BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAApa Benar Jika KPR Ditolak DP Hangus? Pahami Detailnya!
0
0

Apa Benar Jika KPR Ditolak DP Hangus? Pahami Detailnya!

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Nov 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi KPR rumah.top-right-banner

Pemilikan rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) seringkali menjadi langkah penting dalam perjalanan finansial seseorang. Namun, munculnya isu mengenai kebijakan terkait KPR ditolak dan DP hangus menjadi sorotan.

Terdapat anggapan bahwa jika KPR ditolak, uang muka yang telah dibayarkan dapat hangus begitu saja. Meskipun terdengar mencemaskan, hal ini perlu dipahami lebih dalam untuk menghindari kesalahpahaman dan mengetahui detail kebijakan yang berlaku.

Dalam artikel ini terdapat pembahasan lebih lanjut mengenai klaim yang menyatakan bahwa KPR ditolak dan DP menjadi hangus. Namun perlu diketahui juga bahwa The Agathis yang menjadi salah satu hunian Rumah Ekslusif.

Untuk informasinya cukup mengunjungi PinValue, yaitu fitur dari Pinhome yang menyediakan kebutuhan terkait harga estimasi rumah. Melalui fitur tersebut, Kamu juga bisa mencari informasi terkait perumahan di Depok atau rumah second di Kota Tangerang Selatan yang bisa jadi alternatif.

Baca juga: Pengertian KPR Rumah

Perbedaan DP dengan Booking Fee dan NUP

Memahami KPR ditolak DP hangus.
Source : Freepik

Dalam proses pembelian properti, terdapat beberapa istilah dan tahapan yang mungkin membingungkan, seperti Down Payment (DP), Booking Fee, dan Nomor Pemesanan Unit (NUP). Ketiga hal ini memiliki peran masing-masing dalam menandai komitmen pembeli dan mengamankan suatu unit properti. Berikut penjelasannya:

1. Down Payment (DP)

Down Payment, atau uang muka, adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pembeli sebagai bagian dari total harga properti. Pembayaran ini dilakukan sebagai tanda keseriusan pembeli untuk melanjutkan proses transaksi.

Fungsi DP adalah menunjukkan keseriusan pembeli untuk membeli properti. Selain itu, DP mengurangi jumlah pinjaman KPR yang diperlukan.

2. Booking Fee

Booking fee adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh pembeli kepada pengembang atau agen properti untuk mengamankan suatu unit properti. Fungsi booking fee adalah untuk menunjukkan niat pembeli untuk menyewa atau membeli unit tersebut.

Booking fee memberikan jaminan bahwa unit tersebut tidak akan dijual atau disewakan kepada pihak lain selama periode tertentu. Namun booking fee biasanya tidak sebesar DP dan dapat bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan) jika pembeli menarik diri tanpa alasan yang sah.

3. Nomor Pemesanan Unit (NUP)

Nomor Pemesanan Unit (NUP) adalah bentuk pemesanan atau pengajuan permintaan suatu unit properti oleh calon pembeli kepada pengembang. Fungsinya yaitu menjamin pembeli mendapatkan prioritas dalam memilih unit ketika properti tersebut diluncurkan.

Selain itu, NUP dapat memberikan keamanan bahwa unit tersebut tidak akan dijual kepada pihak lain selama periode tertentu. Namun perlu diketahui bahwa NUP umumnya bersifat non-refundable dan sering kali disertai dengan periode tertentu di mana pembeli diharapkan untuk menyelesaikan transaksi pembelian.

Baca juga: Meninggal Saat Masih KPR Rumah Tapi Asuransi Pailit

Apakah Benar KPR Ditolak Berarti DP Hangus?

Penjelasan KPR ditolak DP hangus.
Source : Freepik

Untuk menjelaskan mengenai penolakan KPR yang menyebabkan uang muka kredit KPR rumah hangus, penting untuk memahami isi surat pesanan (SP) atau kontrak dengan pengembang sebelum melakukan pembayaran awal. Dalam surat tersebut biasanya dijelaskan dengan detail konsekuensi yang timbul apabila permohonan KPR ditolak oleh bank.

Oleh karena itu, perjanjian mengenai apakah uang muka akan hangus atau tidak biasanya juga diuraikan dalam isi surat tersebut. Sebelum menandatanganinya, sangat disarankan untuk memeriksanya terlebih dahulu dan bertanya kepada pihak pengembang jika ada bagian dari surat yang kurang dimengerti.

Jika isi surat menegaskan bahwa uang muka akan hangus jika KPR ditolak oleh bank, dan Kamu telah menandatanganinya, maka pihak pengembang tidak dapat disalahkan jika uang muka tidak dikembalikan. Namun, jika setelah pemeriksaan Kamu merasa tidak setuju dengan ketentuan uang muka hangus, Kamu dapat bernegosiasi ulang dengan pihak pengembang atau memutuskan untuk tidak menandatangani surat tersebut. Perlu dicatat juga bahwa bank umumnya tidak menerapkan ketentuan uang muka (DP) hangus jika KPR tidak disetujui.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Terlambat Membayar Angsuran KPR Rumah? Ini Akibatnya!

Tips Pengajuan KPR Agar Tidak Ditolak

Tips agar KPR tidak ditolak sehingga DP tidak hangus.
Source : Freepik

Sebelum mengajukan KPR, penting mengetahui tipsnya agar tidak ditolak. Simak di bawah ini:

1. Pahami Syarat dan Ketentuan Bank

Sebelum mengajukan KPR, pastikan Kamu benar-benar memahami syarat pengajuan KPR dan ketentuan yang diterapkan oleh bank. Setiap bank memiliki kebijakan dan persyaratan yang berbeda, termasuk tingkat suku bunga, durasi pinjaman, dan persyaratan dokumen.

2. Periksa Kelayakan Keuangan

Bank akan menilai kelayakan keuangan sebelum memberikan persetujuan KPR. Pastikan bahwa Kamu memiliki pendapatan yang memadai dan stabil, serta catatan kredit yang baik. Hindari memiliki banyak kewajiban keuangan lainnya yang dapat memengaruhi kemampuan untuk membayar cicilan KPR.

3. Siapkan Dokumen dengan Teliti

Persiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan teliti. Biasanya, dokumen yang diperlukan termasuk slip gaji atau surat keterangan penghasilan, rekening koran, fotokopi KTP, dan dokumen-dokumen properti yang akan dijaminkan. Pastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut lengkap dan sesuai dengan persyaratan bank.

4. Cek Skor Kredit

Skor kredit Kamu memainkan peran penting dalam persetujuan KPR. Periksa skor kredit dan pastikan bahwa skor tersebut mencerminkan keuangan yang sehat. Jika ada masalah atau kesalahan dalam laporan kredit, segera perbaiki sebelum mengajukan KPR.

5. Hitung Angsuran dengan Bijak

Hitung dengan cermat berapa besar angsuran yang dapat Anda bayar setiap bulan. Pastikan bahwa jumlah cicilan KPR tidak melebihi 30% dari pendapatan bulanan. Ini akan memastikan bahwa Kamu memiliki ruang untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan keperluan keuangan lainnya.

6. Pilih Properti yang Sesuai

Pilih properti yang sesuai dengan kemampuan finansial. Hindari memilih properti yang melebihi batas anggaran. Selain harga properti, perhatikan juga biaya-biaya tambahan seperti pajak properti, biaya notaris jual beli rumah, dan biaya administrasi lainnya.

Itulah penjelasan apakah KPR ditolak membuat DP hangus. Semoga bisa menambah pengetahuanmu.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download