Pinhome

  • Blog
  • Uncategorized
  • Mengapa Memilih Mengajukan Refinancing dan Apa Manfaat Refinancing?

Uncategorized

Mengapa Memilih Mengajukan Refinancing dan Apa Manfaat Refinancing?

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 27 April 2020 ∙ 3 menit membaca

Apakah Pins pernah mendengar istilah refinancing? Metode pembayaran ini dapat membantu Pins yang sedang dalam komitmen kredit tertentu, seperti KPR. Cek dulu info lengkap tentang manfaat refinancing KPR berikut ini!

Pinhome – Konsep dari refinancing ini sesuai dengan terjemahan harfiahnya ke dalam Bahasa Indonesia, Pins, yaitu pendanaan kembali. Jadi jika Pins mengajukan refinancing, berarti Pins mengajukan pendanaan untuk melunasi pinjaman Pins saat ini dengan pinjaman baru yang bunganya lebih rendah.

Pasti sekarang Pins mulai mengernyitkan dahi. Melunasi pinjaman dengan pinjaman baru? Ya, meskipun kesannya seperti menambah beban baru, tapi sebenarnya metode ini adalah cara strategis untuk mengurangi beban pinjaman Pins. Bagaimana caranya?

Manfaat Refinancing

refinancing KPR
sumber: Mortgage Bond Market

Refinancing ini bukan sekadar gali lubang tutup lubang, Pins. Ternyata ada banyak manfaat yang bisa Pins dapatkan dari metode pembiayaan ini.

1. Terhindar dari catatan hitam Bank Indonesia

Ini adalah salah satu alasan Pins menggunakan refinancing. Jika Pins berada dalam situasi tertentu dan belum bisa membayar pinjaman, maka rekor kredit Pins yang dicatat oleh Bank Indonesia akan menurun atau bahkan masuk ke dalam catatan hitam Bank Indonesia. Kalau sudah begini, Pins akan kesulitan mengajukan KPR maupun pinjaman lainnya.

2. Mengubah syarat dan ketentuan pinjaman

Refinancing tidak melulu soal tak bisa melunasi pinjaman lho, Pins! Ada juga yang memilih untuk melunasi pinjaman lama dan membuat yang baru jika ingin melunasi pinjaman lebih awal. Seperti yang kita tahu, beberapa pinjaman, seperti KPR, memiliki minimum tenor. Jika Pins ingin melunasi pinjaman lebih awal dari tenor yang sudah disepakati, maka Pins akan dikenakan denda. Nah, dengan refinancing, Pins dapat mengatur ulang hal tersebut – baik mempercepat maupun memperpanjang tenor!

3. Mendapatkan dana tambahan

sumber: Money Kompas

Di beberapa situasi, Pins dapat menggunakan refinancing untuk mendapatkan dana tambahan. Misalnya setelah KPR jalan selama 10 tahun, Pins berencana untuk melakukan renovasi. Pins bisa mengajukan refinancing dengan jumlah yang sedikit lebih besar untuk melunasi sisa KPR sekaligus mendapatkan dana untuk melakukan renovasi tersebut.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Jenis-jenis KPR dan Suku Bunganya

4. Mengubah jenis pinjaman

Selain memodifikasi syarat dan ketentuan pinjaman, Pins juga bisa mengubah jenis pinjaman. Misalnya, jika Pins memiliki KPR konvensional dan merasa suku bunga floating rate terlalu tinggi, Pins bisa mencoba mengajukan refinancing untuk mengubahnya menjadi cicilan dengan bunga fixed rate. Tentu hal ini tergantung syarat dan ketentuan bank serta program refinancing yang mereka miliki.

5. Mengurangi pembayaran bulanan

Senada dengan manfaat-manfaat di atas, Pins dapat mengajukan refinancing dengan tujuan strategis tertentu. Misalnya Pins bisa mendapatkan bantuan refinancing dengan tenor lebih longgar dengan bunga tetap, tentu ini akan dapat mengurangi pembayaran bulananmu secara signifikan!

Wah, ternyata banyak juga manfaat refinancing ini ya, Pins! Pinhome berpesan agar Pins dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik sehingga dapat meringankan pinjaman yang Pins miliki.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel