Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui - Pinhome

Pinhome

7 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 29 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Feng Shui merupakan sebuah ilmu yang berasal dari Tionghoa yang memahami akan aliran antara bumi, manusia, surga yang dapat hidup dalam harmoni positif yang baik. Ilmu tersebut menumbuhkan energi baik dalam keselarasan kehidupan manusia dengan bumi dan terkait lingkungan disekitarnya. Pins akan menemuinya dalam pembuatan sebuah bangunan. Letak terbaik masing-masing ruang dapat ditentukan dengan ilmu satu ini. Tidak terkecuali untuk posisi dapur dan kamar mandi yang baik dalam hunian.

Pernah mendengar arah bangunan yang dibuat serta model ruang mempengaruhi rezeki yang diterima pemiliknya? Hal tersebut berkaitan erat dengan pemahaman feng shui. Walaupun kepercayaan setiap manusia berbeda-beda, namun pemahaman satu ini menjadi hal baik yang bisa diikuti. Bila tujuannya untuk kebaikan kenapa tidak?

Kali ini Pinhome akan memberikan beberapa posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui, siapa tahu Pins membutuhkannya.

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui Untuk Denah Rumah Minimalis

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik

Bagi sebagian orang, menentukan posisi dapur dan kamar mandi yang baik tentu sangat penting untuk menunjang kenyamanan para penghuninya. Namun, bagaimana cara mengetahui posisi yang baik? Berikut ini 7 posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui.

Hindari Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Berhadapan

(Curbed SF)

Letak pertama yang harus dihindari adalah posisi dapur dan kamar mandi yang baik tidak berhadapan maupun berdekatan. Hal ini dikarenakan kamar mandi mempunyai unsur air yang dapat memadamkan dapur dengan elemen api yang ada pada ilmu feng shui. Namun, bila Pins sudah terlanjur membuatnya, hal utama yang perlu diperhatiakn adalah selalu menutup pintu kamar mandi rapat-rapat.

Selain itu, bila Pins mempunyai hunian dua lantai pun, usahakan area dapur di bawah tidak bersentuhan langsung dengan area kamar tidur atau kamar mandi di atasnya. Selalu berikan ruang pemnbatas atau jeda antara kedua ruang ini agar tidak saling berdekatan. 

Kamar Mandi Tidak Dekat dengan Tempat Tidur

(Baytileonline)

Tidak hanya dapur saja yang tidak boleh berdekatan dengan kamar mandi nih Pins! Posisi kamar mandi juga usahakan untuk tidak dekat dengan area kamu beristirahat ataupun tempat tidur. Hal tersebut sebenarnya akan mengganggu kesehatan penghuni.

Area kamar mandi menjadi salah satu area tempat berkumpulnya kuman, bila Pins tidak rajin membersihkannya maka akan menimbulkan bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Bayangkan saja, bila kamu sedang tidur dan area kamar mandi lupa kamu tutup. Kuman yang terbang lewat udara bisa masuk ke saluran pernafasan kamu saat sedang istirahat. Itulah mengapa ada baiknya untuk menghindarinya ya!

Baca juga: Feng Shui Kamar Mandi, Bangkitkan Energi Positif di Rumah!

Dapur Tidak Berada di Tengah Hunian

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
(Shere Kitchen)

Menurut ilmu feng shui, area di tengah hunian ibarat jantung manusia. Hal tersebut merupakan penentu kehidupan dalam sebuah rumah. Maka dari itu usahakan untuk tidak meletakan dapur di area tengah ruang. Pins bisa menukarnya dengan area ruang keluarga di bagian tengah dan dapur menjorok pada bagian belakang rumah. Pins bisa menggunakan warna-warna cerah pada dapur, agar dapur terlihat segar.

Namun, bila dipikirkan secara logika, dapur yang berada di tengah ruang juga akan membahayakan penghuni. Elemen api yang selalu dikaitkan dengan dapur, bisa membahayakan area rumah bila diletakan di area tengah. Inilah mengapa ilmu ini menyarankan untuk tidak membakar keberuntungan yang telah diberikan oleh pusat kehidupan.

Mengerti Aturan Letak Kamar Mandi di Bawah Tangga

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
(Ideal Home)

Bila ingin menyiasati lahan terbatas dengan penempatan kamar mandi pada ruang bawah tangga, Pins harus tahu unsur dan tata letak terbaiknya. Gunakan warna-warna yang cerah ataupun penggunaan lampu yang terang untuk menghindari area gelap yang tidak membantu dalam sisi feng shui. Selain itu, usahakan untuk selalu menutup Pintu kamar mandi bila tidak digunakan. 

Selanjutnya, jangan lupa perhatikan sirkulasi udara di dalamnya. Hal-hal tersebut cenderung sederhana namun memiliki manfaat untuk Pins yang sudah terlanjur membuatnya. Namun, bila masih dalam rancangan, sebaiknya hindari penempatan kamar mandi pada ruang di bawah tangga, Pins bisa menggantinya menjadi ruang lainnya yang menarik. Contohnya seperti rak penyimpanan.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Hotel yang Buat Betah

Dapur Tidak Berhadapan Dengan Pintu Masuk

(Satinandslateinteriors)

Tidak hanya posisi letak ruang saja yang diperhitungkan, keharmonisan dalam rumah tangga pun dikaitkan dengan posisi dapur. Bagaimana bisa seperti itu? Menurut feng shui, dapur sebaiknya tidak berada di depan pintu masuk ruang utama. Hal tersebut akan mengganggu keharmonisan pasangan di dalam hunian.

Peletakan dapur di area belakang yang banyak digunakan dalam desain perumahan memang sudah sangat baik. Hal tersebut juga mengurangi tampilan tidak menyenangkan pada area dapur saat proses memasak sedang berlangsung. Walaupun berada di belakang, tetap usahakan untuk menjaga kebersihannya ya Pins!

Baca juga: Posisi Tempat Tidur yang Baik Menghadap Kemana? Ini Jawabannya!

Perhatikan Arah Hadap Kamar Mandi

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
(The Block Shop)

Dari sekian banyak informasi mengenai tata letak ruang dalam hunian, mungkin kamar mandi menjadi area yang selalu dibicarakan. Ruangan satu ini harus ditempatkan dalam posisi yang tepat agar aura dan aliran di dalamnya berjalan dengan baik. Maka dari itu, usahakan untuk memperhatikan arah hadap kamar mandi pada hunian.

Selain letak kamar mandi secara keseluruhan, unsur di dalamnya pun juga harus diperhatikan. Contohnya seperti arah hadap kloset kamar mandi yang sebaiknya tidak menghadap jalan, ataupun membelakangi jalan. Hal ini menurut feng shui dipercaya dapat menghambat rezeki yang hadir dalam keluarga.

Baca juga: Model Kamar Mandi Minimalis Ukuran Kecil Untuk Rumah Mungil

Pisahkan Elemen Api dan Air yang Ada di Dapur

Intip yuk posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui. Apa benar keduanya tidak boleh saling berhadapan?
(Pinterest)

Lima unsur yang selalu ilmu feng shui tekankan adalah api, air, kayu, logam dan tanah. Kelima unsur tersebut saling terkait satu sama lain namun ada beberapa yang tidak bisa disatukan. Salah satunya adalah air dan api. Untuk itu ada baiknya dalam posisi letak dapur dan kamar mandi yang baik adalah tidak berdekatan sekaligus memisahkan kedua unsur tersebut dalam satu ruang.

Bila lahan cukup, usahakan untuk membentuk segitiga untuk kedua elemen tersebut. Namun bila terbatas, bisa disiasati dengan berseberangan, ataupun menggunakan partisi agar tidak bersebelahan. Hal ini dipercaya untuk menghindari adanya perselisihan diantara penghuni di dalamnya.

Bagaimana penjelasan Pinhome di atas? Semoga dapat membantu Pins dalam menentukan posisi dapur dan kamar mandi yang baik sesuai feng shui ya! Jangan lupa untuk membaca pula artikel-artikel dari Pinhome lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel