Cara Menghitung Meter Lari Persegi atau Kubik m m2 m3 - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412
  • Blog
  • Properti
  • Cara Menghitung Meter Lari Persegi atau Kubik m m2 m3

Cara Menghitung Meter Lari Persegi atau Kubik m m2 m3

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 3 February 2018 ∙ 3 menit membaca

Ada tiga jenis ukuran meter yang sering dipakai dalam dunia bangunan yaitu m, m2 dan m3. Masing-masing dipakai sesuai dengan jenis pekerjaan. Misalnya memasang keramik itu satuanya meter persegi, memasang list plafond dengan satuan meter lari, dan pengecoran beton pakai satuan meter kubik. Terdapat beberapa cara menghitung meter lari persegi atau kubik yang bisa dilakukan.

Pinhome – Ukuran meter lari ditulis sebagai m1 atau cukup m menunjukan panjang. Sering dipakai untuk mengukur pekerjaan bangunan yang bentuknya memanjang. Misalnya, pemasangan lis plafond ada berapa m, karena hanya merupakan satuan panjang maka cara mengukurnya tinggal memakai meteran saja. Sehingga ketemu berapa panjangnya dalam meter.

Baca Juga:

Cara Menghitung Meter Lari Persegi

(Youtube: Herman Coy)

Ukuran meter persegi ditulis m2 menunjukan luas suatu area. Dihitung memakai rumus luas sesuai bentuk bidang yang mau dicari luasanya. Contohnya pekerjaan keramik lantai ruangan ukuran 3m x 3m maka luasnya yaitu 3m x 3m = 9m2. pekerjaan lain yang memakai hitungan luas misalnya pengecatan, pemasangan plafond, water profing, pemasangan dinding batu bata.

Baca Juga:

Cara Menghitung Dalam Ukuran Kubik

Ukuran meter kubik ditulis dengan simbol m3 menunjukan volume isi suatu benda, contohnya pada pekerjaan pengecoran beton bertulang kolom rumah tinggal. Jika diketahui tinggi kolom 4m, kolomnya berbentuk persegi panjang ukuran 0,2m x 0,6m maka volumenya yaitu 4m x 0,2m x 0,6m = 0,48m3. Volume m3 juga sering dipakai sebagai ukuran pekerjaan pengecoran jalan beton.

Baca Juga:

Jadi sekarang kita sudah lebih tahu apa itu perbedaan meter lari persegi dan kubik, kita juga sudah paham bagaimana cara menghitung meter lari persegi atau kubik m m2 m3. Ketiga ukuran tersebut banyak dipakai sebagai acuan dalam mengindentifikasi volume pekerjaan bangunan. Shingga dapat dihitung analisa harga untuk mengetahui rencana anggaran biaya bangunanya. selain itu ada juga jenis satuan lain yang sering dipakai sepertu buah (bh), lumpsump (ls), serta yang lainya.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel