Pinhome

Finansial

Memangkas Pengeluaran Saat Bangun Rumah

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Jadi, apa yang sekarang anda pikirkan? Pusing karena tidak menemukan ide untuk mengatasi kesulitan dana yang harus dihadapi dalam proyek pembangunan rumah? Pembengkakan dana disaat proyek pembangunan berlangsung memang sering terjadi akibat beberapa kesalahan. Dan, kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh calon pemilik rumah adalah kurangnya persiapan yang matang, mulai dari denah rumah yang belum pasti hingga alokasi biaya yang dibutuhkan.

Hal ini menyebabkan pembengkakan biaya dan menjadikan proyek tersebut mangkrak ditengah jalan. Jadi sebelum menandatangani kontrak perjanjian dengan perusahaan jasa desain rumah atau mempekerjakan pekerja bangunan, ada baiknya kita membuat perencanaan alokasi dana yang matang agar tidak terjadi pembengkakan biaya.

Untuk memangkas biaya pembangunan, anda bisa mengesampingkan kebutuhan-kebutuhan yang tidak begitu penting. Sikap yang selektif dalam menentukan alokasi dana juga berperan penting dalam penghematan anggaran dana. Berikut ini adalah tips penting dalam memangkas dana agar tidak terjadi pembengkakan dana.

  1. Buat perencanaan yang jelas, mulai dari model rumah yang diinginkan hingga cat rumah yang menjadi incaran anda. Untuk memudahkan tim jasa desain rumah memahami apa yang anda maksud, anda bisa menggunakan  desain rumah online untuk membuat rancangan model rumah sesuai dengan keinginan. Setelah selesai, anda bisa melakukan download gambar rumah tersebut untuk diberikan kepada para pekerja bangunan. Semakin jelas apa yang anda inginkan, semakin singkat dan semakin hemat biaya yang diperlukan.
  2. Jika berencana menggunakan tim jasa desain rumah, anda harus lebih selektif untuk memilih yang terbaik. Seringkali para pelanggan terjebak pada stereotype tarif murah. Mereka memiliki penyedia jasa termurah untuk membangun rumah mereka. Namun apa yang terjadi? Mereka terkadang kurang professional sehingga tidak terjadi penyatuan pendapat antara pemilik rumah dan pekerja bangunan. Selain itu, keterlambatan dalam penyelesaian proyek rumah berperan sangat besar dalam pembengkakan anggaran biaya. Jadi lebih baik berfokus pada kualitas para tim professional dalam menjalankan proyek tersebut.
  3. Bersikap tegas. Rasa sungkan dan kurangnya komunikasi memang terkadang menjadi kendala dalam pelaksanaan proyek pembangunan suatu rumah. Ini memang tak bisa dihindari namun bisa diatasi. Dengan bersikap proaktif, anda bisa mendapatkan informasi mengenai kelangsungan suatu proyek dan memberikan kontribusi bermanfaat terhadap proyek tersebut.
  4. Cari tahu jawaban dari keraguan anda. Bagi orang yang tak berpengalaman dalam dunia arsitek, ketika terjun untuk pertama kali dalam pembuatan rumah yang diimpikan seringkali bingung dan tak tahu apa yang mesti dilakukan. Terkadang mereka meminta pendapat dari seorang ahli arsitek, namun jawaban tersebut tak selalu melegakan. Solusinya adalah dengan bertanya pada ahli yang lain untuk memberikan nasihat tandingan. Dengan ini, anda akan menemukan solusi tepat dan bermanfaat untuk mempersingkat proyek pembangunan anda.

Cara-cara tersebut mampu memberikan akibat secara tidak langsung terhadap penekanan biaya suatu proyek pembangunan. Dengan cara ini, anda bisa menghapus kekhawatiran untuk terjebak dalam jurang hutang yang dalam.

Tags :

Bagikan Artikel