BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali Karakteristik Kaca Riben dan 6 Keunggulannya
0
0

Kenali Karakteristik Kaca Riben dan 6 Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 23, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kaca riben merupakan salah satu material yang dipakai untuk pembatas dan lainnya. Nama lain dari kaca ini adalah tinted glass yang memiliki efek transparan dan bisa didesain sesuai style interior. Salah satu keunggulan kaca ini dapat menyerap panas matahari dan mengurangi intensitas cahaya yang masuk, jadi ruanganmu tidak akan terasa panas berlebih. Kaca riben ini banyak sekali digunakan di rumah futuristik. Simak artikel ini untuk mengetahui karakteristik dan keunggulan kaca riben!

Pins juga bisa menemukan rumah dengan halaman yang cukup besar di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Manfaatkan Rumah Ekslusif untuk menemukan rumah idaman kamu versi terbaik dari Pinhome.

Baca juga: 5 Desain Kamar Tidur Atap Kaca yang Unik

Definisi Kaca Riben dan Karakteristiknya

kaca riben pada kacamata
Source : Pxhere

Apa itu kaca riben? Kaca ini terbuat dari bahan baku yang memiliki warna khusus seperti abu-abu, coklat, biru dan hitam. Materialnya memakai tambahan metal oksidan sehingga lebih tebal. Dalam memproses kaca ini digunakan teknik float glass yakni membuat kaca transparan berwarna dengan memadupadankan raw material dengan mineral lainnya.

Imbasnya mampu menghasilkan warna transparan. Kaca ini bisa pula diproses menjadi buram dengan mempertimbangkan tinted glass frosted. Kacanya diproduksi kimiawi namun tidak mengalami kendala seperti mengelupas atau bercak.

Cocok sekali untuk hunian yang mengedepankan futuristik. Warna kaca riben yang bisa berwarna mampu menyerap panas matahari sehingga mengurangi intensitas cahaya.

Baca juga: 10 Model Kaca Kamar Mandi Minimalis

Keunggulan Kaca Riben

Ada banyak kelebihan kaca riben sehingga sering digunakan pada hunian modern. Adapun keunggulannya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Panas Berlebih

kaca riben untuk jendela
Source : Pxhere

Jika jendela di rumahmu mendapatkan panas berlebih bisa gunakan kaca ini untuk jendela atau langit-langit rumah. Salah satu keunggulannya adalah menahan sinar matahari hingga 55% sehingga ruangan terbebas dari udara panas berlebih. Pertimbangkan material ini sejak awal saat pembangunan rumah jika ingin memiliki pembatas kaca sebagai sekat maupun dinding hunian.

Baca juga: 17 Model Kaca Grafir Minimalis Terbaru

2. Membuat Hunian Lebih Sejuk

Ruangan akan lebih sejuk meskipun tanpa memakai AC. Apalagi jika aktivitasmu sering dilakukan di dalam ruangan. Pins dapat lebih hemat energi karena tidak perlu menyalakan pendingin udara maupun kipas terlalu sering. Pins dapat pula menggunakannya untuk membangun atap skylight agar kantor atau hunian tidak terlalu panas.

3. Mengurangi Resiko Bahaya Sinar UV

Source : Pexels

Kaca riben juga mampu meminimalisir udara panas dari matahari. Hal ini akan sangat efektif untuk melindungi diri dari bahaya sinar UV. Paparan sinar UV secara intens yang langsung ke kulit akan meningkatkan radikal bebas. Adanya radikal bebas mengundang banyak resiko penyakit kronis dan penuaan dini.

Pasang kaca ini di beberapa bagian hunian seperti jendela kamar tidur. Pins bisa pula memasangnya di area untuk duduk di ruang tamu atau teras rumah.

Baca juga: Daftar Harga Kaca per Meter Berdasarkan Jenisnya

4. Tingkatkan Keamanan Rumah

Keamanan dalam hal ini merupakan faktor penting saat membeli rumah. Kaca ini bisa meminimalisir adanya tindak kejahatan. Orang dari luar tidak bisa mengintip bagian dalam rumah. Sebaliknya Pins tetap bisa melihat aktivitas yang terjadi di luar rumah.

Tambahkan perlindungan ekstra seperti tirai atau gorden. Jika ingin cahaya matahari masuk ke dalam ruangan bisa membuka tirai tersebut begitupun sebaliknya.

5. Membuat Rumah Makin Artistik

Source : Pixnio

Variasi warna dari kaca ini akan membuat hunian terlihat artistik. Cahaya matahari yang menembus kaca menghasilkan pantulan warna indah pada bagian desain interior huniannya. Harganya juga terjangkau dan tak berbeda dengan kaca polos pada umumnya.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Ruang Tamu Dinding Kaca yang Menarik

6. Melindungi Perabotan

Tidak hanya sebagai pembatas namun kaca riben bisa pula disematkan pada perabotan. Misalnya pada lemari, meja dan lainnya yang menambah nilai estetik perabotan tersebut. 

Perabotan yang terkena sinar matahari secara langsung akan membuatnya mengalami penurunan warna. Jika menambah kaca sebagai pelapis luarnya akan menurunkan resiko tersebut. Selain itu penghuni rumah lebih nyaman karena resiko terkena penyakit akibat sinar UV bisa diminimalisir dengan baik.

Kekurangan Kaca Riben

Source : Qhomemart

Meskipun memiliki banyak sekali keunggulan dari kaca ini namun ada juga beberapa kekurangannya. Poin dibawah ini bisa juga malah menjadi keunggulan memilih kaca ini tergantung tujuanmu menggunakannya.

1. Tampilan Buram

Kaca ini sekilas mirip dengan kaca film karena pada dasarnya menggunakan reflektor. Riben memiliki reflektor dengan tingkat peredam panasnya hingga mencapai 80%. Dengan begitu walaupun buram malah tingkat privasi penghuni rumah akan terjaga.

Ketika terkena sinar matahari, kaca akan terlihat muncul bayang-bayang hitam. Dari segi kejelasan tampilan tentu akan merugikan saat berkaca di depan kacanya. Pins bisa menggunakan kaca ini untuk pintu depan maupun halaman belakang yang membatasi privasi dari orang luar.

Baca juga: 8 Referensi Model Kaca Kamar yang Aesthetic

2. Tidak Cukup Cahaya

Apabila hunian tergolong gelap sebaiknya tidak menggunakan kaca ini. Pasalnya kacanya digunakan untuk menghalau sinar matahari untuk masuk sehingga cahaya akan sangat minim. Bila digunakan di ruangan gelap akan menambah kegelapan ruangan tersebut.

Apalagi jika ruangan tanpa lampu akan semakin gelap gulita. Gunakan kaca bening biasa saja untuk hunian yang minim cahaya. Meskipun begitu rumah di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta yang bersuhu panas cocok sekali mengenakan kaca riben. Kaca riben memiliki variasi warna yang menarik karena tersedia dalam abu-abu, coklat, biru dan hitam.

3. Boros Energi

Kaca riben dapat memberikan kekurangan pada kegunaannya karena termasuk kaca yang membuat boros energi. Hal ini didasarkan pada sifat kaca tersebut yang memblokir sebagian cahaya matahari yang masuk. Oleh karena itu, ruangan yang menggunakan kaca riben akan membutuhkan banyak lampu untuk menjaga terangnya ruangan.

Baca juga: 10 Model Desain Pintu Kaca Kamar Mandi

4. Tidak Cocok Digunakan untuk Toko Penjualan

Biasanya pemilik toko akan memajang barang jualannya di bagian depan toko yang terhalang kaca atau disebut juga dengan display jualan. Penggunaan kaca riben sangat tidak cocok pada pertokoan, karena dapat membuat orang yang melewati toko tidak dapat melihat barang-barang yang dipajang.

Hal ini dikarenakan kaca riben tidak transparan dan buram.

5. Tidak Cocok dengan Beberapa Desain Ruangan

Kekurangan yang terakhir dari kaca riben adalah tidak cocoknya kaca riben digunakan pada beberapa desain ruangan yang bergaya modern, kontemporer, minimalis, dan ruangan yang hemat energi.

Beberapa desain ruangan tersebut selalu menggunakan kaca yang transparan dan membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah secara maksimal.

Itulah karakteristik, keunggulan, dan kekurangan kaca riben. Kaca jenis ini sering dipilih karena unggul dalam membuat hunian lebih sejuk. Meskipun begitu kekurangannya adalah tampilannya buram sehingga tidak cocok untuk ruangan yang gelap.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Pixnio


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download