ini diberikan sebagian dari total harga barang yang Pins ingin dibeli. 

Namun pada beberapa kasus jika Pins membatalkan pembelian suatu barang, DP tidak bisa dikembalikan atau hangus. DP ditujukan untuk menunjukkan komitmen pembeli untuk melakukan angsuran atau cicilan yang akan dilakukan sekaligus sebagai jaminan keamanan bagi penjual. nominal DP pun beragam mulai dari 5% hingga 50% tergantung dari pihak penjual atau sesuai dengan kesepakatan antara pihak penjual dengan pembeli. 

Pada beberapa barang yang cukup mahal seperti rumah, mobil, atau motor, Pins akan ditawarkan beberapa pilihan DP dan nominal angsuran sesuai dengan kemampuan Pins. Semakin besar DP yang Pins pilih, maka semakin kecil nominal cicilan yang akan Pins bayarkan. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil DP yang dipilih, maka semakin besar nominal cicilan yang akan Pins bayarkan.

Keuntungan DP dalam Jumlah Besar

Meski cukup berat di awal, DP dalam jumlah besar memiliki beberapa keuntungan loh! Apa saja?

1. Beban Angsuran Bulanan Lebih Kecil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan memilih nominal DP yang lebih besar, beban angsuran bulanan justru akan lebih ringan dan memudahkan Pins untuk melunasinya. Pins jadi lebih mudah dalam melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya. 

2. Tingkat Bunga Lebih Rendah

Ya, dengan DP yang lebih besar, Pins akan mendapatkan bunga yang lebih rendah loh! Hal ini karena dengan Pins membayar DP lebih besar, maka risiko kreditur akan semakin menurun, oleh karena itu tingkat bunga pun akan lebih rendah juga.

3. Meningkatkan Kepercayaan Kreditur

Kenapa bisa dengan memilih DP yang lebih besar justru dapat meningkatkan kekuatan pinjaman di masa depan? Tentu saja! Saat Pins memilih DP yang lebih besar, Pins akan mendapatkan nominal angsuran yang lebih kecil sehingga memudahkan Pins dalam melunasinya. Tentu kepercayaan kreditur terhadap Pins akan meningkat, sehingga Pins memiliki kekuatan jika akan melakukan pinjaman atau kredit di masa depan.

Keuntungan DP dalam Jumlah Kecil

Jika Pins kesulitan untuk memilih nominal DP yang lebih besar saat akan melakukan kredit, jangan khawatir! Terdapat beberapa keuntungan jika Pins memilih DP dengan jumlah yang lebih kecil, yaitu :

1. Proses Kredit Lebih Cepat

Dengan DP yang lebih kecil, Pins akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran DP. Sehingga, proses kredit akan lebih cepat. Hal ini akan memudahkan Pins, jika kamu membutuhkan barang tersebut dalam waktu yang cepat.

2. Kemungkinan Uang Cadangan

Ketika Pins memilih DP yang lebih kecil, tentu Pins tidak akan mengerahkan seluruh tabungan. Sehingga Pins masih memiliki uang cadangan yang dapat digunakan pada waktu darurat. Selain itu Pins juga dapat menggunakan uang cadangan ini untuk kebutuhan lain yang lebih penting dan perlu diprioritaskan.

Mana Yang Lebih Baik?

Jika Pins bertanya mana yang lebih baik, apakah DP dengan jumlah besar atau kecil, tentu jawabannya merujuk pada kesanggupan Pins. Sebelum memilih DP, Pins perlu memikirkan matang-matang risiko finansial yang dapat terjadi jika Pins memilih nominal DP tertentu. Penting bagi Pins untuk memeriksa kondisi finansial Pins agar DP dan angsuran yang akan dibayarkan tidak membebani Pins di masa mendatang. Selain itu, Pins juga harus melakukan perencanaan keuangan. Pins perlu merancang perencanaan finansial untuk mencegah terjadinya hambatan finansial di masa mendatang. 

Apa Saja Persyaratan DP?

Terdapat beberapa persyaratan Down Payment yang perlu Anda penuhi sebelum melakukannya. Pastikan anda benar-benar siap dan sanggup untuk melakukan pembayaran DP yang anda pilih serta angsuran yang akan anda bayarkan setiap bulannya. Hal ini guna mencegah hangusnya uang DP serta kepercayaan kreditur terhadap Pins. 

Siapkan persyaratan identitas dan data lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan kesepakatan antara kreditur dengan pembeli. Pastikan pembayaran DP terdokumentasi secara menyeluruh sebagai bukti pembayaran yang telah anda lakukan. 


Bagi kamu yang sedang mencari atau menjual rumah idaman dengan sistem kredit, temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama kami di Rekan Pinhome sebagai Agen.

Dapatkan kemudahan membeli properti dengan Pinhome.id