BlogPemilik PropertiDesain HunianSimak! Ini Dia Ukuran Jendela Kamar Mandi yang Ideal
0
0

Simak! Ini Dia Ukuran Jendela Kamar Mandi yang Ideal

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamar mandi adalah salah satu bagian dalam rumah yang memiliki sifat privasi besar. Namun bukan berarti ukuran jendela kamar mandi harus kecil atau bahkan tidak ada sama sekali untuk menjaga privasi itu sendiri.

Meski sering dipadu padankan dengan desain ataupun layout yang bagus, ukuran standar jendela kamar mandi sebaiknya tetap diperhatikan dan diterapkan agar sifat fungsionalnya tetap terjaga dan membuat sirkulasi kamar mandi berjalan baik.

Ukuran Jendela Kamar Mandi

Dari banyaknya referensi yang ada, sebenarnya hanya ada dua standar ukuran jendela kamar mandi yang ideal atau standar untuk diterapkan. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa dimodifikasi sesuai dengan ukuran kamar mandi atau pun dari selera pemilik rumah itu sendiri.

Untuk jendela standar yang minimalis yang biasa digunakan adalah ukuran 30 cm x 30 cm. Jendela ini berbentuk persegi atau kotak dan biasanya disebut standar mini. Ini adalah ukuran yang setidaknya dipilih untuk ukuran jendela kamar mandi.

Adapun untuk pilihan ukuran standar jendela kamar mandi lainnya adalah 50 cm x 40 cm yang berbentuk agak persegi panjang tapi tidak terlalu panjang. Ukuran ini diklaim tidak hanya tetap memberikan kesan privat tapi juga mampu membuat kamar mandi terasa lebih lapang. 

Sebenarnya, ukuran jendela masih bisa disesuaikan tergantung luasnya kamar mandi yang ada, tapi sebaiknya tidak lebih kecil dari standar yang ada di atas. Karena jendela tidak hanya sebagai alat dekorasi, tapi juga meminimalisir kadar kelembaban di dalam kamar mandi.

Baca Juga: Simak! Ukuran Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding yang Ideal

Tips Memilih Jendela Kamar Mandi

ukuran jendela kamar mandi
Source : Freepik/lifeforstock

Ukuran Dinding

Meski Kamu memiliki luas kamar mandi yang besar tapi pemilihan sisi dinding untuk jendelanya tergolong kecil, tentu akan tidak ideal untuk ukurannya. Karena itu, pertama kali yang harus diukur tentu luas bidang bagian dinding yang diinginkan dipasang jendela.

Posisi jendela akan langsung menghadap ke luar rumah atau ke dalam rumah, ukuran dindingnya tetap harus diperhatikan. Hal tersebut agar jendela benar-benar fit dengan kamar mandi itu sendiri

Tentukan Desain Agar Berpadu dengan Baik

Selanjutnya, Kamu bisa menentukan desain dari jendela itu sendiri untuk memadukannya dengan desain kamar mandi agar lebih menyatu dan tidak kontras sehingga lebih sedap dipandang dan rasa nyaman di dalam kamar mandi lebih terasa.

Misalnya, jendela kotak biasa jika memilih desain minimalis untuk kamar mandimu. Atau memilih jendela yang memiliki ukuran tertentu jika menerapkan nuansa yang sama untuk kamar mandinya.

Ukuran Kusen dan Kaca

Jendela biasanya memiliki pinggiran kusen agar lebih kuat, apapun jenis kaca yang dipilih. Pastikan ada ruang sisa dari kusen jendela yang digunakan. Jangan memasang jendela di mana kusennya mentok sampai pinggir atau siku sudut dinding karena akan membuat jendela sulit dibuka dan ditutup.

Begitu juga dengan kaca yang dipilih, sebaiknya kaca standar yang digunakan untuk kaca di rumah, khususnya kamar mandi tidak memiliki ketebalan yang kurang dari 5 mm. Selain karena alasan fungsional, ketahanan kaca dan awetnya jendela juga bisa dipengaruhi dari ketebalan kaca itu sendiri. Sama seperti model kaca untuk jendela kamar mandi, ternyata ada beberapa jenis kaca yang bisa dipilih.

Baca Juga:

Ukuran Kaca Jendela Kamar Mandi

ukuran jendela kamar mandi
Source : Freepik/wirestock

Berikut adalah beberapa jenis kaca jendela kamar mandi standar yang cocok digunakan di semua nuansa rumah atau ruangan terutama yang memilih gaya minimalis.

Frosted Glass

Frosted glass adalah tipe kaca yang buram dengan efek es dan sering dipilih karena meningkatkan kualitas estetika dari sebuah ruangan, tak terkecuali kamar mandi.

Tidak hanya yang full, tapi frosted glass juga ada yang berjenis setengah bagian buram, atau dipadukan dengan stiker yang membuat orang luar tidak bisa melihat bagian dalam kamar mandi tanpa mengurangi fungsinya sebagai ventilasi.

Folding Window

Sesuai namanya, folding window adalah kaca jendela lipat yang bisa dibuka. Tujuannya agar udara dan cahaya matahari bisa keluar dan masuk lebih banyak dan lebar. Tipe jendela lipat ini juga menambah sisi dekoratif sehingga lebih menawan.

Daun pintunya berengsel, dan dibuka tutup dengan cara didorong serta lebih menghemat tempat atau area pergerakan ketika dibuka karena dikumpulkan di satu sisi dan lebih ringkas.

Sliding Window

Berbeda dengan folding, sliding window ini bersifat geser yang juga lebih estetik dan tidak memakan area pergerakan di dalam ruangan kamar mandi. Tapi Kamu harus menyediakan area sisi dinding yang lebih panjang untuk rel jendela tersebut agar bisa digeser dengan leluasa.

Tantangan lainnya adalah harus rajin membersihkan rel atas dan bawahnya yang biasanya bermaterial besi yang rawan karat. Dan karena kamar mandi sering basah, kebersihan dan kelembaban daerah ini harus selalu diperhatikan.

Single / Double Hung

Jendela single hung adalah jendela yang sering ada di film-film Hollywood atau Jepang. Yaitu jendela yang hanya setengah bagian bawahnya yang bisa dibuka ke atas. Sementara untuk double hung adalah jendela dengan dua panel atau dua daun jendela. Di mana daun jendela bagian bawah bisa digeser atau dibuka ke atas, sebaliknya untuk daun jendela bagian atas bisa digeser untuk membukanya ke arah bawah.

Itu dia tadi beberapa referensi ukuran jendela kamar mandi yang ideal untuk diterapkan di berbagai rumah dan ruangan. Jangan lupa untuk memperhatikan dan menerapkan tips-tips yang sudah disampaikan di atas untuk menunjang sifat fungsional serta dekoratif dari jendela tersebut untuk kamar mandimu ya, Pins!

Featured Image Source: Freepik/vanitjan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download