BlogPemilik PropertiDesain HunianPosisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik untuk Rumah
0
0

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 20, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
posisi dapur dan kamar mandi yang baiktop-right-banner

Bayangkan sedang asyik memasak hidangan lezat, tiba-tiba hawa panasnya terganggu aliran air dingin dari kamar mandi. Aneh, bukan? Karena memang posisi dapur dan kamar mandi yang baik untuk rumah perlu diperhatikan.

 Kenyamanan di dapur dan kamar mandi, dua ruang vital di rumah, ternyata bisa saling mempengaruhi. Yuk, cari tahu lebih lanjut bagaimana menempatkan keduanya secara optimal agar tercipta aliran energi yang baik dan pastinya, kenyamanan maksimal!

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menentukan posisi dapur dan kamar mandi yang baik dan benar untuk rumah.

1. Hindari Berhadapan Langsung

kamar mandi
Source : Unsplash

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik tidak boleh berhadapan langsung karena bisa bikin energi jadi tidak seimbang. Dapur melambangkan api, dan kamar mandi melambangkan air. Supaya energinya tetap terpisah, ada beberapa cara mudah. Pertama, letakkan mereka di sisi yang berbeda dari rumahmu. Kalau nggak bisa, pasang sekat di antara keduanya. Ini bikin energinya tetap terpisah.

Selain itu, perhatikan warna dan dekorasi. Di dapur, gunakan warna merah atau oranye. Di kamar mandi, gunakan warna biru atau hijau. Jangan lupa tentang pencahayaan yang cukup dan jaga kebersihan di kedua ruangan. Dengan cara ini, kamu bisa menciptakan lingkungan yang lebih seimbang di rumahmu, sesuai dengan Feng Shui.

2. Hindari Di Bawah Tangga

BAWAH TANGGA
Source : Unsplash

Baik dapur maupun kamar mandi tidak ideal diletakkan di bawah tangga menurut feng shui. Posisi ini dianggap membawa energi negatif dan mengganggu sirkulasi chi (energi) di dalam rumah.

3. Perhatikan Arah

kamar mandi
Source : Unsplash

Memilih lokasi yang tepat untuk dapur dan kamar mandi dalam sebuah rumah bisa menjadi langkah penting dalam menciptakan keseimbangan energi yang positif. Untuk dapur, tempatkanlah di bagian tenggara, timur, atau selatan rumah untuk memaksimalkan aliran energi yang menguntungkan. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menempatkannya di bagian utara rumah yang dapat mengganggu keseimbangan.

Sedangkan untuk kamar mandi, pilihlah lokasi di arah utara, barat laut, atau barat untuk mendukung keseimbangan energi yang harmonis. Hindari menempatkan kamar mandi di bagian selatan dan tenggara rumah untuk menjaga aliran energi yang positif tetap terjaga. Dengan memperhatikan arah ini, kamu dapat menciptakan lingkungan rumah yang lebih seimbang dan harmonis.

Baca juga: 8 Rekomendasi Keramik Meja Dapur Warna Hitam

4. Posisi Ideal

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
Source : Unsplash

Untuk menciptakan pengalaman yang optimal dalam sebuah rumah, posisi dapur dan kamar mandi harus dipertimbangkan dengan cermat. Dapur idealnya terletak di sekitar ruang makan dan ruang keluarga agar memudahkan akses saat memasak dan menyajikan makanan, sambil memastikan adanya ventilasi yang memadai untuk mencegah penumpukan asap dan bau yang tidak diinginkan.

Sebagai bagian penting dari kehidupan sehari-hari, kamar mandi utama sebaiknya ditempatkan dekat dengan kamar tidur utama, memfasilitasi akses yang mudah bagi penghuni. Pastikan juga kamar mandi dilengkapi dengan ventilasi yang baik, bukan hanya untuk menjaga kelembaban tetapi juga untuk menghindari bau yang tidak diinginkan. Dengan memperhatikan posisi ideal ini, penggunaan ruang dalam rumah dapat menjadi lebih efisien dan nyaman bagi semua orang yang tinggal di dalamnya.

5. Tips Tambahan

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
Source : Unsplash

Selain memperhatikan posisi yang tepat, beberapa tips tambahan dapat meningkatkan kualitas ruang dapur dan kamar mandi. Pertama, pastikan pintu kamar mandi terbuat dari bahan kokoh dan rapat untuk mencegah keluarnya bau dan kebisingan yang tidak diinginkan ke area lain.

Kedua, penting untuk menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi dengan baik agar tetap nyaman dan higienis digunakan. Terakhir, tambahkan tanaman hias di dapur dan kamar mandi untuk meningkatkan energi positif serta memberikan sentuhan alami yang menyegarkan.

Dengan menerapkan tips tambahan ini, pengalaman menggunakan kedua ruangan tersebut dapat lebih menyenangkan dan menyegarkan bagi semua penghuni rumah.

Perlu diingat bahwa penentuan posisi dapur dan kamar mandi yang baik tidak hanya berpaku pada Feng Shui, tetapi juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti tata letak rumah, kebutuhan keluarga, dan preferensi pribadi.

Baca juga: Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Source Feature Image: Unsplahs


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download