BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Gapura Besi Unik dan Minimalis
0
0

15 Desain Gapura Besi Unik dan Minimalis

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 3, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
gapura besi uniktop-right-banner

Gapura besi unik merupakan kreasi gerbang sebagai pintu masuk dari besi yang dibentuk unik dan menarik. Desain gapura ini bisa beraneka ragam, karena besi bisa dikreasikan layaknya gapura dari bahan bambu.

Pembuatan gapura dari bahan besi cukup mudah. Biasanya gapura semacam ini bisa dipesan di tukang las. Kamu hanya perlu mencari desain yang diinginkan, nanti mereka sudah bisa membuat sesuai pesanan. 

Kamu yang tinggal di Srimaya Residence, Dar’ Ar-Rayan, atau perumahan di Bekasi lain bisa menjadikan desain gapura besi yang unik dan minimalis berikut ini sebagai gateway atau pintu masuk perumahan. Desain yang sama juga bisa diterapkan untuk memperindah rumah bekas di Kota Bandung

Baca juga: 12 Ide Kreatif Desain Gapura 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Mengenal Gapura dan Fungsinya

gapura besi unik
Source : Pixabay

Gapura adalah suatu struktur atau elemen arsitektur yang berfungsi sebagai pintu gerbang kecil atau akses masuk ke suatu area atau bangunan. 

Gapura seringkali menjadi titik fokus dalam desain arsitektur, terutama di kawasan bersejarah di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Istilah ini berasal dari bahasa Sanskerta “dwāra” yang berarti pintu.

Secara tradisional, gapura memiliki makna simbolis yang mendalam. Gapura sering dihiasi dengan ukiran, motif-motif artistik, atau simbol-simbol keagamaan, kultural, atau historis yang mencerminkan identitas dan makna khusus dari area atau bangunan tersebut. 

Selain itu, gapura di masa lalu juga berfungsi sebagai bentuk representatif dari nilai-nilai dan tradisi masyarakat di sekitarnya.

Berikut ini beberapa fungsi gapura yang perlu kamu ketahui. 

1. Pintu Gerbang

Fungsi utama gapura adalah sebagai pintu gerbang, yang merupakan akses masuk ke suatu wilayah atau bangunan. Gapura ini adalah tempat di mana orang dapat memasuki atau meninggalkan area yang dibatasi oleh gapura.

2. Penanda atau Identitas

Gapura sering digunakan sebagai penanda atau identitas suatu tempat, komunitas, atau bangunan. Desain dan ornamen pada gapura mencerminkan ciri khas dan keunikan dari daerah atau kelompok tersebut.

3. Simbolis dan Budaya

Gapura sering mengandung simbolisme yang mendalam, seperti simbol keberuntungan, perlindungan, atau kepercayaan agama tertentu. Mereka juga mencerminkan nilai-nilai budaya, tradisi, dan sejarah masyarakat di sekitarnya.

4. Estetika Arsitektur

Berikutnya, gapura sering dirancang dengan estetika arsitektural yang indah. Elemen desain seperti bentuk, tekstur, warna, dan ornamen digunakan untuk menciptakan penampilan yang menarik dan harmonis.

Baca juga: 13 Desain Gapura Keren untuk Perumahan atau Cluster

Gapura Besi Unik

Beberapa model gapura besi unik berikut ini bisa menjadi alternatif untuk akses masuk di kompleks perumahan atau rumah pribadi. Check this out!

1. Gapura Pintu Lipat

gapura besi unik
Source : Pinterest

Gapura dari bahan besi yang satu ini cukup simpel. Modelnya sederhana, hanya berupa kotak tanpa adanya ukiran. Namun pintu yang menjadi tempat akses keluar masuk berupa pintu lipat yang juga terbuat dari besi atau alumunium. 

Model gapura pintu gerbang seperti ini masih cukup langka. Biasanya pintu lipat terbuat dari bahan kayu, dan tidak dijadikan sebagai pintu gerbang rumah, melainkan pintu garasi atau pintu utama. 

2. Gapura Double Gate

gapura besi unik
Source : Pinterest

Model gapura ini biasa dijadikan sebagai akses keluar masuk perumahan. Desainnya terdiri dari dua pintu akses, yang biasanya dibagi untuk akses masuk dan akses keluar. 

Memang gapura ini tidak sepenuhnya menggunakan bahan besi, melainkan juga ada kayu, beton, dan sebagainya. Namun kerangka gapura pada umumnya menggunakan besi. 

3. Gapura Kerangka Daun

gapura besi unik
Source : Pinterest

Desain gapura seperti ini umumnya dipasang untuk akses masuk ke sebuah tempat wisata. Modelnya sederhana, dengan bahan yang sepenuhnya dari besi. Pada bagian tengah ada aksen kerangka daun untuk membuat desain gapura hidup dan tidak kaku. 

Baca juga: Ini Dia 3 Ukuran Tangga Putar Ideal dan Cara Menghitungnya

4. Gapura Pedang Pora

gapura besi unik
Source : Pinterest

Desain gapura ini mirip seperti prosesi pedang pora yang biasa digelar saat seorang prajurit TNI melangsungkan pernikahan. Dalam prosesi itu, beberapa prajurit akan berbaris saling berhadapan dengan mengacungkan pedang ke arah atas, sedangkan mempelai akan lewat di tengahnya. 

Gapura ini dibuat layaknya prosesi tersebut. Bagian kaki dibuat dari cor beton agar kokoh, sementara lempengan besi dibuat mengacung ke atas secara teratur. 

5. Gapura Besi Patah

gapura besi unik
Source : Pinterest

Sebenarnya model gapura ini terbuat dari dua besi yang tidak saling menyambung satu sama lain. Namun ketika terpasang, kedua besi ini akan menimbulkan kesan layaknya setengah lingkaran besi yang patah. 

Desain gapura besi ini cukup unik dan simpel. Bagian kaki tetap membutuhkan beton untuk menjamin kekuatannya. Adapun gambar di atas merupakan penampakan sebuah monumen di St. Petersburg, Rusia.

6. Gapura Pintu Rumah

gapura besi unik
Source : Pinterest

Gapura adalah akses keluar masuk yang tidak hanya untuk gerbang depan atau gerbang perumahan dan tempat lain. Ada jenis gapura yang bisa digunakan untuk pintu utama di rumah. 

Model gapura di pintu rumah ini dipasang pada bagian dinding luar di atas daun pintu. Desainnya dibuat klasik layaknya rumah atau bangunan di Eropa agar menambah nilai estetika rumah. 

7. Gapura Fauna

gapura besi unik
Source : Pinterest

Gapura Fauna adalah desain gapura yang terinspirasi oleh hewan atau makhluk-makhluk dari dunia fauna. Desain ini mengintegrasikan elemen-elemen dari berbagai hewan, baik secara realistis maupun stilistik, untuk menciptakan struktur pintu atau gerbang yang unik dan menarik.

8. Gapura Flora

gapura besi unik
Source : Pinterest

Gapura Flora adalah desain gapura yang terinspirasi oleh berbagai elemen tumbuhan, seperti daun, bunga, ranting, dan motif alam lainnya. Desain ini memadukan keindahan alam dan kemegahan tumbuhan ke dalam struktur pintu atau gerbang, menciptakan tampilan yang estetis dan alami.

Baca juga: 9 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

9. Gapura Klasik

gapura besi unik
Source : Pinterest

Desain gapura yang mengusung nuansa klasik dan megah ini menggunakan besi sebagai material utama dengan desain yang mengingatkan pada era klasik atau seni arsitektur tradisional.

10. Gapura Modern

gapura besi unik
Source : pinterest

Gapura ini mencerminkan estetika kontemporer, menggunakan elemen-elemen dan gaya arsitektur modern. Desain ini menonjolkan sederhana, kebersihan garis, dan inovasi teknologi dalam penggunaan material dan bentuk.

11. Gapura Besi Hollow

gapura besi unik
Source : Pinterest

Gapura ini mengacu pada desain gapura yang menggunakan material besi hollow sebagai komponen utamanya. Besi hollow adalah pipa atau balok berbentuk kotak atau persegi panjang dengan bagian dalam berongga. Material ini cukup umum digunakan dalam konstruksi karena ringan, kuat, dan mudah dibentuk sesuai kebutuhan. 

12. Gapura Aesthetic

gapura besi unik
Source : Pinterest

Gapura Aesthetic adalah desain gapura yang menekankan pada estetika dan keindahan. Gaya ini mencakup elemen-elemen yang menciptakan tampilan yang artistik, indah, dan sering kali unik. 

13. Gapura Zen

Source : Behance

Gapura bernuansa Jepang ini mengadaptasi filosofi Zen. Kesannya teduh, bersih dan nyaman cocok untuk pintu gerbang bangunan perkantoran atau perumahan.

14. Gapura Asimetris

Source : BLKP

Model asimetris ternyata juga sangat menarik untuk desain gapura. Bentuknya unik dan tidak membosankan sebab gapura ini tidak berbentuk simetris layaknya gapura pada umumnya.

15. Gapura Bernuansa Tropis

Source : Designboom

Arsitektur gapura ini menarik karena menggabungkan antara nuansa tropis yang meneduhkan. Apalagi dipadukan dengan konstruksi kayu dan besi yang kokoh juga menciptakan suasana hangat.

Itulah 15 inspirasi desain gapura besi unik yang elegan dan simpel. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya untuk akses masuk ke rumah atau perumahan. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download