Pinhome

  • Blog
  • KPR / KPA
  • Mengenal Syarat, Biaya, Alur, dan Cicilan KPR Syariah bersama Keyvan Islamic Finance

KPR / KPA

Mengenal Syarat, Biaya, Alur, dan Cicilan KPR Syariah bersama Keyvan Islamic Finance

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Walaupun sudah umum digunakan, ternyata masih banyak yang belum tahu kalau KPR ini banyak jenisnya; termasuk KPR Syariah. Di salah satu rangkaian acara Hasanah Griya Expo 2020, Akram Muhammad (Founder Keyvan Islamic Finance) dan Husna Winny (Mortgage Supply/Demand Syariah Pinhome) berdiskusi tentang seluk beluk KPR Syariah ini.

Pinhome – Property Academy by Pinhome kembali lagi nih! Kali ini property academy berkolaborasi dengan Keyvan dengan membahas KPR Syariah. Acara ini dibawakan oleh Akram Muhammad selaku Founder Keyvan Islamic Finance dan juga Husna Winny sebagai Mortgage Supply/Demand Syariah di Pinhome. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 28 November ini membahas mengenai KPR Syariah: Syarat, Biaya, Alur & Cicilan.

Pertama-tama, acara dibawakan oleh Akram Muhammad dengan membawakan materi Definisi dan jenis-jenis KPR Syariah. Dalam sesi ini, Akram menjelaskan perbedaan dari KPR Syariah dengan KPR Konvensional sebagai berikut:

KPR Konvensional

  1. Akad antara nasabah dengan bank yaitu pinjaman dengan tambahan kelebihan yaitu bunga
  2. Bunga bersifat fluktuatif
  3. Tenor lebih panjang
  4. Penalti jika pelunasan lebih cepat

KPR Syariah

  1. Akad antara nasabah dengan bank yaitu jual-beli, bagi hasil, atau sewa.
  2. Cicilan tetap pada akad murabahah
  3. Tenor lebih singkat
  4. Tidak ada penalti jika pelunasan lebih cepat
  5. Potongan tagihan murabahah untuk nasabah tepat waktu

Setelah itu, Akram juga menjelaskan beberapa jenis akad dalam KPR Syariah yang sesuai dengan Syariat Islam, yaitu:

  1. Murabahah adalah akad transaksi jual beli,adanya transparansi harga yaitu dengan menyebutkan  harga, modal, dan profit dari penjualan tersebut. Namun tidak menyampaikan modal/profit pun juga diperbolehkan.
  2. Musyarakah Mutanaqisah adalah akad berbentuk partnership, dimana ada perjanjian membeli barang dari partner lainnya secara berangsur sehingga nantinya kepemilikan menjadi sepenuhnya milik partner
  3. Ijarah Muntahiyah Bittamlik adalah akad sewa-menyewa yang berakhir kepemilikan penuh baik secara hibah atau dijual.

Baca juga: Macam-Macam Jenis KPR Syariah dan Cara Pengajuannya

Setelah Akram menyampaikan materi mengenai KPR Syariah, acara dilanjutkan oleh Husna Winny selaku Mortgage supply/demand syariah di Pinhome menyampaikan materi alur dan biaya mengajukan KPR Syariah. Pada sesi ini Winny menyampaikan alur pengambilan KPR Syariah melalui Pinhome, yaitu:

1. BI/SLIK checking

Pada tahap awal inilah yang sangat menentukan bisa langsung calon pembeli bisa melanjutkan proses selanjutnya dalam pengambilan KPR

2. Pengumpulan berkas kualifikasi

Bank akan menganalisa semua dokumen pribadi seperti KTP,KK, NPWP, surat/buku nikah, Rekening koran, slip gaji, Surat Keterangan Kerja, dan SPT Pajak, sertifikat properti PPB & IMB

3. Appraisal properti

Bank melakukan penilaian pada properti untuk diberikan nilai plafon kepada pembeli  , pada tahap ini biasanya ada harga jasanya yaitu sekitar Rp 500 ribu – Rp 1,250 rb

4. Pemberitahuan penolakan/penerimaan

Pada proses ini lah calon pembeli akan mengetahui apakah KPR bisa dilanjutkan atau ditolak oleh pihak bank. Apabila ditolak oleh bank A, maka Pinhome akan membantu untuk mengajukan ke pihak bank lain.

5. Akad jual beli

Pada proses ini lah, calon pembeli diterima untuk mengambil KPR, yaitu langsung berakad jual-beli dengan pihak Bank yang diajukan.

Banyak sekali calon pembeli yang ditolak dalam pengajuan KPR. Dalam acara ini, Winny memberikan tips bagaimana, calon pembeli rumah bisa lancar dalam mengajukan KPR:

  1. Bayarkan cicilan/hutang tepat waktu terutama hutang pada kartu kredit
  2. Banyak bertanya kepada bank sebelum mengajukan KPR untuk memastikan kesanggupan pembayaran cicilan
  3. Hitung total cicilan sekarang dan cicilan yang akan diambil
  4. Pastikan pendapatan rutin terekam di rekening/slip gaji

Gimana Pins? Seru kan acara property academy kali ini? Nah Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat dan pengen ajukan KPR Syariah, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Pinhome. Hanya di Pinhome  yang memberikan Anda kemudahan membeli properti.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel