Kamus Istilah Properti

Skor Kredit

istilah properti

Skor Kredit

Skor kredit adalah penilaian yang diberikan oleh lembaga keuangan pada performa atau kemampuan pembayaran kredit seseorang.

Apa itu skor kredit?

(Student Loan Hero)

Istilah-istilah dalam ranah pembiayaan kredit bisa dibilang cukup jarang dipakai pada percakapan sehari-hari. Maka dari itu, mungkin beberapa orang akan asing dengan istilah-istilah yang banyak digunakan. Salah satu istilah yang cukup penting untuk diketahui adalah istilah skor kredit.

Skor kredit adalah penilaian yang diberikan oleh lembaga keuangan pada performa atau kemampuan pembayaran kredit seseorang. Di Indonesia, ada sebuah proses pengecekan kemampuan kredit ini disebut dengan proses BI checking.

BI checking merupakan pengecekan informasi historis nasabah peminjam dana yang dipertukarkan antar-bank serta lembaga keuangan. Pengadaan proses BI checking ini berfungsi untuk:

  • Mengawasi dan melayani informasi keuangan. Salah satunya adalah menyediakan informasi debitur.
  • Melaporkan data agunan, fasilitas penyediaan dana, serta data terkait kredit dari berbagai pihak. Dari lembaga keuangan, Lembaga Pengelolaan Informasi Perkreditan (LPIP) dan sejenisnya.
  • Memperkecil potensi angka kredit yang macet atau bermasalah (Non Performing Loan).
  • Mempermudah pihak bank untuk memberikan persetujuan untuk permohonan pinjaman dana.

Jika skor kredit buruk, maka pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh nasabah bisa jadi ditolak oleh bank yang dituju sebagai pihak pemberi biaya. Apabila pihak yang mengajukan permohonan pinjaman sudah memiliki pasangan, bank juga akan melakukan pengecekan kemampuan pembayaran kredit dari pasangannya.

Aspek-aspek yang dinilai dalam penilaian ini adalah segala bentuk pinjaman kredit yang dilakukan oleh nasabah. Salah satunya yang dinilai adalah pembayaran tagihan dari kartu kredit.

Di ranah jual beli properti, penilaian ini dipakai sebagai penentu kelayakan seseorang untuk memperoleh dana pinjaman. Jadi, sebelum mengajukan pinjaman dana KPR (Kredit Pemilikan Rumah) ada baiknya untuk mengingat seperti apa rekam jejak kredit kita. Apabila semua pinjaman sudah terlunasi, namun kamu pernah mengalami kondisi kredit macet, tidak ada salahnya untuk mencoba pengajuan.

Kategori skor kredit menurut BI checking

skor kredit
(Beach Funding)

Dalam BI checking, sekiranya ada 5 kategori penilaian kemampuan pembayaran tagihan kredit. Penilaian tersebut terbagi dari nilai satu sampai lima. Masing-masing nilai mempunyai kriteria yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya silakan cek poin-poin di bawah ini.

  • Nilai satu: Pembayaran kredit yang dilakukan nasabah dianggap lancar oleh bank. Jadi, nasabah selalu memenuhi kewajibannya untuk membayarkan tagihan setiap bulan. Jika dijabarkan, pembayaran yang dimaksud antara lain adalah pokok pinjaman, bunga pinjaman, serta penyelesaian pembayaran tanpa pernah menunggak.
  • Nilai dua: Pembayaran kredit yang dilakukan nasabah tercatat “DPK” (Dalam Perhatian Khusus). Di sini nasabah tercatat telah melakukan penunggakan pembayaran kredit selama 1-90 hari.
  • Nilai tiga: Pembayaran kredit yang dilakukan nasabah dianggap tidak lancar. Jadi, nasabah tercatat sudah melakukan tunggakan pembayaran kredit dari 91-120 hari.
  • Nilai empat: Pembayaran kredit yang dilakukan nasabah dianggap diragukan oleh pihak bank. Di kasus ini, nasabah sudah menunggak cicilan sampai 121-180 hari.
  • Nilai lima: Pembayaran kredit dianggap macet oleh pihak bank. Di kasus ini, nasabah sudah melakukan tunggakan lebih dari 180 hari.

Semua penilaian kredit ini sudah terekam sesuai dengan nama nasabah yang melakukan pinjaman. Nantinya, catatan tersebut akan dijadikan pedoman bank untuk memberikan pinjaman kredit kepada pemohon. Maka dari itu, nasabah wajib untuk menjaga selalu rekam jejak pembayaran kreditnya agar dapat dipercaya ketika melakukan permohonan pinjaman berikutnya.

Solusi ketika skor kredit memiliki nilai buruk

(The Motley Fool)

Rekam jejak kredit yang buruk punya efek yang besar pada kepercayaan pihak bank kepada nasabah yang mengajukan program pendanaan. Apabila kamu pernah punya rekam jejak yang buruk, namun sudah melakukan pelunasan semua tagihan cicilan, maka cara-cara di bawah ini mungkin bisa jadi solusi untuk memperbaiki skor kredit.

Ajukan revisi daftar hitam ke OJK

Selain dipertukarkan antar-bank dan perusahaan finance, semua catatan pembayaran cicilan kredit masuk dalam bank data Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nama-nama yang melakukan tunggakan dalam pembayaran cicilan akan masuk dalam daftar hitam OJK meskipun sudah menyelesaikan pembayaran.

Bagi kamu yang sudah melunasi kewajiban dan pernah melakukan tunggakan pembayaran, ada baiknya mengurus revisi daftar hitam ke OJK. Untuk melakukannya, kita hanya perlu membawa bukti pelunasan tagihan. Setelah nama sudah sudah dihapus dalam daftar hitam, pengajuan kredit berikutnya akan masuk dalam kategori aman setelah 24 bulan.

Membayar kewajiban tunggakan kredit

Tidak sedikit juga pihak yang masih mempunyai tanggungan pembayaran ke bank. Apabila terjadi kasus seperti ini, maka permohonan pengajuan kredit atas nama yang sama tentu akan ditolak.

Cara satu-satunya ketika berada di dalam kondisi seperti ini adalah melakukan pelunasan. Apabila sudah cukup jauh jatuh temponya, berikan sebuah pernyataan terkait kesulitan yang kamu alami dan berikan juga sejumlah dana untuk melakukan pelunasannya. Apabila pihak bank atau perusahaan finance terkait mengajukan persyaratan, ada baiknya memenuhi persyaratan tersebut.

Penjelasan di atas menjadi akhir dari artikel yang membahas secara khusus tentang skor kredit. Sampai jumpa di artikel Glossary Pinhome selanjutnya ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.