BlogPemilik PropertiFinansial8 Tips Jitu Memangkas Pengeluaran Saat Bangun Rumah
0
0

8 Tips Jitu Memangkas Pengeluaran Saat Bangun Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Memangkas dana saat membangun rumahtop-right-banner

Pusing karena tidak menemukan ide untuk memangkas pengeluaran yang harus dihadapi ketika bangun rumah? Pembengkakan dana disaat proyek pembangunan berlangsung memang sering terjadi akibat beberapa kesalahan. Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh calon pemilik rumah adalah kurangnya persiapan yang matang memangkas pengeluaran saat bangun rumah.

Hal ini menyebabkan pembengkakan biaya dan menjadikan proyek tersebut mangkrak di tengah jalan. Jadi sebelum menandatangani kontrak perjanjian dengan perusahaan jasa desain rumah atau mempekerjakan pekerja bangunan, ada baiknya kita membuat perencanaan alokasi dana yang matang agar tidak terjadi pembengkakan biaya.

Sebenarnya ada cara cepat mewujudkan rumah impianmu yakni dengan memanfaatkan fitur Program KPR Bank dari Pinhome. Kamu bisa membeli rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate atau rumah dijual di Jagakarsa yang langsung siap untuk dihuni. Lewat aplikasi Pinhome kamu bisa memilih properti dekat fasilitas publik contohnya lokasi tak jauh dari pasar Soekarno.

Tips Memangkas Dana Saat Membangun Rumah

Untuk memangkas biaya pembangunan, Pins bisa mengesampingkan kebutuhan-kebutuhan yang tidak begitu penting. Sikap yang selektif dalam menentukan alokasi dana juga berperan penting dalam penghematan anggaran dana. Ikuti pula tips memangkas pengeluaran saat bangun rumah berikut ini! 

Baca juga: Tips Membeli Rumah Murah

1. Usung Konsep Minimalis

Source : Pxhere

Setiap proyek pembangunan rumah tentu perlu riset terlebih dahulu. Desain rumah menjadi salah satu yang mendapatkan perhatian lebih. Konsep hunian yang kamu pilih berperan besar untuk menentukan budget membangun rumah yang diinginkan.

Baiknya sesuaikan dengan dana yang dimiliki misalnya jika punya modal terbatas pilih konsep minimalis saja. Desain sederhana mengutamakan fungsionalitas setiap sudut ruangan. Hal ini akan membuat biaya membangun rumah jauh lebih murah daripada desain rumah mewah.

2. Selektif Mencari Tukang

Source : Pexels

Apabila kamu punya dana yang cukup banyak tentu memakai jasa kontraktor akan memberikan banyak manfaat. Sayangnya jasa kontraktor tidak bisa dikatakan murah sehingga perlu dana ekstra. Jika tidak menggunakan jasa kontraktor maka harus sangat selektif dalam mencari tukang.

Pilah tukang bangunan seperti apa yang mampu memenuhi kebutuhanmu. Pastikan cari tukang dengan reputasi dan skill yang sudah diakui. Semakin bagus tukangnya maka semakin efisien waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

3. Konsisten Pada Rencana

Memangkas dana saat membangun rumah
Source : Pixabay

Saat membangun rumah ada saja kendala yang ditemui seperti perbedaan tindakan dengan rencana semula. Jika memang kamu mampu memenuhi kelebihan biaya tersebut, tidak perlu dikhawatirkan. Jika sebaliknya, tentu beresiko rumah tersendat dalam pembangunannya.

Rencana yang tepat membuat biaya pembangunan lebih rendah. Rencanakan setiap detail dari awal sehingga tidak perlu mengubah apapun saat proyek pembangunan berlangsung. Ubah rencana pembangunan dapat meningkatkan pengeluaran bertambah yang meningkatkan peluang menuju pemborosan.

4. Prioritaskan Bahan Lokal

Source : Pexels

Memakai bahan lokal bisa jadi salah satu cara memangkas biaya membangun rumah. Merk lokal biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada barang import. Kualitasnya juga bisa diadu asal kamu riset terlebih dulu bahan lokal apa saja yang memiliki daya saing tinggi.

Pilih material yang telah memenuhi standar nasional atau internasional. Brand terbaik biasanya memiliki review positif bahkan berjaya dalam hal penjualannya. Tolak ukur ini bisa kamu jadikan referensi memiliki bahan lokal di pasaran.

Baca juga: Yuk Mengenal Jenis Dak Rumah Berdasarkan Materialnya!

5. Hindari Pemakaian Fitur Tambahan Tak Penting

Source : Pxhere

Demi memangkas biaya bahan rumah agar lebih murah sebaiknya hindari pemakaian fitur-fitur tambahan yang kurang penting. Dekorasi minim hanya untuk tujuan estetika tanpa ada fungsi dalam hunian sebaiknya dikesampingkan terlebih dulu. Fokus pada hal-hal penting dalam denah rumah baru mempertimbangkan fitur tambahan.

Dekorasi minim bisa ditambahkan seiring berjalannya waktu. Poin paling penting adalah bangun rumah dulu sesuai kebutuhan kamu.

6. Bangun Rumah Bertahap

Source : Pexels

Apabila dana yang kamu miliki terbatas, bisa bangun rumah secara bertahap. Jika kamu memilih jalan ini, persiapkan rencana pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang. Misalnya bagi pasangan muda ada baiknya bangun rumah dengan dua kamar kecil saja.

Tidak harus membangun rumah dengan 2-4 kamar sekaligus. Penting untuk menyisakan ruang-ruang tertentu guna pembangunan berkelanjutan. Cara ini memberikan waktu kamu untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk tahap pembangunan hunian selanjutnya.

7. Pertimbangkan Efisiensi Energi

Source : Pexels

Rumah hemat energi adalah salah satu cara menghemat uang dalam jangka panjang. Rumah yang sudah jadi tentu masih memiliki beban bulanan seperti penggunaan listrik dan lainnya. Dengan efisiensi energi biaya listrik dapat ditekan seminimal mungkin. Misalnya membuat bukaan yang lebar agar memaksimalkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah agar pemakaian lampu dapat diminimalkan.

8. Bijak Memilih Furnitur

Source : Pexels

Selain material bahan bangunan ternyata furnitur memberi pengaruh besar dalam membangun rumah. Misalnya dalam membangun kamar mandi baiknya menggunakan shower atau bathub. Dalam membangun kamar mandi yang nyaman tentu mempersiapkan furnitur kamar mandi seperti kedua perabot tersebut.

Jika lahan memang cukup luas menggunakan bathub sangat mudah diimplementasikan tetapi jika di lapangan ternyata kamar mandi hanya punya lahan terbatas maka pasang saja shower. Harga shower jauh lebih murah daripada pemasangan bathub.

Cara memangkas pengeluaran saat bangun rumah di atas mampu memberikan dampak secara tidak langsung terhadap penekanan biaya suatu proyek pembangunan. Dengan cara ini, Pins bisa menghapus kekhawatiran untuk terjebak dalam jurang hutang yang dalam.

Baca juga: Jenis Kusen Rumah dan Keunggulannya

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download