BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Posisi Dapur dan Kamar Mandi Terbaik menurut Feng Shui
0
0

12 Posisi Dapur dan Kamar Mandi Terbaik menurut Feng Shui

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 24, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
feng shuitop-right-banner

Feng Shui merupakan sebuah ilmu yang berasal dari Tionghoa yang memahami akan aliran antara bumi, manusia, surga yang dapat hidup dalam harmoni positif yang baik. Ilmu tersebut menumbuhkan energi baik dalam keselarasan kehidupan manusia dengan bumi dan terkait lingkungan disekitarnya. Pins akan menemuinya dalam pembuatan sebuah bangunan. Letak terbaik masing-masing ruang dapat ditentukan dengan ilmu satu ini. Tidak terkecuali untuk posisi dapur dan kamar mandi yang baik dalam hunian.

Pernah mendengar arah bangunan yang dibuat serta model ruang mempengaruhi rezeki yang diterima pemiliknya? Hal tersebut berkaitan erat dengan pemahaman feng shui. Walaupun kepercayaan setiap manusia berbeda-beda, namun pemahaman satu ini menjadi hal baik yang bisa diikuti. Bila tujuannya untuk kebaikan kenapa tidak?

Ilmu feng shui bisa diterapkan di rumah di Cipayung, rumah bekas di Bekasi ataupun rumah lainnya. Inilah 12 posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui, siapa tahu Pins membutuhkannya untuk rumah eksklusif Pins.

Baca juga:

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik

Kamu ingin menerapkan ilmu feng shui? Yuk terapkan posisi ini rumah kamu.

1. Hindari Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Berhadapan

Source : Curbed SF

Letak pertama yang harus dihindari adalah desain dapur dan kamar mandi yang baik tidak berhadapan maupun berdekatan. Hal ini dikarenakan kamar mandi mempunyai unsur air yang dapat memadamkan dapur dengan elemen api yang ada pada ilmu feng shui. Namun, bila Pins sudah terlanjur membuatnya, hal utama yang perlu diperhatikan adalah selalu menutup pintu kamar mandi rapat-rapat.

Selain itu, bila Pins mempunyai hunian dua lantai pun, usahakan area dapur di bawah tidak bersentuhan langsung dengan area kamar tidur atau kamar mandi di atasnya. Selalu berikan ruang pemnbatas atau jeda antara kedua ruang ini agar tidak saling berdekatan. 

2. Kamar Mandi Tidak Dekat dengan Tempat Tidur

Source : Baytileonline

Tidak hanya dapur saja yang tidak boleh berdekatan dengan kamar mandi nih Pins! Posisi kamar mandi juga usahakan untuk tidak dekat dengan area kamu beristirahat ataupun tempat tidur. Hal tersebut sebenarnya akan mengganggu kesehatan penghuni.

Area kamar mandi menjadi salah satu area tempat berkumpulnya kuman. Bila Pins tidak rajin membersihkannya, ini akan menimbulkan bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Bayangkan saja, bila kamu sedang tidur dan area kamar mandi lupa kamu tutup. Kuman yang terbang lewat udara bisa masuk ke saluran pernafasan kamu saat sedang istirahat. Itulah mengapa ada baiknya untuk menghindarinya ya!

Baca juga: Feng Shui Kamar Mandi, Bangkitkan Energi Positif di Rumah!

3. Dapur Tidak Berada di Tengah Hunian

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
Source : Shere Kitchen

Menurut ilmu feng shui, area di tengah hunian ibarat jantung manusia. Hal tersebut merupakan penentu kehidupan dalam sebuah rumah. Maka dari itu usahakan untuk tidak meletakan dapur di area tengah ruang. Pins bisa menukarnya dengan area ruang keluarga di bagian tengah dan dapur menjorok pada bagian belakang rumah. Pins bisa menggunakan warna-warna cerah pada dapur, agar dapur terlihat segar.

Namun, bila dipikirkan secara logika, dapur yang berada di tengah ruang juga akan membahayakan penghuni. Elemen api yang selalu dikaitkan dengan dapur, bisa membahayakan area rumah bila diletakan di area tengah. Inilah mengapa ilmu ini menyarankan untuk tidak membakar keberuntungan yang telah diberikan oleh pusat kehidupan.

4. Mengerti Aturan Letak Kamar Mandi di Bawah Tangga

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
Source : Ideal Home

Bila ingin menyiasati lahan terbatas dengan penempatan kamar mandi pada ruang bawah tangga, Pins harus tahu unsur dan tata letak terbaiknya. Gunakan warna-warna yang cerah ataupun penggunaan lampu yang terang untuk menghindari area gelap yang tidak membantu dalam sisi feng shui. Selain itu, usahakan untuk selalu menutup Pintu kamar mandi bila tidak digunakan. 

Selanjutnya, jangan lupa perhatikan sirkulasi udara di dalamnya. Hal-hal tersebut cenderung sederhana namun memiliki manfaat untuk Pins yang sudah terlanjur membuatnya. Namun, bila masih dalam rancangan, sebaiknya hindari penempatan kamar mandi pada ruang di bawah tangga, Pins bisa menggantinya menjadi ruang lainnya yang menarik. Contohnya seperti rak penyimpanan.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Hotel yang Buat Betah

5. Dapur Tidak Berhadapan dengan Pintu Masuk

Source : Satinandslateinteriors

Tidak hanya posisi letak ruang saja yang diperhitungkan, keharmonisan dalam rumah tangga pun dikaitkan dengan posisi dapur. Bagaimana bisa seperti itu? Menurut feng shui, dapur sebaiknya tidak berada di depan pintu masuk ruang utama. Hal tersebut akan mengganggu keharmonisan pasangan di dalam hunian.

Peletakan dapur di area belakang yang banyak digunakan dalam desain perumahan memang sudah sangat baik. Hal tersebut juga mengurangi tampilan tidak menyenangkan pada area dapur saat proses memasak sedang berlangsung. Walaupun berada di belakang, tetap usahakan untuk menjaga kebersihannya ya Pins!

Baca juga: Posisi Tempat Tidur yang Baik Menghadap Kemana? Ini Jawabannya!

6. Perhatikan Arah Hadap Kamar Mandi

posisi dapur dan kamar mandi yang baik
Source : The Block Shop

Dari sekian banyak informasi mengenai tata letak ruang dalam hunian, mungkin kamar mandi industrial menjadi area yang selalu dibicarakan. Ruangan satu ini harus ditempatkan dalam posisi yang tepat agar aura dan aliran di dalamnya berjalan dengan baik. Maka dari itu, usahakan untuk memperhatikan arah hadap kamar mandi pada hunian.

Selain letak kamar mandi secara keseluruhan, unsur di dalamnya pun juga harus diperhatikan. Contohnya seperti arah hadap kloset kamar mandi yang sebaiknya tidak menghadap jalan, ataupun membelakangi jalan. Hal ini menurut feng shui dipercaya dapat menghambat rezeki yang hadir dalam keluarga.

Baca juga: Model Kamar Mandi Minimalis Ukuran Kecil Untuk Rumah Mungil

7. Pisahkan Elemen Api dan Air yang Ada di Dapur

Intip yuk posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui. Apa benar keduanya tidak boleh saling berhadapan?
Source : Pinterest

Lima unsur yang selalu ilmu feng shui tekankan adalah api, air, kayu, logam dan tanah. Kelima unsur tersebut saling terkait satu sama lain namun ada beberapa yang tidak bisa disatukan. Salah satunya adalah air dan api. Untuk itu ada baiknya dalam posisi letak dapur dan kamar mandi yang baik adalah tidak berdekatan sekaligus memisahkan kedua unsur tersebut dalam satu ruang.

Bila lahan cukup, usahakan untuk membentuk segitiga untuk kedua elemen tersebut. Namun bila terbatas, bisa disiasati dengan berseberangan, ataupun menggunakan partisi agar tidak bersebelahan. Hal ini dipercaya untuk menghindari adanya perselisihan diantara penghuni di dalamnya.

8. Dapur dan Kamar Mandi Tidak Menghalangi Jalan

Source : Time Business News

Perhatikan letak kamar mandi dan dapur. Menurut feng shui, sebaiknya perabotan dapur dan kamar mandi tidak menghadap atau menghalangi akses jalan. Hal ini dikarenakan aura dan energi yang mengalir akan terhambat. Jika terhambat, rezeki juga akan terhambat.

Posisi perabotan ini juga dapat mempengaruhi keharmonisan dalam rumah antara keluarga.

9. Gunakan Warna Cerah

Source : HGTV

Menurut feng shui, warna cerah merepresentasikan kegembiraan dan kesehatan. Oleh sebab itu, gunakan warna-warna cerah untuk dapur dan perabotannya seperti laci kabinet dan lain sebagainya. Warna yang dianjurkan adalah warna kuning, biru, putih, dan lain sebagainya.

10. Jauhkan Kamar Mandi dengan Tempat Tidur

Source : Pinterest

Dalam prinsip feng shui, kamar mandi dilambangkan dengan elemen air, sedangkan kamar tidur adalah elemen udara. Hal ini diyakini dapat mengganggu kenyamanan kamu. Oleh sebab itu, jauhkan kamar mandi dari area tempat tidur.

Kamar mandi juga dapat membuat suasana kamar menjadi lembab. Hal ini kurang baik untuk kesehatan kamu, lho!

11. Hindari Kamar Mandi dan Ruang Ibadah yang Berdekatan

Source : Kompas

Dalam banyak ajaran agama, banyak yang menganggap kamar mandi sebagai tempat yang kotor sehingga energi yang dihasilkan pun kurang baik. Oleh sebab itu, jika kamu berencana untuk membuat ruang ibadah pastikan tidak berdekatan dengan kamar mandi, ya!

12. Perhatikan Penempatan Kamar Mandi di Lantai Atas

Source : Houzz

Teruntuk kamu yang memiliki rumah bertingkat dan berencana untuk meletakkan kamar mandi di lantai atas, perlu diperhatikan terlebih dahulu kecocokan lokasi dengan feng shui ya. Hindari membuat kamar mandi yang terdapat diatas kamar tidur, dapur, dan ruang ibadah. Hal ini dapat berakibat kepada keharmonisan rumah tangga.

Bagaimana penjelasan Pinhome di atas? Semoga dapat membantu Pins dalam menentukan posisi dapur dan kamar mandi yang baik sesuai feng shui ya! Jangan lupa untuk membaca pula artikel-artikel dari Pinhome lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui Untuk Denah Rumah Minimalis

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download