Pinhome

KPR / KPA

Pengertian KPR Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Pengertian KPR rumah adalah kepanjangan dari kata KPR tersebut yaitu Kredit Pemilikan Rumah, yang disediakan oleh pihak perbankan kepada para debitur yang hendak membeli tempat tinggal. Pembeli hanya cukup membayar 20% dari total harga rumah kepada penjual. Sisanya meminjam ke Bank dengan jaminan rumah yang dibeli, kemudian mengangsurnya setiap bulan dengan besar angsuran dan jangka waktu pembayaran sesuai dengan kesepakatan. Para developer pengembang perumahan biasanya berusaha menjalin kerjasama yang baik dengan perbankan, agar mendapat kemudahan dalam meloloskan calon pembeli untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan KPR.

Baca Juga: Proses Membeli Rumah Dengan KPR

Pengertian KPR Rumah dan Istilah Di Dalamnya

KPR memiliki arti sebagai Kredit Perumahan Rakyat, yang diperuntukan bagi masyarakat untuk membeli rumah dengan sistem kredit. Untuk mengetahui pengertian dan istilah lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini: 

Bunga KPR

pengertian kpr rumah

Besarnya bunga KPR beberapa bank di Indonesia rata-rata 13%, hal ini tergolong sangat besar karena jumlah pengembalian hutang bisa dua kali lipat dari nominal awal, kondisi ini lalu menyebabkan banyak masyarakat menyebut Bank tidak ada bedanya dengan rentenir yang meminjamkan uang dengan pengembalian ditambah bunga mencekik, meskipun demikian banyak juga masyarakat yang mengikuti program KPR karena berbagai alasan seperti terpaksa karena tidak punya cukup uang untuk membeli secara tunai, atau sengaja membeli dengan cara hutang karena dana tunai yang tersedia akan lebih menghasilkan keuntungan besar jika dijadikan modal usaha terlebih dahulu. Apapun itu tentunya perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk membeli rumah dengan sistem KPR.

Jenis-Jenis KPR

  1. KPR non Subsidi, jenis ini diperuntukan untuk seluruh masyarakat.
  2. Jenis KPR bersubsidi, ditujukan untuk masyarakat yang kurang mampu sehingga diberikan subsidi oleh pemerintah untuk meringankan beban pembelian rumah tinggal.
  3. KPR Syariah, jenis ini menggunakan prinsip jual beli islam.

Ketika Anda akhirnya dapat membeli rumah dengan KPR, tentu masih ada lagi hal yang harus dilakukan. Termasuk syarat membeli rumah KPR yang harus diketahui. Selain itu, pembeli juga diusahakan untuk selalu membayarkan tagihan sesuai dengan waktu yang disepakati.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel