BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPACara Menghitung Uang Muka KPR Rumah
0
0

Cara Menghitung Uang Muka KPR Rumah

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Agu 4, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Menghitung Uang Muka KPRtop-right-banner

Bagi Pins yang ingin mengambil kredit kepemilikan rumah (KPR), sebaiknya kamu mengetahui cara menghitung uang muka KPR rumah. Mengingat bahwa rumah merupakan sebuah aset yang memiliki harga tinggi, tentunya uang muka saat KPR tidak murah, bukan?

Mungkin saat ini banyak developer yang menawarkan perumahan dengan uang muka kecil atau bahkan DP 0%. Sekilas, ini memang sangat menarik. Namun, perlu diingat bahwa rumah tanpa DP memungkinkanmu membayar cicilan yang lebih besar dibandingkan rumah dengan DP.

Tak heran jika banyak orang yang masih berminat membayar DP agar cicilannya lebih ringan. Jadi, sebaiknya kamu mempertimbangkan dulu, ingin membeli rumah dengan DP besar atau cicilan besar?

Jika kamu sudah memutuskan untuk membeli rumah dengan uang muka, maka kamu perlu mengetahui cara menghitung uang muka KPR yang akan kami bahas di bawah ini.

Baca juga: Waspada! Berikut 5 Ciri-ciri KPR Ditolak yang Wajib Dihindari

Cara Menghitung Uang Muka KPR

Cara Menghitung Uang Muka KPR Rumah
Source : Pixabay

Tentunya, setiap developer perumahan akan menawarkan uang muka yang berbeda beda tergantung dari tipe rumah yang dipilih, harga rumah, luas tanah, dan masih banyak lagi. Namun biasanya, developer perumahan menawarkan pembayaran uang muka sekitar 10% – 20%.

Di sini, kami akan memberikan contoh cara menghitung uang muka KPR rumah seharga Rp100 juta. Jika sebuah rumah dengan harga Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) maka uang muka dapat dihitung sebagai berikut:

  • Jika DP 10 % maka (10/100) x Rp100.000.000 = Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah)
  • Jika DP 20 % maka (20/100) x Rp100.000.000 = Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah)

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa besarnya uang muka perumahan adalah antara sepuluh juta sampai dengan dua puluh juta rupiah. Pins bisa menyesuaikan hitungan ini dengan harga rumah yang akan Pins beli.

Baca juga: Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara Menentukan Angsuran KPR Per Bulan

Cara Menghitung Uang Muka KPR Rumah
Source : Shutterstock

Setelah mengetahui besarnya uang muka yang harus disediakan untuk membeli rumah KPR, kamu juga perlu menentukan angsuran KPR per bulan yang harus dipersiapkan. Tentunya hal ini dilakukan agar proses pengajuan KPR lancar dan disetujui oleh bank.

Saat membeli rumah indent, biasanya kamu akan disuruh membayar uang tanda jadi (UTJ) atau booking fee dan uang muka. Setelah itu, barulah kamu mengajukan KPR ke bank. Namun jika KPR ditolak, biasa developer tidak akan mengembalikan UTJ dan uang muka yang sudah kamu bayar 100% penuh.

Biasanya ini akan dikenakan potongan bahkan hingga 50% sebagai biaya-biaya yang sudah diurus developer. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh karenanya penting untuk menentukan angsuran KPR per bulan sebelum membeli rumah.

Nilai angsuran yang disetujui pihak bank biasanya tidak lebih dari 30% dikali penghasilan perbulan atau bisa menggunakan kalkulator finansial yang tersedia di Pinhome. Begini cara menghitung angsuran KPR per bulan.

  • Rp4.500.000 (penghasilan perbulan) x 30% = Rp1.350.000

Berdasarkan perhitungan di atas, jika kamu memiliki gaji Rp 4,5 juta per bulan, maka jumlah angsuran KPR per bulan yang bisa kamu ambil adalah Rp1,3 jutaan. Kamu juga bisa menyesuaikan simulasi hitungan tersebut dengan penghasilanmu per bulan.

Jika jumlah cicilan rumah KPR melebihi perhitungan tersebut, sebaiknya kamu menundanya terlebih dahulu. Karena hal ini bisa memungkinkan pengajuan KPR mu ditolak. Kamu juga bisa memperpanjang tenor KPR atau memperbesar uang muka agar cicilan lebih ringan.

Nah, setelah penjelasan lengkap tersebut tentunya kamu sudah mengetahui berapa biaya yang harus kamu siapkan untuk KPR rumah bukan? Selamat menghitung uang muka KPR perumahan yang ingin Pins beli!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen The Spring Residences dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download