BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Ide Desain Rumah Kotak Minimalis & Keunggulannya
0
0

8 Ide Desain Rumah Kotak Minimalis & Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Sep 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah kotak minimalis semakin diminati karena tampilan fasad terlihat berbeda dengan rumah pada umumnya. Fasad memiliki atap yang datar dan bisa ditambahkan lantainya tanpa membongkar atap secara keseluruhan.

Rumah kotak juga menggunakan berbagai bahan material untuk konstruksi hunian. Tidak hanya berbahan dasar beton atau batu bata saja juga memakai logam. Konsep rumah bekas di Jakarta Barat yang geometris ini mirip dengan rumah Jepang minimalis dan berikut pilihan ide inspirasinya:

Ide Desain Rumah Kotak Minimalis

Bentuk fasad tak kalah penting dengan material atau gaya arsitektur hunian. Rumah kotak menjadi solusi hunian modern dari gaya sederhana namun tetap sedap dipandang.

Ciri khas dari rumah kotak adalah bagian jendelanya berukuran besar. Tujuannya agar lebih indah secara visual baik dari luar maupun dalam rumah di Tangerang Selatan

Desain Rumah Black & White

desain Rumah Kotak dengan halaman dan gerbang kayu
Source : Unsplash

Bagi pecinta monokrom fasad hitam putih bisa jadi pilihan. Warna hitam mengesankan kemewahan dan elegan. Sementara warna putih akan membuat hunian terasa lebih lapang.

Bagian fasad lantai teratas dapat memakai warna hitam dan dipadukan dengan jendela kaca vertikal. Tujuannya agar cahaya bisa masuk dengan mudah ke dalam hunian.

Baca juga:

Desain Rumah Open Space

Desain Rumah Kotak dengan kolam ikan
Source : Unsplash

Rumah dengan konsep open space selalu diminati karena mengedepankan hunian yang ramah lingkungan. Cirinya adalah mampu meningkatkan pencahayaan di dalam rumah dengan memakai jendela yang lebar.

Bagian dalam rumah terlihat jelas dan dekat dengan alam. Hunian seperti ini biasanya bersanding dengan halaman hijau yang luas.

Rumah memiliki banyak jendela agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Dengan begitu penggunaan AC bisa pula ditekan seminimal mungkin.

Desain Rumah Container Bertumpuk

Desain Rumah Kotak dengan bahan kontainer diatas laut
Source : Unsplash

Ingin tampil anti mainstream? mungkin Pins dapat mencoba rumah kotak minimalis dengan memakai kontainer bekas. Bahan materialnya ringan namun kokoh terhadap gempa dan bisa dipindahkan dengan mudah.

Bahan kontainer cenderung mudah panas apalagi saat matahari sedang tinggi. Untuk menanggulangi tersebut, kontainer dapat dicat dengan warna cerah agar memantulkan sinar matahari.

Desain Rumah Memanjang Kesamping

Desain Rumah Kotak satu lantai yang memanjang berwarna biru
Source : Unsplash

Lahan hunian cenderung memanjang bisa memakai desain di atas. Desain rumah kotak minimalis ini memanjang dengan atap datar lebih baik tidak memakai sekat dalam interiornya.

Dengan begitu ruangan satu dengan lainnya tidak terasa sempit. Selain itu bagian garasi bisa terletak di depan rumah dengan memadukan tema garis atau kotak pada bagian jendelanya.

Desain Rumah 1 Lantai

Desain Rumah Kotak minimalis untuk satu orang dengan teras
Source : Unsplash

Desain rumah kotak minimalis satu lantai cocok untuk mereka yang masih tinggal sendiri. Bagian teras bisa ditambahkan atap maupun tampil terbuka. Visual fasadnya memakai kaca agar terlihat lebih lapang.

Material bangunan menggunakan kayu sebagai bahan dinding dan lantainya. Dengan begitu hunian akan terasa lebih hangat meskipun desainnya sederhana.

Baca juga:

Desain Rumah 2 Lantai

Source : Unsplash

Desain rumah kotak minimalis dengan kombinasi kaca kini sering jadi pilihan. Konstruksinya didukung pula dengan kayu dan logam. Kesan industrial kental terasa bahkan dari visual luarnya.

Rumah kotak dua lantai berbalut kaca ini mampu menghemat listrik untuk penerangan. Cahaya sinar matahari dapat dengan mudah masuk dan tampilannya unik.

Tambahkan tirai jika ingin menjaga privasimu saat berada di rumah. Desain hunian di atas juga cocok untuk tempat usaha seperti cafe.

Desain Rumah 3 Lantai

Source : Unsplash

Fasad rumah tiga lantai terlihat kokoh dan tidak ringkih. Apalagi menyerupai apartemen seperti pada gambar di atas. Pastikan setiap lantai memiliki jendela sebagai sirkulasi udara.

Hunian tiga lantai cocok untuk lahan yang terbatas. Bagian atap bisa pula difungsikan untuk taman. Atapnya yang datar dapat pula digunakan untuk area bersantai.

Desain Rumah Modern Kontemporer

Desain Rumah Kotak dengan pagar beton
Source : Unsplash

Rumah kotak minimalis bisa tampil modern dengan gaya kontemporer. Plafon hunian dibuat tinggi sehingga terasa lebih mewah. Penggunaan warna putih yang mendominasi namun tetap dipadukan dengan warna kontras seperti abu-abu.

Karakteristik hunian modern kontemporer memiliki elemen garis. Meskipun terlihat sederhana namun dekoratif. Elemen garis adalah ornamen klasik dalam gaya kontemporer. 

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern

Keunggulan Desain Rumah Kotak

Source : Unsplash

Selain dari segi visual ternyata ada keunggulan dari desain rumah kotak ini. Rumah kotak mengesankan minimalis dan atapnya yang datar dapat dijadikan teras maupun kebun. Selain itu ada beberapa keunggulan lainnya yang bisa disimak di bawah ini:

Anti Mainstream

Kebanyakan hunian di Indonesia cenderung berbentuk limas. Memakai desain rumah kotak minimalis tidak terasa monoton dan unik. Tampilannya berbeda apalagi dibandingkan dengan jajaran rumah tetangga. 

Desainnya ada yang memanjang ke atas dan memanjang ke samping. Konsep lebar tetap stylish dan menarik.

Landscape Indah

Ciri khas rumah kotak adalah adanya lahan hijau. Tak perlu luas namun tetap menambah keasrian hunian. Apalagi hunian memiliki jendela kaca yang lebar. Landscape indah meskipun lahannya terbatas dan menyatu dengan alam.

Smart Living

Desain rumah kotak minimalis juga dekat dengan konsep smart living. Rumah kotak dilengkapi dengan fitur modern, praktis dan efesien. Ada banyak furniture modular dan hemat energi yang dimilikinya.

Menciptakan Ruang Esktra

Rumah dengan desain unik ini juga mampu menciptakan ruang ekstra. Desain rumah kotak akan lebih besar secara vertikal. Khususnya di sebelah kiri dan kanannya serta bagian halaman terasa lebih luas.

Desain rumah kotak minimalis sering dipilih karena atapnya datar. Atap seperti ini mudah menambahkan lantai tanpa membongkar atap secara keseluruhan serta visual fasadnya menarik dan unik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Aerium at Taman Permata Buana dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download