BlogPemilik PropertiDesain HunianFengshui Kamar Mandi di Bawah Tangga dan Cara Mengakalinya
0
0

Fengshui Kamar Mandi di Bawah Tangga dan Cara Mengakalinya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 7, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
skylight kamar manditop-right-banner

Fengshui sering dijadikan pertimbangan dalam melakukan apapun dalam hidup, termasuk desain interior dan penempatan ruang. Artikel ini akan membahas tentang kamar mandi di bawah tangga menurut fengshui dan bagaimana solusinya.

Kamar mandi di bawah tangga bisa menjadi solusi untuk mengisi ruang kosong tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kamar mandi tambahan yang bisa difungsikan sebagai kamar mandi tamu. 

Sebelum lanjut, kamu bisa membuka Pinhome untuk membeli rumah di Bekasi seperti Samira Regency Bekasi atau The Mansion. Kamu yang ingin jual rumah bekas di Kab Bogor Utara bisa pasang iklan rumah di Pinhome

Baca juga: Kamar Mandi Feng Shui, Apa Saja?

Fengshui Kamar Mandi di Bawah Tangga

Fengshui Kamar Mandi di Bawah Tangga
Source : Pinterest

Bagi orang-orang yang percaya, setiap keputusan dalam hidupnya akan diselaraskan dengan apa kata fengshui. Termasuk membuat desain rumah, tata letak ruangan, hingga memfungsikan suatu ruangan pada suatu area tertentu. 

Hal ini juga berlaku ketika ingin membuat kamar mandi di bawah tangga. Orang-orang yang percaya akan mencari tahu bagaimana pendapat ahli fengshui terkait dengan keputusannya tersebut. 

Harus diakui bahwa kamar mandi memang tidak sewajarnya berada di bawah tangga. Penggunaan area bawah tangga biasanya hanya opsional dan bersifat tambahan saja agar ruang tersebut tidak kosong. 

Melansir Real Living, ketidakwajaran itu juga ditangkap oleh para ahli fengshui. Mereka pun berpendapat bahwa kamar mandi di bawah tangga tidak direkomendasikan. Alasannya, keputusan menempatkan kamar mandi di area itu bisa menghilangkan kekayaan. 

Dijelaskan, kamar mandi membawa elemen air yang sangat kuat. Sementara tangga merupakan perwujudan dari peningkatan dalam hidup, termasuk dalam hal karir dan kekayaan. Menurut fengshui, elemen air pada kamar mandi akan berdampak negatif. 

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui Untuk Denah Rumah Minimalis

Solusi Kamar Mandi di Bawah Tangga Fengshui

Fengshui Kamar Mandi di Bawah Tangga
Source : Pixabay

Karena elemen air dari kamar mandi bisa berdampak negatif pada kesuksesan, maka ahli fengshui pun tidak menyarankan untuk menempatkan kamar mandi di area tersebut. 

Namun, fengshui selalu memiliki solusi atas semua permasalahan. Seperti halnya unsur negatif yang akan terjadi ketika membuat kamar mandi di bawah tangga ini. Berikut beberapa solusi dan cara mengakali energi negatif ini menurut fengshui. 

1. Selalu Tutup Kamar Mandi

Kamu bisa menangkal energi negatif dari kamar mandi di bawah tangga dengan cara selalu menutup kamar mandi baik ketika digunakan maupun saat tidak digunakan. Selain untuk mencegah energi negatif menyebar, menutup pintu juga bisa menghalangi aroma tak sedap yang mungkin saja keluar dari kamar mandi. 

Energi negatif dalam ruangan tidak dapat keluar ruangan jika membiasakan menutup pintunya. Jangan sampai pintu kamar mandi terbuka terlalu lama bahkan membuat bau busuk di dalamnya keluar ke ruangan lain. Sebisa mungkin jaga kebersihan sehingga bau busuk tidak ada.

2. Beri Tanaman Hias

Fengshui Kamar Mandi di Bawah Tangga
Source : Pixabay

Beberapa tanaman dianggap fengshui bisa membawa hoki atau keberuntungan. Rupanya, tanaman fengshui juga bisa menjadi penangkal energi negatif yang timbul akibat adanya kamar mandi di bawah tangga. 

Tanaman hias dianggap mampu menghalau energi negatif dari kamar mandi. Bahkan tanaman hidup sangat efektif memperkuat aliran energi positif sekaligus membuat ruangan tampak lebih asri. Sebaiknya gunakan tanaman yang tahan hidup di ruangan lembab dan dalam rumah.

Baca juga: 5 Mitos Rumah Tusuk Sate, Apa Saja?

3. Pasang Cermin di Depan Kamar Mandi

Cermin merupakan salah satu benda yang dianggap mampu menangkal atau menyerap energi negatif yang menyebar. Caranya dengan meletakkan cermin di depan area yang dianggap sebagai sumber energi negatif tersebut. 

Nah, hal ini juga bisa kamu terapkan sebagai solusi kamar mandi di bawah tangga. Letakkan cermin di depan dan tepat menghadap kamar mandi agar energi negatif yang terpancar bisa ditangkal atau diserap oleh cermin tersebut. 

4. Tambahkan Jendela

Fengshui Kamar Mandi di Bawah Tangga
Source : Pixabay

Cara lain yang bisa dilakukan sebagai solusi kamar mandi di bawah tangga ini adalah dengan menambahkan jendela di area kamar mandi. Jendela dianggap bisa membuang energi negatif dari kamar mandi ke luar rumah. 

Namun solusi ini mungkin tidak bisa dilakukan pada semua rumah. Penambahan jendela kamar mandi hanya bisa dilakukan bagi yang salah satu sisi dinding kamar mandi memang menghadap ke luar. Jika kamar mandi bawah tangga berada di tengah-tengah area rumah, maka solusi ini tidak bisa dilakukan. 

5. Jaga Kebersihan Kamar Mandi

Energi negatif biasanya muncul dari ruangan yang tidak bersih. Maka, menjaga kebersihan bisa menjadi solusi untuk menghilangkan energi negatif dari suatu ruangan atau tempat. 

Solusi ini juga bisa kamu terapkan untuk menepis energi negatif dari kamar mandi di bawah tangga. Selalu pastikan kamar mandi dalam keadaan bersih, serta tambahkan pengharum ruangan jika diperlukan. 

Itulah ulasan lengkap mengenai fengshui kamar mandi di bawah tangga beserta cara ampuh untuk mengakalinya. Namun semuanya harus dikembalikan kepada keyakinan dan kepercayaan Pins masing-masing. Selain itu, memanfaatkan ruang di bawah tangga juga harus sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Featured Image Source: iStock Photo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download