BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menghitung Meter Lari Persegi atau Kubik m m2 m3
0
0

Cara Menghitung Meter Lari Persegi atau Kubik m m2 m3

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Agu 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Cara menghitung meter laritop-right-banner

Bagaimana cara menghitung meter lari persegi atau kubik m m2 m3? Pada dasarnya, ada tiga jenis ukuran meter yang sering dipakai dalam bidang pembangunan yaitu m, m2 dan m3. Masing-masing ukuran digunakan sesuai dengan jenis pekerjaan.

Jika Pins melihat detail produk di halaman Rumah Ekslusif Pinhome, Pins akan melihat deskripsi luas bangunan yang menggunakan m3. Untuk memasang keramik, Pins akan menggunakan satuan meter persegi. Sementara untuk memasang list plafond menggunakan satuan meter lari.

Intinya, meter kubik adalah satuan untuk mengukur isi atau volume dari sebuah benda, satuan meter persegi untuk mengukur luas sisi suatu benda, sementara meter lari digunakan untuk menghitung panjang suatu benda.

Ada beberapa cara menghitung meter lari persegi atau kubik yang bisa Pins lakukan. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel di bawah ini!

Baca juga:

Cara Menghitung Meter Lari Persegi

cara menghitung meter lari persegi atau kubik m m2 m3
Source : Youtube: Herman Coy

Ukuran meter lari ditulis sebagai m1 atau cukup m menunjukan panjang. Satuan ini sering dipakai untuk mengukur pekerjaan bangunan yang bentuknya memanjang.

Misalnya, pemasangan lis plafond ada berapa m, karena hanya merupakan satuan panjang maka cara mengukurnya tinggal memakai meteran saja. Sehingga ketemu berapa panjangnya dalam meter.

Sementara itu, ukuran meter persegi ditulis m2 menunjukan luas suatu area. Dihitung memakai rumus luas sesuai bentuk bidang yang mau dicari luasanya. Contohnya pekerjaan keramik lantai ruangan ukuran 3m x 3m maka luasnya yaitu 3m x 3m = 9m2.

Adapun pekerjaan lain yang memakai hitungan luas misalnya pengecatan, pemasangan plafond, water profing, pemasangan dinding batu bata.

Baca juga:

Cara Menghitung dalam Ukuran Kubik

Source : Pengadaan

Ukuran meter kubik ditulis dengan simbol m3 menunjukan volume isi suatu benda, contohnya pada pekerjaan pengecoran beton bertulang kolom rumah tinggal.

Jika diketahui tinggi kolom 4m, kolomnya berbentuk persegi panjang ukuran 0,2m x 0,6m maka volumenya yaitu 4m x 0,2m x 0,6m = 0,48m3. Volume m3 juga sering dipakai sebagai ukuran pekerjaan pengecoran jalan beton.

Jadi sekarang Pins sudah lebih tahu apa itu perbedaan m, m2 dan m3, Pins juga sudah paham bagaimana cara menghitung menggunakan satuan tersebut. Ketiga ukuran tersebut banyak dipakai sebagai acuan dalam mengindentifikasi volume pekerjaan bangunan.

Sehingga dapat dihitung analisa harga untuk mengetahui rencana anggaran biaya bangunanya. Selain itu, ada juga jenis satuan lain yang sering dipakai sepertu buah (bh), lumpsump (ls), dan banyak yang lainya.

Nah itulah cara menghitung meter lari persegi atau kubik m m2 m3. Rumus ini sangat penting untuk dikuasai, khususnya jika kamu bekerja di bidang teknik sipil maupun konstruksi bangunan.

Pasalnya, cara menghitung meter lari persegi atau kubik m m2 m3 dalam pembangunan rumah mewah seperti Cimanggis Golf Estate sangat membutuhkan ketelitian yang tajam. Jika salah menghitung, tentu ini akan sangat berdampak pada proses pembangunan.

Demikianlah informasi tentang cara menghitung meter lari persegi atau kubik m m2 m3, semoga artikel yang satu ini bisa bermanfaat untukmu ya, Pins!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Orchard Village di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download