Pinhome

Struktur Ukuran Sloof Rumah 2 Lantai

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 13 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Ukuran sloof rumah 2 lantai – Berbicara mengenai struktur ukuran sloof rumah 2 lantai, sebenarnya perlu melihat terlebih dahulu bagaimana desain bangunanya. Sehingga, bisa diketahui bentuk struktur serta beban apa saja yang harus ditahan oleh bangunan.

Setelah itu, barulah bisa dihitung kekuatan struktur baik secara manual maupun dengan bantuan software seperti SAP 2000, ETABS, Tekla maupun sejenisnya.

Hal ini merupakan urusan para sarjana Teknik Sipil yang kerjanya menentukan bagaimana sebuah bangunan bisa dibangun dengan kuat. Namun, tetap ekonomis alias hemat dari segi rencana anggaran biaya bangunan.

Stuktur Ukuran Sloof Rumah 2 Lantai

Secara umum ukuran sloof rumah dua lantai dengan bentuk standar bisa menggunakan detail struktur dengan gambar dan penjelasan seperti berikut ini.

Gambar Struktur Ukuran Sloof Rumah 2 Lantai 

ukuran sloof rumag 2 lantai

Dari sebelah kiri adalah gambar pondasi rumah, lalu berturut-turut ke kanan berupa detail sloof, kolom, balok dan plat lantai. Pada gambar tersebut sudah disertai dengan ukuran serta keterangan mengenai besi yang dipakai, penjelasan mengenai gambar tersebut adalah sebagai berikut

Struktur Pondasi Rumah 2 Lantai

Jika kondisi tanahnya bagus maka cukup memakai foot plat atau biasa disebut masyarakat sebagai cakar ayam, ukuranya dibuat 80cm x 80cm dengan ketebalan 25cm, memakai besi tulangan 12cm jarak 15cm.

Sedangkan, jika kondisi tanahnya kurang bagus misalnya agak lunak maka bisa ditambahkan dengan pasangan batu kali agar kuat.

Baca juga: Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai Agar Kokoh dan Aman

Struktur Sloof Rumah 2 Lantai

Sloof dengan penampang persegi panjang ukuran 15cm x 35cm dipasang sebagai penghubung antar struktur kolom, karena fungsi sloof adalah menyatukan antar kolom sekaligus menyalurkan beban bangunan secara merata ke pondasi.

Gunakan besi tulangan pokok diameter 12cm sebanyak 6bh, dan sengkangya dipasang setiap jarak 20cm dengan ukuran diameter besi 8mm.

Struktur Kolom Rumah 2 Lantai

ukuran sloof rumah 2 lantai
(UD Harga Bangunan)

Di lantai 1 jika ingin kolomnya rata tembok alias tidak kelihatan, maka bisa memakai kolom ukuran 15cm x 40cm. atau jika mau berbentuk persegi empat sama sisi maka bisa menggunakan kolom ukuran 25m x 25cm.

Gunakan besi tulangan pokok 6bh diamater 12cm dengan sengkang atau cincing diameter 8mm yang dipasang setiap jarak 20cm. Sedangkan untuk lantai 2 cukup memakai kolom praktis saja ukuran 15cm x 15cm, tulangan pokok 4D10, sengkang D8-200.

Baca juga: Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai

Struktur Balok Rumah 2 Lantai

Fungsi balok adalah sebagai dudukan plat sekaligus menyatukan hubungan antar kolom agar terjadi satu kesatuan struktur yang kuat, balok pada area dak bisa dibuat sama seperti sloof yaitu ukuran 15cm x 35cm, tulangan poko 6D12 dan sengkang D8-200.

Struktur Plat Rumah 2 Lantai

Dak lantai beton untuk ruangan standar seperti kamar tidur, ruang dapur, dan sejenisnya dibuat setebal 12cm dengan besi tulangan diameter 10mm dipasang setiap jarak 20cm.

Namun, untuk ruangan yang bebanya berat seperti jika ada kolam renang di lantai atas maka perlu ditambah ketebalan plat serta pembesianya menyesuaikan kebutuhaan.

Adukan beton memakai yang kualitas K250, jadi jumlah takaran pasir, semen, dan koral perlu diatur agar menghasilkan kualitas struktur beton bertulang terbaik yang kuat tapi juga tidak kemahalan.

Begitulah gambaran mengenai struktur ukuran sloof rumah 2 lantai yang bisa diaplikasikan dalam membangun hunian standar. Tapi, untuk lebih kuat dan hemat sebaiknya dihitung terlebih dulu oleh para praktisi teknik sipil.

Sedangkan urusan desain rumah dan keindahan bangunan bisa dipercayakan kepada para arsitek. perpaduan kedua profesi spesialis tersebut diharapkan bisa menghasilkan rumah yang kuat, ekonomis, sekaligus indah.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia