Simak! Ini Dia Ukuran Jendela Kamar Mandi yang Ideal

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 20 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Kamar mandi adalah salah satu bagian dalam rumah yang memiliki sifat privasi besar. Namun bukan berarti ukuran jendela kamar mandi harus kecil atau bahkan tidak ada sama sekali untuk menjaga privasi itu sendiri.

Meski sering dipadu padankan dengan desain ataupun layout yang bagus, ukuran standar jendela kamar mandi sebaiknya tetap diperhatikan dan diterapkan agar sifat fungsionalnya tetap terjaga dan membuat sirkulasi kamar mandi berjalan baik.

Ukuran Jendela Kamar Mandi

Dari banyaknya referensi yang ada, sebenarnya hanya ada dua standar ukuran jendela kamar mandi yang ideal atau standar untuk diterapkan. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa dimodifikasi sesuai dengan ukuran kamar mandi atau pun dari selera pemilik rumah itu sendiri.

Untuk jendela standar yang minimalis yang biasa digunakan adalah ukuran 30 cm x 30 cm. Jendela ini berbentuk persegi atau kotak dan biasanya disebut standar mini. Ini adalah ukuran yang setidaknya dipilih untuk ukuran jendela kamar mandi.

Adapun untuk pilihan ukuran standar jendela kamar mandi lainnya adalah 50 cm x 40 cm yang berbentuk agak persegi panjang tapi tidak terlalu panjang. Ukuran ini diklaim tidak hanya tetap memberikan kesan privat tapi juga mampu membuat kamar mandi terasa lebih lapang. 

Sebenarnya, ukuran jendela masih bisa disesuaikan tergantung luasnya kamar mandi yang ada, tapi sebaiknya tidak lebih kecil dari standar yang ada di atas. Karena jendela tidak hanya sebagai alat dekorasi, tapi juga meminimalisir kadar kelembaban di dalam kamar mandi.

Baca Juga: Simak! Ukuran Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding yang Ideal

Tips Memilih Jendela Kamar Mandi

ukuran jendela kamar mandi
(Freepik/lifeforstock)

Ukuran Dinding

Meski Kamu memiliki luas kamar mandi yang besar tapi pemilihan sisi dinding untuk jendelanya tergolong kecil, tentu akan tidak ideal untuk ukurannya. Karena itu, pertama kali yang harus diukur tentu luas bidang bagian dinding yang diinginkan dipasang jendela.

Posisi jendela akan langsung menghadap ke luar rumah atau ke dalam rumah, ukuran dindingnya tetap harus diperhatikan. Hal tersebut agar jendela benar-benar fit dengan kamar mandi itu sendiri

Tentukan Desain Agar Berpadu dengan Baik

Selanjutnya, Kamu bisa menentukan desain dari jendela itu sendiri untuk memadukannya dengan desain kamar mandi agar lebih menyatu dan tidak kontras sehingga lebih sedap dipandang dan rasa nyaman di dalam kamar mandi lebih terasa.

Misalnya, jendela kotak biasa jika memilih desain minimalis untuk kamar mandimu. Atau memilih jendela yang memiliki ukuran tertentu jika menerapkan nuansa yang sama untuk kamar mandinya.

Ukuran Kusen dan Kaca

Jendela biasanya memiliki pinggiran kusen agar lebih kuat, apapun jenis kaca yang dipilih. Pastikan ada ruang sisa dari kusen jendela yang digunakan. Jangan memasang jendela di mana kusennya mentok sampai pinggir atau siku sudut dinding karena akan membuat jendela sulit dibuka dan ditutup.

Begitu juga dengan kaca yang dipilih, sebaiknya kaca standar yang digunakan untuk kaca di rumah, khususnya kamar mandi tidak memiliki ketebalan yang kurang dari 5 mm. Selain karena alasan fungsional, ketahanan kaca dan awetnya jendela juga bisa dipengaruhi dari ketebalan kaca itu sendiri. Sama seperti model kaca untuk jendela kamar mandi, ternyata ada beberapa jenis kaca yang bisa dipilih.

Baca Juga:

Ukuran Kaca Jendela Kamar Mandi

ukuran jendela kamar mandi
(Freepik/wirestock)

Berikut adalah beberapa jenis kaca jendela kamar mandi standar yang cocok digunakan di semua nuansa rumah atau ruangan terutama yang memilih gaya minimalis.

Frosted Glass

Frosted glass adalah tipe kaca yang buram dengan efek es dan sering dipilih karena meningkatkan kualitas estetika dari sebuah ruangan, tak terkecuali kamar mandi.

Tidak hanya yang full, tapi frosted glass juga ada yang berjenis setengah bagian buram, atau dipadukan dengan stiker yang membuat orang luar tidak bisa melihat bagian dalam kamar mandi tanpa mengurangi fungsinya sebagai ventilasi.

Folding Window

Sesuai namanya, folding window adalah kaca jendela lipat yang bisa dibuka. Tujuannya agar udara dan cahaya matahari bisa keluar dan masuk lebih banyak dan lebar. Tipe jendela lipat ini juga menambah sisi dekoratif sehingga lebih menawan.

Daun pintunya berengsel, dan dibuka tutup dengan cara didorong serta lebih menghemat tempat atau area pergerakan ketika dibuka karena dikumpulkan di satu sisi dan lebih ringkas.

Sliding Window

Berbeda dengan folding, sliding window ini bersifat geser yang juga lebih estetik dan tidak memakan area pergerakan di dalam ruangan kamar mandi. Tapi Kamu harus menyediakan area sisi dinding yang lebih panjang untuk rel jendela tersebut agar bisa digeser dengan leluasa.

Tantangan lainnya adalah harus rajin membersihkan rel atas dan bawahnya yang biasanya bermaterial besi yang rawan karat. Dan karena kamar mandi sering basah, kebersihan dan kelembaban daerah ini harus selalu diperhatikan.

Single / Double Hung

Jendela single hung adalah jendela yang sering ada di film-film Hollywood atau Jepang. Yaitu jendela yang hanya setengah bagian bawahnya yang bisa dibuka ke atas. Sementara untuk double hung adalah jendela dengan dua panel atau dua daun jendela. Di mana daun jendela bagian bawah bisa digeser atau dibuka ke atas, sebaliknya untuk daun jendela bagian atas bisa digeser untuk membukanya ke arah bawah.

Itu dia tadi beberapa referensi ukuran jendela kamar mandi yang ideal untuk diterapkan di berbagai rumah dan ruangan. Jangan lupa untuk memperhatikan dan menerapkan tips-tips yang sudah disampaikan di atas untuk menunjang sifat fungsional serta dekoratif dari jendela tersebut untuk kamar mandimu ya, Pins!

Featured Image Source: Freepik/vanitjan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia