BlogPemilik PropertiDesain HunianJarak Tinggi Kran Shower dari Lantai yang Tepat
0
0

Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai yang Tepat

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 17, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mandi merupakan kebutuhan manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kesehariannya. Selain berperan sebagai pembersih tubuh dari kotoran dan minyak berlebih, mandi dapat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meremajakan otot-otot kamu Pins. Oleh karena itu, mandi penting dan dapat memberikan kenyamanan bagi tubuh. Berbicara kenyamanan mandi, kamu perlu menentukan jarak tinggi kran shower dari lantai agar memudahkan penggunaan dan ruang gerak di dalam kamar mandimu. Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Kamu dapat menemukan rumah mewah dan modern yang siap huni di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain di link tersebut, kamu juga dapat menemukan rumah mewan dan modern terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Ukuran Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding yang Ideal

Tinggi Ideal Kran Shower

Kenyamanan dalam kamar mandi perlu menjadi perhatian utama agar mendukung proses pembersihan tubuh kita sehari-hari. Salah satu faktor kenyamanan yang perlu diperhatikan adalah jarak tinggi kran shower dari lantai.

Perlu diingat standar tinggi kran shower akan berbeda-beda tergantung dari furnitur di dalam kamar mandi tersebut. Misalnya, kamar mandi yang memiliki bak dan tanpa bak mandi akan memiliki jarak tinggi kran shower dari lantai yang berbeda.

Ukuran paling standar jarak tinggi kran shower adalah sekitar 190 sampai 220 cm dari keramik lantai. Lalu, untuk ketinggian keran shower harus sekitar perut orang dewasa atau sekitar 90 cm. Jarak ini diambil dari standar atau rata-rata tinggi orang Indonesia ketika menggapai atau menggerakkan sesuatu dengan tangan.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Filter Air Kamar Mandi Sederhana

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Dalam menentukan jarak tinggi kran shower dari lantai yang tepat, kamu perlu memperhatikan beberapa faktor agar hasilnya bisa maksimal. Berikut ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

1. Siapa Penggunanya?

jarak tinggi kran shower dari lantai
Source : Freepik/Wirestock

Pemilihan kran shower juga tidak hanya sebatas alatnya saja, tapi sebaiknya juga dipikirkan siapa saja yang akan mengaksesnya. Apalagi kamar mandi adalah ruangan di dalam rumah yang pasti digunakan setiap harinya, berulang kali.

Jika ada anak-anak atau lansia yang menggunakan kran tersebut, sebaiknya pilih kran yang bisa menyala hanya dalam satu gerakan atau putaran. Jika memilih kran shower air panas dan dingin juga sebaiknya yang memiliki pengaturan mudah tanpa perlu menimbang-nimbang terlalu lama apakah suhu air terlalu dingin atau terlalu panas.

2. Tinggi Badan Anggota Keluarga

Tinggi badan anggota keluarga akan menentukan ketinggian pemasangan shower. Shower harus tetap berada setidaknya tujuh sampai 10 sentimeter di atas kepala, terlepas dari tinggi pemasangan apakah tetap dua meter atau tidak.

Jika di rumahmu terdapat anggota keluarga yang memiliki tinggi paling tinggi di antara yang lain, maka kamu dapat mempertimbangkan anggota keluarga tersebut. Dengan demikian, bisa memastikan semua anggota keluarga dapat memakai shower dengan nyaman walaupun anggota keluaga yang lebih pendek mungkin akan sedikit kesulitan.

Ketika sudah mengetahui anggota keluarga dengan tubuh paling tinggi, tambahkan setidaknya tujuh sentimeter ruang kosong sebelum memasang shower.

Baca juga: 10 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok Shower

3. Jenis Shower

jarak tinggi kran shower dari lantai
Source : Freepik/Wirestock

Selanjutnya adalah pemilihan gaya atau jenis kran shower. Kran model klasik atau yang memiliki tekstur mewah cocok untuk diterapkan di kamar mandi yang mengusung gaya vintage atau Eropa klasik. Sementara kran minimalis akan cocok dipasang di kamar mandi yang memadukan gaya kontemporer maupun industrialis karena terasa nuansa simpelnya.

Jenis shower juga akan mempengaruhi tekanan airnya. Kamu dapat memilih jenis rain shower yang cocok digunakan untuk ketinggian 2 meter.

4. Tekanan Air

Faktor yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah tekanan air shower. Posisi shower akan terpengaruh oleh tekanan air dari sistem pipa air. Apabila tekanan air cukup rendah, kamu dapat memposisikan shower sedikit lebih rendah.

Sedangkan, apabila air bertekanan tinggi hingga membuat kulit sakit, disarankan untuk memposisikan shower sedikit lebih tinggi.

Baca juga: Ini Dia Cara Pasang Shower Kamar Mandi dengan Tepat!

Tips Memasang Kran Shower

jarak tinggi kran shower dari lantai
Source : Fontana Shower

1. Mengecek Saluran Air

Tips pertama ketika memasang kran shower adalah mengecek saluran air. Saluran air harus berjalan dengan lancar, karena penggunaan shower membuat aliran ari menjadi cepat. Jika saluran terhambat, maka air yang keluar tidak deras.

Kemudian jangan lupa untuk membersihkan penutup saluran air agar tidak ada rambut yang tersangkut. Biasanya karena dipakai oleh wanita, banyak rambut rontok yang tersangkut di sana. Kalau begitu maka bisa membuat saluran mampet.

Baca juga: 5 Jenis-jenis Shower dan Perbedaannya

2. Memperhatikan Kencangnya Air Keluar

Tips kedua ketika memasang kran shower adalah memperhatikan kencangnya air yang keluar. Setiap kepala shower memiliki fitur yang berbeda-beda. Ada yang arus airnya cukup lebar hingga lebih kecil.

Pilihlah shower yang semprotannya bisa diatur. Dengan begitu shower akan lebih aman dipakai untuk berbagai kebutuhan.

3. Menggunakan Hand Shower

Salah satu shower yang mudah digunakan adalah hand shower. Hand shower memiliki kemudahan bergerak yang tinggi karena bisa kamu pegang selama proses mandi. Bahkan anak-anak pun bisa memegangnya.

Kamu dapat menggerakkan hand shower ke berbagai tubuh agar memudahkan proses kebersihan tubuh saat mandi.

Baca juga: 12 Merk Jet Shower Toilet Terbaik

4. Buat Sekat untuk Area Mandi yang Basah

Jika kamu memiliki kamar mandi yang cukup luas, maka kamu dapat membuat sekat di dalam kamar mandi kamu untuk membedakan area mana yang dapat menjadi tempat mandi dan yang mana area kering.

Selain itu air sabun yang berceceran tidak akan menyebar kemana-mana, kamu dapat mencegah licinnya ruangan.

5. Penggunaan Wall Shower

Selain hand shower, terdapat juga wall shower yang tertanam di tembok kamar mandi kamu. Jadi kamu tidak perlu memegang shower ketika mandi Pins.

Namun ditinjau dari sisi penghematan, wall shower ini lebih berkurang menghemat karena kepala shower tidak bisa diarahkan sendiri. Seluruh air akan keluar dari bagian atas kepala kamu.

Baca juga: 12 Rekomendasi Shower Kamar Mandi untuk Rumah Minimalis

Manfaat Memasang Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai yang Tepat

Setelah mengetahui tips memasang kran shower, kamu perlu mengetahui manfaat memasang jarak tinggi kran shower dari lantai yang tepat. Penting untuk menyesuaikan ketinggian shower agar tetap memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunanya, hal ini bertujuan agar air dapat mengalir dengan baik dan mencapai area kepala tanpa mengalami hambatan atau kesulitan.

Kemudian posisi jaraknya juga akan menentukan tekanan air yang dikeluarkan oleh shower. Kamu harus mengetahui seberapa besar tekanan air di rumah kamu, agar saat digunakan shower dapat memberikan kinerjanya dengan maksimal.

Itulah informasi mengenai jarak tinggi kran shower dari lantai dan beberapa tips-tipsnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca Juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download