BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Kamar Tidur Atap Kaca yang Unik
0
0

5 Desain Kamar Tidur Atap Kaca yang Unik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 9, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan terpenting di dalam rumah. Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang sangat penting, oleh karena itu sebaiknya dibuat seindah dan semenarik mungkin. Kamu sebenarnya bisa mendesain kamar tidur Kamu dengan desain yang unik agar semakin indah, menarik, mengesankan, bahkan menakjubkan. Salah satu desain unik tersebut adalah pembuatan kamar atap kaca di atas kamar tidur.

Kamar atap kaca membuatnya sangat terang di siang hari, dan Kamu bisa melihat  langit biru dengan jelas. Di malam hari, Kamu bisa dengan jelas menikmati keindahan bintang dan bulan  dari kamar Kamu. Kunjungi galeri foto kami di sini untuk mempelajari cara mendesain kamar tidur dengan atap kaca. Skylight kamar tidur  menjadi semakin populer dalam desain karena memberikan keindahan alami sekaligus membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Artikel ini akan memberi tahu Kamu lebih banyak tentang atap kaca untuk kamar tidur, termasuk manfaat, jenis atap kaca, pemasangan dan  perawatannya.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Keuntungan Atap Kaca

Source : Backsplash

Berikut ini adalah keuntungan kamar atap kaca yang harus kamu tahu:

1. Pencahayaan Alami

Atap kaca memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam kamar tidur sehingga menciptakan suasana cerah dan  menyegarkan. Sinar matahari  langsung dapat memberikan efek positif terhadap suasana hati dan kesehatan penghuninya.

2. Penghematan Energi

Dengan menggunakan sinar matahari, Kamu dapat meminimalkan penggunaan cahaya  di siang hari, sehingga menghemat energi dan tagihan listrik. Hal ini juga berdampak positif terhadap lingkungan.

3. Desain Interior yang Menarik

Atap kaca memberikan kesan modern dan elegan pada ruangan. Perpaduan antara keindahan alam dan desain yang indah menciptakan ruangan yang nyaman dan mengundang

Jenis Atap Kaca

Berikut ini adalah jenis dari kamar atap kaca yang harus kamu tahu:

1. Atap Kaca Fiks

Atap kaca tetap adalah jenis atap yang dipasang pada tempatnya dan tidak dapat dibuka. Jenis ini biasanya memberikan cahaya alami yang stabil dan estetika yang konsisten.

2. Atap Kaca Buka Tutup

Atap kaca jenis ini dapat dibuka atau ditutup sesuai  keinginan penghuni kamar tidur. Hal ini memungkinkan Kamu untuk mengatur sirkulasi udara dan mengontrol intensitas cahaya yang datang.

3. Atap Kaca Retraktabel

Atap kaca ini dapat ditarik kembali, memberi Kamu lebih banyak fleksibilitas  dalam mengendalikan cahaya dan udara. Ini cocok bagi mereka yang menginginkan variasi dalam pengalaman pencahayaan.  

Pemasangan Atap Kaca

Source : Pixabay

Berikut adalah tahapan pemasangan atap kaca yang perlu kamu ulik sebelum pasang:

Perencanaan

Langkah pertama dalam memasang atap kaca adalah perencanaan yang matang. Tujuannya adalah memilih jenis atap kaca, memantulkan sinar matahari dan menyesuaikannya dengan struktur bangunan.

Pengukuran dan Pembuatan

Setelah Kamu memiliki rencana, langkah selanjutnya adalah melakukan pengukuran yang tepat. Atap kaca kemudian diproduksi sesuai  spesifikasi yang  diukur.

Pemasangan oleh Profesional

Pemasangan atap kaca harus dilakukan oleh tenaga profesional yang berpengalaman. Prosesnya meliputi pemotongan atap, pemasangan rangka penyangga, dan penyegelan  atap kaca untuk mencegah kebocoran.

Perawatan Atap Kaca

Berikut ini adalah perawatan dari kamar atap kaca yang harus kamu tahu:

Pembersihan Rutin

Skylight memerlukan pembersihan rutin untuk menjaga kejernihannya. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan deterjen ringan dan spons bersih.

Periksa Kekuatan dan Kesehatan

Periksa secara berkala kekuatan dan kondisi atap kaca. Pastikan tidak ada retakan atau kerusakan yang dapat mempengaruhi fungsi.

Perlindungan dari Sinar Matahari Berlebih

Gunakan tirai atau gorden pada waktu-waktu tertentu untuk melindungi kamar tidur Kamu dari sinar matahari berlebih yang dapat membuat ruangan menjadi terlalu panas.

Desain Kamar Atap Kaca

Berikut ini adalah ide dari desain kamar atap kaca yang bagus:

1. Desain Industrial

Source : Design Milk

Desain kamar atap kaca yang pertama yaitu dengan tema haya industrial, Pins apakah suka dengan gaya yang satu ini? Dengan dilapisi cat dinding berwarna abu-abu yang membuat suasana menjadi lebih remang ditambah dengan lampu hias kuning.

Pemandangan dari atap kaca dan jedela menambah kesan tersendiri, tidak kalah bagusnya walaupun tanpa gambar lukisan di dinding kamar tidur.

2. Brick Wall

Source : NY Times

Kalo kamu suka tema unfinished, desain yang satu ini sangat cocok buat Kamu! Dengan tembok dari batu bata merah yang menambah kesan unik, ditambah juga bayang-bayang rangka jendela dari sinar matahari kamar atap kaca menjadikan suasana menjadi lebih nyaman dan homey.

3. Kamar Full Kaca

Source : Boston Globe

Ingin merasakan vibes sedang di hutan? Kamu bisa contek desain yang satu ini, Pins! Dengan atap full kaca dan juga dinding dari kaca transparan. Membuat suasana menjadi tidak ada batas antara kamar tidur dan juga pemandangan di luar.

Namun, desain ini hanya coock untuk daerah dingin dan juga tidak padat penduduk, terkhusus ditujukan untuk penginapan tempat wisata. Akan sangat sempurna apabila bisa liburan dengan suasan akamar tidur seperti itu ya, Pins!

4. High Ceiling

Source : Home Building

Atap kaca juga bisa diterapkan pada high ceiling loh Pins! Atap kaca diletakkan tepat di atas tempat tidur yang nyaman dari besi. Dengan aksen kayu di kamar, yang menambah kesan natural pada rumah. Terkesan rustic juga dengan interior kayu yang antik dan cantik!

5. Ala Hotel

Source : IQ Glass UK

Berikutnya yaitu apabila Kamu menyukai desain kamar yang seperti kamar hotel, inilah jawabannya! Ditambah dengan kesan yang lebih mewah lagi dengan atap kaca, membuat ruangan kamar tidur Kamu jadi lebih unik dan fancy!

Kisaran Harga Atap Kaca

Harga atapkaca bervariasi. Perhitungan harga kanopi kaca didasarkan pada total luas/volume kanopi kaca. Semakin luas cakupan wilayahnya maka semakin murah pula harganya.

Harga atap kaca  juga memperhitungkan bahan dan ukuran kusen yang digunakan, jenis kaca, serta ketebalan  atap kaca. Kisaran harga atap kaca (per meter) Rp 1,5 juta s/d Rp 2,6 juta.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download