BlogPembeli Properti PemulaCatat Dulu! 5 Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil
0
0

Catat Dulu! 5 Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Nov 15, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi beli rumah.top-right-banner

Cara membeli rumah dengan gaji kecil bisa menjadi tantangan, tetapi bukan berarti impian memiliki rumah harus terbayar mahal. Dalam realitas ekonomi saat ini, banyak orang yang berjuang untuk mengatur keuangan dan memenuhi impian memiliki tempat tinggal sendiri.

Namun, jangan khawatir, karena artikel kali ini akan membahas secara mendalam tentang cara membeli rumah dengan gaji kecil. Ada beberapa strategi dan langkah bijak yang dapat membantumu merealisasikan impian memiliki rumah meskipun memiliki keterbatasan finansial, termasuk beli rumah di aplikasi Pinhome.

Selain itu, Kamu juga perlu mengetahui bahwa salah satu Rumah Ekslusif terbaik yang bisa dibeli adalah Avoria Estate. Jika Kamu mau mencari informasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi PinValue. Sementara jika Kamu mencari lokasi lain, Kamu dapat mencari tahu rumah second di Kab Tangerang atau rumah dijual di Depok melalui fitur unggulan Pinhome.

Baca juga: Jual Beli Rumah Merupakan Bisnis Menjanjikan

Keuntungan Membeli Rumah Dibanding Kontrak Rumah

Mengitung cara membeli rumah dengan gaji kecil.
Source : Freepik

Dengan gaji yang kecil, tidak seperti halnya PNS yang dapat gaji ke-13, kebanyakan orang berpikir untuk mengontrak rumah dibanding membeli rumah karena dianggap tidak memenuhi syarat mengajukan kredit. Namun perlu dicatat bahwa membeli rumah memiliki banyak keuntungan dibanding mengontrak rumah seperti:

1. Investasi Jangka Panjang

Membeli rumah dianggap sebagai investasi jangka panjang. Seiring waktu, nilai properti cenderung meningkat, yang dapat memberikan keuntungan finansial ketika Kamu memutuskan untuk menjualnya di masa depan.

2. Kepemilikan Aset

Membeli rumah memberikan Kamu kepemilikan fisik yang dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Ini menciptakan aset berharga yang dapat meningkatkan kekayaan keluarga.

3. Kebebasan untuk Menyesuaikan

Sebagai pemilik rumah, Kamu memiliki kebebasan untuk menyesuaikan dan memodifikasi rumah sesuai keinginan. Hal itu tentu saja tanpa harus mendapatkan persetujuan dari pemilik properti seperti halnya pada kontrak sewa.

4. Stabilitas Pembayaran

Pembayaran hipotek cenderung stabil dan dapat diprediksi. Ini berbeda dengan sewa yang dapat mengalami kenaikan sewa secara tidak terduga setiap kali kontrak berakhir.

5. Pertumbuhan Ekuitas

Melalui pembayaran hipotek bulanan, Kamu secara perlahan-lahan membangun ekuitas di rumah. Ekuitas ini dapat digunakan sebagai modal untuk pinjaman masa depan atau sebagai keamanan finansial.

6. Kebebasan untuk Menetap

Membeli rumah memberikan rasa kepastian dan stabilitas tempat tinggal. Kamu tidak perlu khawatir tentang pemilik properti yang mungkin memutuskan untuk menjual atau menyewakan rumah kepada orang lain.

7. Penghematan Jangka Panjang

Meskipun pembayaran hipotek mungkin lebih tinggi daripada biaya sewa bulanan, dalam jangka panjang, Kamu mungkin menghemat uang. Hal itu karena pembayaran hipotek cenderung stabil sementara biaya sewa dapat terus meningkat.

8. Keuntungan Pajak

Pemilik rumah biasanya memenuhi syarat untuk berbagai insentif pajak, termasuk potongan pajak atas bunga hipotek dan biaya properti tertentu. Ini dapat membantu mengurangi beban pajak.

9. Nilai Emosional dan Kepemilikan

Membeli rumah memberikan kepuasan emosional dan rasa memiliki tempat sendiri. Kamu dapat menghias dan menyesuaikan rumah sesuai dengan gaya dan kebutuhan pribadi.

Baca juga: Semakin Mudah, Ini Cara Jual Beli Rumah Seken di Pinhome!

5 Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil

Ilustrasi cara membeli rumah dengan gaji kecil.
Source : Freepik

Membeli rumah dengan gaji kecil mungkin tampak sulit, tetapi dengan strategi yang tepat, impian memiliki tempat tinggal sendiri bisa menjadi kenyataan. Berikut adalah 5 cara yang dapat menjadi inspirasi:

1. Menabung

Menabung adalah kunci utama dalam merencanakan pembelian rumah. Mulailah dengan membuat rencana anggaran dan tentukan persentase gaji bulanan yang akan disisihkan untuk tabungan rumah.

Prioritaskan disiplin dalam menabung agar dapat mengumpulkan dana yang cukup untuk membayar uang muka dan biaya lainnya. Jangan ragu untuk mencari sumber penghasilan tambahan yang dapat meningkatkan jumlah tabungan serta mengikuti tips menabung untuk beli rumah.

2. Manfaatkan KPR Subsidi

Siapa yang tidak tahu program perumahan KPR bersubsidi dari pemerintah untuk membantu masyarakat dengan penghasilan rendah membeli rumah? Kamu bisa mencari informasi tentang program KPR subsidi yang mungkin berlaku di wilayah tertentu. Syarat dan ketentuan biasanya lebih fleksibel, dan suku bunga dapat lebih rendah, memudahkanmu dalam membayar cicilan bulanan.

3. Beli dari Pemilik Langsung atau Agen Terpercaya

Menghindari pembelian melalui pihak ketiga dapat mengurangi biaya tambahan. Cari rumah yang dijual langsung oleh pemilik atau bermitra dengan agen properti terpercaya.

Pembelian langsung dari pemilik biasanya dapat menghilangkan komisi agen. Sementara agen properti terpercaya dapat membantumu menemukan penawaran terbaik yang sesuai dengan anggaran.

4. Membeli Rumah Syariah atau tanpa Riba

Menggunakan prinsip syariah dalam pembelian properti dapat menjadi pilihan yang baik, terutama bagi mereka yang ingin menghindari riba. Program pembiayaan atau KPR syariah umumnya memberikan solusi tanpa bunga, dengan skema pembayaran yang lebih fleksibel. Selain itu, sistem syariah juga menekankan keadilan dalam transaksi, memberikan keamanan tambahan bagi pembeli.

5. Menjadi Agen Properti

Menjadi agen properti sebagai cara membeli rumah dengan gaji kecil.
Source : Freepik

Cara unik untuk memasuki pasar properti adalah dengan menjadi agen properti sendiri. Melalui pelatihan dan sertifikasi yang diperlukan, Kamu dapat memanfaatkan pengetahuan untuk mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang berhasil.

Cara yang satu ini tentu memberimu peluang untuk memperoleh pendapatan tambahan. Bahkan, cara ini juga memberikanmu akses ke penawaran eksklusif dan pemahaman mendalam tentang pasar properti lokal.

Dalam merencanakan pembelian rumah dengan gaji kecil, kunci utamanya adalah kesabaran dan ketelitian. Menggabungkan beberapa strategi di atas dapat membantumu mencapai tujuan tersebut dengan lebih efektif.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download