Kamus Istilah Properti

Booking Fee

istilah properti

Booking Fee

Booking fee adalah sejumlah uang yang dibayarkan sebagai bentuk komitmen, keseriusan atau tanda jadi dalam pembelian suatu barang.

Apa itu Booking Fee?

sumber: Unsplash

Booking fee adalah sejumlah uang yang dibayarkan sebagai bentuk komitmen, keseriusan atau tanda jadi dalam pembelian suatu barang. Dalam dunia properti, booking fee digunakan sebagai tanda jadi ketika Pins berkomitmen untuk memesan suatu unit properti. Berdasarkan Kamus Istilah Perumahan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan pada 2017, biaya booking adalah bukti dari keseriusan calon pembeli untuk membeli rumah.

Kisaran nominal booking fee pun berbeda-beda tergantung pengembang properti, lokasi, dan kualitas properti itu sendiri. Namun uang tanda jadi dapat berkisar mulai dari Rp500.000 hingga puluhan juta rupiah.

Kebanyakan pada pemesanan properti, jika Anda telah menyerahkan uang tanda jadi dan membatalkan pesanan, booking fee ini bisa hangus atau uang Pins tidak bisa dikembalikan. Namun, ada juga sebagian pengembang yang akan mengembalikan uang uang tanda jadi. Hal ini disesuaikan dengan pengembang properti karena tidak ada aturan resmi yang mengatur tentang uang tanda jadi ini.

Mengapa Booking Fee Hangus Jika Pemesanan Dibatalkan?

sumber: Pexels

Terdapat beberapa hal yang menjadi alasan mengapa booking fee hangus jika Pins membatalkan pesanan, yaitu kerugian biaya administrasi yang dikeluarkan pengembang seperti form pemesanan, materai, dan sebagainya. Selain itu pengembang juga mengalami kerugian waktu dan materi karena, ketika Pins memesan unit dan melakukan pembayaran uang tanda jadi, pengembang akan mengunci atau menyisakan satu unit yang Pins pesan. Padahal bisa saja ada orang lain yang berminat membeli unit tersebut, namun telah dikunci oleh pengembang atau dianggap sudah terjual. Hal tersebut akan membuat pengembang memerlukan waktu yang lebih lama lagi untuk mendapatkan konsumen baru. Kemudian pengembang juga dapat mengalami kerugian biaya operasional yang dikeluarkan saat mempersiapkan unit yang telah Pins pesan.

Hindari Hangusnya Booking Fee dengan Tips Ini

booking fee
sumber: Pexels

Meski banyak pengembang yang akan menghanguskan booking fee ketika Pins membatalkan pesanan, namun Pins dapat menghindarinya dengan melakukan beberapa tips ini sebelum melakukan pemesanan properti yang menggunakan uang tanda jadi.

1. Lakukan BI Checking

Ya, melakukan BI checking sangat penting sebelum Pins melakukan pemesanan unit properti. Dengan melakukan BI checking, Pins jadi mengetahui apakah Pins memenuhi persyaratan untuk melakukan pembelian properti. Jika Pins telah melakukan BI checking, Pins dapat mulai melakukan negosiasi dengan pengembanng tentang transaksi unit properti. Lakukan BI checking secara mandiri agar Pins mengetahui apakah Pins telah memenuhi persyaratan dalam membeli properti atau belum.

2. Lakukan Simulasi KPR

Setelah melakukan BI checking, Pins dapat melakukan simulasi KPR. Pins dapat melakukan simulasi KPR dengan pergi ke bank atau melalui website-website resmi bank yang akan Pins pilih.

Jika Pins ingin melakukan simulasi KPR melalui website bank, Pins dapat memasukan harga unit properti ke dalam format yang sudah disediakan di dalam website dan klik “ok” atau enter. Biasanya akan muncul nominal angsuran dan tenor sesuai dengan perhitungan bank.

3. Ajukan Pertanyaan Serinci Mungkin pada Pengembang

Saat akan melakukan pembelian suatu properti, sebaiknya Pins mengajukan pertanyaan sedetail mungkin. Jangan mudah tergiur dengan penawaran properti dengan harga murah. Tanyakan berbagai hal kepada pengembang mulai dari skema pengajuan KPR, pembayaran DP (Down Payment) sebagai tanda jadi, dan masalah booking fee. Hal ini untuk mencegah penyesalan di kemudian hari. Pastikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada pengembang telah mencakup seluruh hal penting yang Pins butuh ketahui.

4. Pastikan Properti yang akan Dibeli Sesuai dengan Keinginan dan Kebutuhan

Sebelum Pins memutuskan untuk memesan properti, sebaiknya pastikan bahwa properti yang Pins akan pesan sesuai dengan kebutuhan Pins. Jangan sampai ketika sudah melakukan pemesanan, justru properti tidak sesuai dengan harapan Pins. Hal inilah yang sering menjadi alasan mengapa konsumen membatalkan pemesanan properti. Sehingga mengakibatkan uang tanda jadi yang telah dibayarkan hangus begitu saja.

Itulah informasi tentang apa itu booking fee, alasan mengapa uang tanda jadi bisa hangus, dan tips menghindari hangusnya uang tanda jadi. Sebelum melakukan pemesanan sebuah properti, pastikan Pins benar-benar yakin dan telah memastikan baik dari segi administrasi dan finansial telah memenuhi persyaratan yang ada. Pastikan kembali apakah properti yang akan Pins pesan telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai Pins berubah pikiran setelah melakukan pemesanan unit. Semoga bermanfaat!


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti