Intip Yuk Desain WC Jongkok Modern yang Tak Ketinggalan Zaman

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 12 August 2021 ∙ 7 menit membaca

Walaupun terkesan tradisional dan ketinggalan zaman, beberapa penghuni masih mengedepankan desain wc jongkok lho! Model kloset tersebut juga dianggap memiliki manfaat lebih baik dalam hal kesehatan dibandingkan kloset duduk.

Desain kloset jongkok pun seiring dengan perkembangan zaman menyesuaikan dengan tampilan modern. Seperti apa penampakannya? Terlampir Pinhome sajikan pilihan desain wc minimalis jongkok yang modern dan memiliki beragam keuntungannya pula bagi kesehatan. 

Baca Juga: Cara Memasang Kloset Jongkok Dengan Baik dan Mudah

Inspirasi Desain WC Jongkok Modern Kekinian

Bebagai inspirasi desain wc jongkok modern bisa menjadi solusi untuk menghadirkan kesan tradisional menjadi lebih modern. Berikut inspirasinya:

Desain WC Minimalis

desain wc jongkok modern
(squattoiletusa)

Desain wc minimalis dengan jenis kloset jongkok unik yang bisa kamu gunakan menjadi salah satu daya tarik sendiri dalam kamar mandi. Kamu bisa membuatnya tidak rata dengan alas lantai, namun tetap bervolume layaknya wc duduk. Agar kamar mandi terlihat luas, buatlah tempat membersihkan diri dengan ruang yang lebih luas dan pencahayaan maksimal. Selain itu, jangan lupa ya untuk mengaplikasikan keramik model kekinian dalam kamar mandi mu!

Baca Juga: 35+ Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Desain WC Jongkok Modern yang Estetis

(viga.cc)

Selain penggunaan keramik hitam putih yang modern, model wc minimalis dengan toilet jongkok bisa kamu buat menarik lho! Tambahkan beberapa dekorasi tanaman, maupun perabot kayu dalam kamar mandi. Maka tampilan wc jongkok di rumah tetap akan terlihat menarik. Inti dari kamar mandi dengan tampilan estetis adalah dekorasi dan desain interior di dalamnya. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan model toilet. Bila dekorasi sudah sangat mencolok, toilet pun akan terlihat modern.

Baca Juga: Desain Toilet Untuk Lansia

Desain WC Minimalis Industrial

desain wc jongkok modern
(doooway)

Nah, bangunan industrial masa kini yang banyak digunakan oleh anak muda ternyata juga bisa berlaku dalam area kamar mandi. Toilet jongkok milikmu akan terkesan modern dengan pengaplikasian material dinding tanpa finishing dan keramik lantai motif serupa. Lihat pada contohnya di atas. Kamu hanya perlu menambahkan bathtub maupun desain tempat cuci tangan dengan warna yang sama dengan toilet. Hasilnya tentu akan terlihat bersih dan terang. Untuk desain seperti ini, ada baiknya Pins selalu membersihkan secara berkala, agar kerak kamar mandi tidak mudah timbul yang mengakibatkan kamar mandi tidak indah kembali.

Baca Juga: Konsep Desain Kamar Mandi Batu Alam

Desain WC Jongkok Modern yang Simple

desain wc
(chloestravelogue)

Bila Pins pernah mengunjungi negeri Sakura, Jepang. Kamu akan banyak menemukan model toilet jongkok di atas. Desain modern dengan tampilan memanjang ini, cocok digunakan dalam desain dalam kamar mandi hunian. Bila luas kamar mandi terbatas, toilet model seperti ini sangat bagus karena jelas tidak akan memakan banyak tempat. Model wc minimalis bisa kamu buat menarik dengan pemakaian dinding berbahan keramik motif batu maupun dengan corak timbul. Dijamin kamar mandi kamu akan kian estetik!

Baca Juga: Pilihan Desain Interior Kamar Mandi Modern yang Simpel

Desain Modern dengan Warna Cerah

desain wc jongkok modern
(Instagram/designkamarmandi)

Model wc minimalis selanjutnya adalah penggunaan warna cerah atau ceria yang dapat membuat mood baik saat berada di dalamnya. Warna-warna menarik atau cerah yang berada pada kamar mandi bisa kamu padupadankan dengan toilet jenis jongkok sederhana. Walau terkesan sederhana, namun desainnya tetap modern dan tentunya kekinian. Lihat pengaplikasian bak mandi unik yang selaras dengan desain wastafel di atas. Menambah keunikan tersendiri dalam ruang bukan? 

Desain Asri Kekinian

(helloshabby)

Untuk hunian serba minimalis, ada desain menarik nih untuk menghemat ruang dalam hunian. Toilet jenis jongkok yang didesain dengan dekorasi tanaman hias mungil bisa menjadi salah satu ide yang menarik. Kamu bisa menaruhnya di sudut-sudut ruang hingga digantung pada sisi-sisi bagian yang kosong. Selain itu, coba gunakan alas kamar mandi bermotif agar desain tidak monoton dan semakin sedap dipandang. Untuk lebih menghemat ruang, ide desain pintu di atas yaitu geser bisa menjadi alternatif yang sangat baik.

Desain Kamar Mandi Menggunakan Alat Bantu

desain wc jongkok modern
(ubuy)

Bila Pins masih tidak menemukan desain yang tepat untuk toilet jongkok, Pins dapat menggunakan alat bantu yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Modelnya pun beragam dan tentunya dapat disesuaikan dengan desain toilet duduk di rumah. Oh iya Pins, ada juga beberapa desain toilet duduk yang dapat dibuat sebagai toilet jongkok lho! Jadi, jangan khawatir toilet kamu terlihat tidak modern. Dari banyaknya model, pasti salah satunya ada yang menarik hati.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Mandi, Mudah dan Nyaman

Desain Kamar Mandi dengan WC Jongkok dan Shower

(Pinterest)

Jika kamu memiliki kamar mandi yang kecil, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan konsep kamar mandi satu ini. Kamu dapat menggunakan WC model jongkok dan dikombinasikan dengan bak mandi dan shower.

Desain WC Jongkok dengan Bak Mandi

(Pinterest)

Desain kamar mandi dengan wc jongkok dan bak mandi sudah sangat sering ditemukan di rumah-rumah. Agar tidak tampak kuno, kamu dapat merubah warna ruang dengan mengganti cat atau keramik. Biasanya, warna putih atau abu-abu akan memberikan kesan kamar mandi yang luas dan elegan.

Desain Kamar Mandi WC Jongkok Hitam

(KiaMedia)

Kamu dapat mengkreasikan kamar mandi dengan menggunakan keramik berwarna hitam. Hal ini akan membuat kamar mandi terasa lebih elegan dan bersih. Selain itu, untuk membuatnya lebih serasi, kamu dapat mendesain area dinding dengan warna putih atau senada. Warna putih yang kotras dapat memberikan ilusi semacam pembatas ruang.

Desain Kamar Mandi Mewah

(Dekoruma)

Jika bosan dengan tema yang sederhana, kamu bisa mencoba desain toilet mewah satu ini. Kamu bisa mengkreasikan area lantai dengan menggunakan batuan agar membuat ilusi semacam jalan setapak. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan wallpaper motif batu alam dan dipadukan dengan keramik dinding warna earth tone. Dijamin kamar mandi akan tampak mewah seperti di resort.

Desain Kamar Mandi dengan Sekat

(Temonggo)

Memiliki kamar mandi yang dapat menampung semua kegiatan bersih-bersih dari mandi hingga sikat gigi memang sangat praktis. Untuk itu, kamu dapat mencoba desain kamar mandi dengan sekat satu ini. Tidak harus berupa sekat secara fisik, kamu dapat mendekorasinya dengan dua warna berbeda atau bermain dengan perbedaan elevasi. Hal ini akan membuat toilet memiliki area kering untuk wastafel, dan area basah untuk mandi dan buang air.

Desain Kamar Mandi Warna Pastel

(Polarumah)

Desain kamar mandi satu ini menggunakan warna-warna pastel sehingga memberikan kesan kalem yang nyaman dan tenang. Dengan warna pastel. kamar mandi yang kecil akan terasa lebih luas serta ceria.

Desain Kamar Mandi WC Jongkok dengan Rak

(Homeshabby)

Terkadang memiliki kamar mandi kecil menjadi sedikit kurang menguntungkan jika kamu memiliki banyak barang. Solusinya adalah dengan menggunakan rak sebagai alternatif penyimpanan.

Rak akan membuat kamar mandi lebih rapi dan tidak sumpek sehingga menjadi nyaman untuk digunakan dan tampak lebih bersih.

Desain Kamar Mandi WC Jongkok Monokrom

(Pinterest)

Agar kamar mandi dapat terlihat estetik dan rapi, kamu dapat menggunakan kombinasi warna monokrom. Beberapa contohnya adalah penggunaan keramik lantai dan dinding yang dilengkapi dengan perabot yang senada. Dijamin kamar mandi akan tampak lebih elegan dan nyaman untuk digunakan.

Keuntungan Memilih WC Model Jongkok

Selain posisi duduk yang benar saat beraktivitas, posisi pada saat kita buang air pun mempengaruhi kinerja dalam tubuh. WC jongkok yang terkesan ketinggalan zaman tersebut ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Seperti :

  • Melemaskan otot puborektalis yang biasanya menekan usus besar saat kita berdiri. Saat menggunakan toilet jongkok otot puborektalis akan tidak bekerja atau longgar. Dengan begitu feses akan lebih cepat keluar tanpa ada penyumbatan.
  • Membantu terhindar dari radang usus buntu maupun jenis penyakit usus lainnya.
  • Dalam posisi jongkok, Pins akan mengurangi tindakan mengejan, dengan begitu dapat terhindar dari penyakit wasir.

Itulah mengapa masih banyak penghuni yang senang dengan model wc jongkok. Selain desain wc jongkok modern yang kini sudah banyak bermunculan, manfaatnya pun cukup baik bagi kesehatan. Apa kini Pins ingin beralih ke model wc jongkok?

Baca Juga: Tips Membuat Desain Kamar Mandi Sehat


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia