Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah KPR

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ December 7, 2022 ∙ 9 menit membaca

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah KPR. Sebagian orang mungkin ragu ketika ingin membeli rumah KPR karena banyaknya pro kontra tentang KPR. Khususnya bagi para milenial atau siapa pun yang ingin membeli rumah pertamanya.

Tapi mengingat harga properti yang semakin melambung tinggi, nampaknya kita harus membeli rumah dari sekarang. Pada akhirnya, KPR menjadi solusi mudah untuk mendapatkan rumah dari sekarang dibandingkan harus menabung beberapa tahun ke depan.

Lantas, apa hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah KPR? Kapan kamu dinyatakan siap membeli rumah KPR? Semua pertanyaan ini akan kami bahas lengkap pada uraian di bawah ini!

Baca juga: Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Mengenal KPR Rumah

Sebelum masuk ke pembahasannya, sebaiknya Pins pahami dulu tentang konsep KPR rumah. Sesuai namanya, kredit atau pinjaman ini diperuntukan bagi mereka yang akan membeli rumah. Jadi, Pins tidak perlu membayar cash ke penjual atau developer.

Cukup siapkan uang muka dan beberapa biaya lainnya, kemudian sisa harga jual rumah akan dilunasi oleh bank. Selanjutnya, Pins hanya perlu mencicil setiap bulan ke bank tersebut. Sangat mudah, bukan?

Masih bingung mau beli rumah KPR sekarang atau nanti? Daripada penasaran, langsung saja cek beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah KPR di bawah ini.

Baca juga: Cara Mempercepat Angsuran KPR Rumah

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah KPR

yang harus diperhatikan saat membeli rumah kpr
(Maucash)

Untuk mengetahui apakah ini waktu yang tepat untuk mengambil KPR, berikut poin-poin yang harus kamu pertimbangkan:

Ketahui Kebutuhan

ambil kpr rumah sekarang atau nanti
(Finansial Bisnis)

Jika alasanmu ingin membeli KPR rumah karena sudah butuh rumah sendiri, maka alasan ini tidak bisa dihindari, karena memang rumah adalah kebutuhan pokok selain pakaian dan makanan. Meski ada pilihan mengontrak, beberapa orang merasa lebih baik mengambil KPR rumah.

Sebab, terkadang uang sewa kontrakan tidak jauh berbeda dibandingkan dengan cicilan KPR. Kebutuhan seperti ini biasanya datang dari mereka yang sudah menikah, baik pengantin baru atau yang sudah punya anak.

Alasan lain bisa jadi karena mereka ingin mandiri atau enggan menumpang di rumah orangtua, mertua, atau anggota keluarga lainnya. Jika dengan alasan ini, maka KPR rumah menjadi solusi terbaik yang bisa kamu pilih.

Baca juga: 4 Tips Membeli KPR Rumah Bekas

Pertimbangkan Lokasi

Dilema orang yang bekerja di perkotaan adalah ingin punya rumah dengan harga terjangkau sekaligus dekat kantor. Jadi, jika Pins merasa belum menemukan rumah dengan jarak dan harga yang sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya sabar dulu untuk mengambil KPR rumah.

Apalagi jika ingin memiliki rumah di lokasi sekitar fasilitas-fasilitas umum, seperti dekat stasiun atau halte busway, lokasi elite, dan sebagainya. Jangan lupa, lokasi merupakan salah satu hal yang berhubungan dengan kenyamanan.

Nah, standar kenyamanan ini akan berbeda-beda pada setiap orang. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhanmu ya, Pins! Kamu juga bisa melihat beberapa faktor seperti kebersihan, keamanan, orang-orang sekitar, akses jalan, dan lainnya.

Baca juga: Pengertian dan Langkah Mengajukan KPR yang Mudah Dimengerti

Cek Kondisi Finansial

yang harus diperhatikan saat membeli rumah kpr
(Cermati)

KPR rumah sebagai solusi kepemilikan rumah memang benar. Tapi bukan berarti Pins bisa mengambilnya begitu saja tanpa mempertimbangkan kondisi keuangan saat ini. Penting untuk Pins duduk tenang dan melakukan evaluasi keuangan pribadi.

Cek bagaimana penghasilan bulanan, apakah mampu membayar cicilan tanpa telat, cukupkah sisanya untuk kehidupan sehari-hari, dan sebagainya. Mengajukan KPR rumah bukan hanya soal uang muka saja, tapi ada hal lainnya yang membutuhkan biaya.

Jika keuangan Pins belum mencukupi, coba tunda beberapa saat untuk mengumpulkan uang. Sambil menunggu tabungan bertambah, Pins bisa cari referensi lokasi lainnya. Siapa tahu dapat yang lebih menarik dari incaran rumah yang kamu pilih sekarang.

Baca juga: Bisnis Over Kredit Rumah di Perumahan

Pertimbangkan Biaya Perawatan Rumah dan Lain-Lain

ambil kpr rumah sekarang atau nanti
(IDX Channel)

Setelah Pins memutuskan untuk membeli KPR rumah, apakah urusan biaya selesai pada akad KPR saja? Tunggu dulu, masih ada pengeluaran lain yang harus Pins pikirkan. Begitu membeli rumah, tentu kamu membutuhkan berbagai furnitur untuk mengisinya.

Mungkin sebagai tahap awal bisa saja mengesampingkan itu semua. Tapi jangan sampai luput dari rencana ke depannya, ya! Selain itu, dengan memiliki rumah, Pins juga harus sadar bahwa ada biaya perawatan atai maintenance.

Mungkin saja cat yang mulai mengelupas, atap bocor, pipa bermasalah, dan sebagainya. Mengajukan KPR rumah memang terkadang cukup mudah, namun Pins harus rajin merawatnya agar rumah selalu nyaman ditempati dan tidak rusak di sana-sini.

Baca juga: 5 Tips Terhindar dari Penipuan Properti Saat Beli Rumah

Pertimbangkan Tenor yang Akan Dipilih

Pertimbangan KPR rumah selanjutnya yang harus Pins perhatikan adalah tenor KPR yang akan dipilih. Tenor merupakan jangka waktu atau lamanya kredit seseorang yang disetujui oleh bank.

Biasanya tenor dinyatakan dalam hitungan bulan, namun ada juga yang satuan tahunan. Masa cicilan ini akan berbeda-beda di setiap orang tergantung dengan rencana hidup jangka panjang mereka.

Penting bagi Pins untuk memikirkan rencana jangka panjang. Jika Pins menghitung biaya per bulannya memberatkan selama 10 – 25 tahun mendatang, artinya Pins harus sedikit bersabar. Coba lah mencari pemasukan tambahan dulu sehingga cicilan KPR tidak mengganggu pengeluaran bulanan.

Sebab, cicilan KPR rumah biasanya cukup berat untuk jangka waktu yang panjang. Bahkan, berbagai bank biasanya menawarkan KPR Konvensional dengan tenor jangka panjang hingga 25 tahun. Sedangkan KPR Syariah biasanya hingga 15 tahun.

Pertimbangan Sebelum Mengambil KPR Tenor Panjang

Pinhome – Sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR, sebaiknya carilah informasi mengenai hal apa saja yang terdapat dalam KPR. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat merencanakan untuk menggunakan KPR yaitu tenor. Tenor merupakan jangka waktu kredit yang akan diajukan. Tenor dapat berupa tenor jangka panjang dan tenor jangka pendek. Namun biasanya yang sering dipilih oleh masyarakat adalah tenor jangka panjang.

Keuntungan KPR Tenor Panjang

Sebenarnya apa keuntungan dan kerugian mengambil KPR tenor panjang ? Berikut keuntungan yang didapat apabila mengambil KPR tenor jangkap panjang.

(Pexels)

Jumlah Cicilan Lebih Ringan

Tenor jangka panjang biasanya diperuntukan kepada yang memiliki penghasilan rata-rata dan tetap setiap bulannya. cicilan yang diberikan pun juga cenderung lebih ringan dibandingkan dengan tenor jangka pendek. Tenor jangka panjang ini akan memberikan cicilan yang ringan dan sama setiap bulannya.

Jumlah yang Dibayar Stabil

kpr tenor panjang
(Webify Technology)

Keuntungan menggunakan tenor jangka panjang yaitu jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya akan stabil. KPR tenor jangka panjang akan memberikan jumlah cicilan yang sama tiap bulannya. Sehingga, akan lebih memudahkan untuk menghitung jumlah cicilan yang akan dikeluarkan sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: 

Memudahkan Mengatur Keuangan

Sangat cocok apabila KPR jangka panjang diambil oleh seseorang yang memiliki pekerjaan tetap dan dengan penghasilan tetap setiap bulannya, seperti PNS atau pekerja kantoran.

Hal tersebut dikarenakan KPR jangka panjang ini dapat memberikan keleluasaan untuk mengatur keuangan setiap bulannya untuk keperluan bulanan dan keperluan membayar cicilan. Sehingga, kondisi keuangan akan dapat diatur dengan baik setiap bulannya.

Kerugian KPR Tenor Panjang

(Pexels)

Selain memiliki banyak keuntungan, tenor jangka panjang juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kerugian mengambil KPR tenor panjang.

Beban Biaya

Memang sangat diuntungkan dengan banyaknya hal positif yang akan didapat dengan mengambil tenor jangka panjang tersebut. Namun, biaya yang akan dibayarkan setiap bulannya juga akan semakin bertambah. Terlebih lagi jika kebutuhan hidup semakin meningkat, tentu akan lebih memberatkan kondisi keuangan.

Baca Juga: 

Iklim Makro Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi memang tidak dapat ditebak. Perubahan iklim makro ekonomi juga dapat terjadi. Hal tersebut tentu akan lebih memberatkan keuangan, karena biasanya bunga pada KPR juga akan mengalami peningkatan.

Beban Psikologis

kpr tenor panjang
(NDTV Food)

Perlu diketahui bahwa dengan mengambil KPR jangka panjang, maka pelunasan cicilan juga akan semakin panjang waktunya. Hal tersebut perlu dipersiapkan secara mental agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Memang sangat menyenangkan apabila memiliki banyak keuntungan jika mengambil tenor jangka panjang. Sebaiknya, perhatikan dan pikirkan matang-matang kerugian yang akan didapat apabila mengambil KPR tenor panjang tersebut.

Baca Juga: 

Biaya-biaya Saat Pengajuan KPR Rumah

Jadi, apa jawaban Pins dari pertanyaan di atas? Sudah yakin mau ambil KPR rumah? Jika sudah yakin, selanjutnya Pins harus mempersiapkan beberapa biaya-biaya KPR rumah, di antaranya:

Biaya Notaris

yang harus diperhatikan saat membeli rumah kpr
(Diedit.com)

Proses akad KPR rumah Pins akan didampingi oleh notaris. Tugas notaris di sini untuk mengurus dokumen-dokumen Pins secara legal, misalnya akta jual-beli, akta kredit, pajak, dan sertifikat lainnya.

Pins tidak hanya membayar jasa notarisnya saja, namun ada detail lainnya yang menjadi tanggungan Pins. Setiap notaris memiliki tarifnya masing-masing jadi tidak ada ketentuan resmi berapa biaya notaris. Namun umumnya sekitar 10% dari plafon KPR yang diajukan.

Baca juga: Pertimbangan Membangun Rumah Tumbuh yang Tepat

Pajak

Ada dua jenis pajak yang harus Pins ketahui saat mengurus KPR rumah, yaitu pajak penjualan dan pembelian. Pajak penjualan disebut juga PPH (Pajak Penghasilan) dan besarannya adalah 5% dari harga jual rumah. Pajak ini dibayarkan oleh developer atau si penjual rumah.

Sedangkan, pajak pembelian adalah yang menjadi tanggungan Pins. Pajak ini dikenal sebagai BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) sebesar 5% x (harga jual rumah – nilai jual objek pajak tidak kena pajak).

Provisi

yang harus diperhatikan saat membeli rumah kpr
(iStock)

Biaya provisi ini seperti ucapan terima kasih atas jasa bank menyetujui permohonan KPR rumah yang diajukan. Beberapa orang menganggap biaya ini seperti biaya administrasi.

Apapun sebutannya, biaya provisi hanya dibayarkan sekali dan dipotong langsung dari pinjaman yang diberikan. Setiap bank menerapkan besaran yang berbeda-beda, namun biasanya sekitar 1% dari total kredit.

Baca juga: Strategi Membeli Rumah di Perumahan yang Menguntungkan

Asuransi

Asuransi yang harus Pins bayar adalah asuransi jiwa dan rumah. Polis asuransi jiwa melindungi Pins dari pihak bank dan keluarga apabila Pins sebagai kreditur meninggal dunia sebelum cicilan lunas. Sedangkan untuk asuransi rumah melindungi dari kebakaran.

Namun ada juga asuransi yang menanggung resiko lainnya. Perihal asuransi, ada bank yang hanya mewajibkan asuransi rumah saja, ada juga yang mengharuskan keduanya.

Nah, sekarang Pins sudah tahu apa saja hal yang harus dipertimbangkan membeli KPR rumah dan berapa biaya yang dibutuhkan saat mengajukan KPR rumah.

Perlu diingat, jika Pins pernah punya cicilan atau credit card, pastikan riwayat cicilannya bagus, ya! Sebab, bank pasti akan melakukan BI checking untuk memeriksa kondisi keuanganmu. Jika BI checking Pins buruk, kemungkinan pengajuan KPR akan ditolak.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Cicurug Permai dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Begini Cara Money Management Trading yang Benar

Sebagai seorang investor atau trader, kamu perlu tahu apa saja faktor yang memengaruhi sukses atau

Finansial
Finansial Kenapa Harga Crypto Turun Semua? Ini 5 Faktor Penentunya

Sejak akhir tahun 2021 lalu, harga Bitcoin dan berbagai aset kripto lainnya terus menurun. Pastinya

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia