Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Apa Saja Ketentuan Rumah Subsidi yang Harus Kamu Penuhi?

Finansial

Apa Saja Ketentuan Rumah Subsidi yang Harus Kamu Penuhi?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah bersubsidi yang disediakan oleh para pengembang, harus mengikuti harga maupun tipe rumah yang telah ditetapkan oleh konsumen MBR yang memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Apa saja ketentuan rumah subsidi?

Sejak April tahun 2015 yang lalu, pemerintah telah mengeluarkan program rumah bersubsidi untuk masyarakat yang memiliki penghasilan rendah (MBR).  Selain itu juga, syarat lainnya ialah kalangan MBR yang belum pernah menerima subsidi perumahan sebelumnya dan harus menempati rumah yang sudah dibelinya tersebut. Pins sedang mencari tahu apa saja yang menjadi ketentuan rumah subsidi yang harus dipenuhi? Mari kita simak artikel berikut ini!

Ketentuan Rumah Subsidi yang Harus Dipenuhi

FLPP atau fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan akan memberikan subsidi bunga KPR hanya dengan 5 persen selama jangka waktu (tenor) kredit yang bisa mencapai 15 sampai 20 tahun. Artinya jika bunga pasar sebesar 10 sampai 20 persen maka konsumen MBR hanya akan tetap membayar 5 persen karena sisanya akan disubsidi oleh pemerintah

Selain itu syarat utama yang harus dipenuhi oleh MBR ialah merupakan pekerja yang memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan baru akan bisa mendapatkan fasilitas KPR yang disubsidi FLPP ini.

Berdasarkan Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu Khalawi Abdul Hamid mengatakan bahwa pemerintah akan mengeluarkan patokan harga rumah bersubsidi yang dibebaskan dari tanggungan pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 18 Tahun 2019.

Baca juga: Jenis KPR Subsidi dan Bedanya Dengan Non Subsidi

Khalawi Abdul Hamid juga mengatakan bahwa patokan harga baru diterbitkan untuk mengikuti peningkatan harga material bahan bangunan sehingga kalangan pengembang yang akan membangun rumah subsidi bisa mendapatkan harga yang lebih baik. Harga akan bergantung pada lokasi, namun tetap untuk kalangan MBR yang berpenghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan.

Selain itu tetapan harga yang bersubsidi di wilayah Pulau Jawa atau di luar Jabodetabek pada tahun lalu sebesar Rp 140 juta dan telah dinaikkan menjadi Rp 150,5 juta. Sedangkan untuk harga tertinggi di Papua dan Papua Barat adalah sebesar Rp 212 juta dan Rp 219 juta. Harga tersebut adalah harga untuk rumah yang luasnya tidak lebih dari 36 m2 dan luas kavling tidak kurang dari 60 m2.


Jadi Pins, itulah beberapa ketentuan dari rumah subsidi yang harus dipenuhi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel