Ide Desain Rumah Kotak Minimalis & Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 15 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Desain rumah kotak minimalis semakin diminati. Dari luar tampak berbeda dengan rumah pada umumnya. Fasadnya memiliki atap yang datar dan bisa ditambahkan lantainya tanpa membongkar atap secara keseluruhan.

Rumah kotak juga menggunakan berbagai bahan material untuk konstruksi hunian. Tidak hanya berbahan dasar beton atau batu bata saja juga memakai logam. 

Konsep rumah geometris ini mirip dengan rumah Jepang minimalis dan berikut pilihan ide inspirasinya :

Ide Desain Rumah Kotak Minimalis

Bentuk fasad tak kalah penting dengan material atau gaya arsitektur hunian. Rumah kotak menjadi solusi hunian modern dari gaya sederhana namun tetap sedap dipandang.

Ciri khas dari rumah kotak adalah bagian jendelanya berukuran besar. Tujuannya agar lebih indah secara visual baik dari luar maupun dalam rumah. 

Black & White

(Unsplash)

Bagi pecinta monokrom fasad hitam putih bisa jadi pilihan. Warna hitam mengesankan kemewahan dan elegan. Sementara warna putih akan membuat hunian terasa lebih lapang.

Bagian fasad lantai teratas dapat memakai warna hitam. Dipadukan dengan jendela kaca vertikal. Tujuannya agar cahaya bisa masuk dengan mudah ke dalam hunian.

Baca juga : Mengolah Fasad Rumah Agar Cantik dan Hemat

Open Space

(Unsplash)

Rumah dengan konsep open space selalu diminati. Cirinya adalah mampu meningkatkan pencahayaan di dalam rumah dengan memakai jendela yang lebar.

Bagian dalam rumah terlihat jelas dan dekat dengan alam. Hunian seperti ini biasanya bersanding dengan halaman hijau yang luas. Rumah open space mengedepankan hunian yang ramah lingkungan.

Tidak hanya dari segi pencahayaan melainkan juga sirkulasi udara. Dengan begitu penggunaan AC bisa pula ditekan seminimal mungkin.

Container Bertumpuk

(Unsplash)

Ingin tampil anti mainstream ? mungkin Pins dapat mencoba rumah kotak minimalis dengan memakai kontainer bekas. Bahan materialnya ringan namun kokoh terhadap gempa.

Selain itu bisa dipindahkan dengan mudahnya. Bahan kontainer cenderung mudah panas apalagi saat matahari sedang tinggi. Untuk menanggulangi tersebut, kontainer dapat dicat dengan warna cerah agar memantulkan sinar matahari.

Memanjang Kesamping

(Unsplash)

Lahan hunian cenderung memanjang bisa memakai desain diatas. Rumah memanjang dengan atap datar lebih baik tidak memakai sekat dalam interiornya.

Dengan begitu ruangan satu dengan lainnya tidak terasa sempit. Selain itu bagian garasi bisa terletak di depan rumah. Pins dapat memadukan tema garis atau kotak pada bagian jendelanya.

1 Lantai

(Unsplash)

Hunian fasad kotak satu lantai cocok untuk mereka yang masih tinggal sendiri. Bagian teras bisa ditambahkan atap maupun tampil terbuka. Visual fasadnya memakai kaca agar terlihat lebih lapang.

Material bangunan menggunakan kayu sebagai bahan dinding dan lantainya. Dengan begitu hunian akan terasa lebih hangat meskipun desainnya sederhana.

Baca juga : Macam-Macam Bentuk Atap Rumah Modern Berbagai Gaya

2 Lantai

(Unsplash)

Rumah dengan tema kaca kini sering jadi pilihan. Konstruksinya didukung pula dengan kayu dan logam. Kesan industrial kental terasa bahkan dari visual luarnya.

Rumah kotak dua lantai berbalut kaca ini mampu menghemat listrik untuk penerangan. Cahaya sinar matahari dapat dengan mudah masuk dan tampilannya unik.

Tambahkan tirai jika ingin menjaga privasimu saat berada di rumah. Desain hunian diatas juga cocok untuk tempat usaha seperti cafe.

3 Lantai

(Unsplash)

Fasad rumah tiga lantai terlihat kokoh dan tidak ringkih. Apalagi menyerupai apartemen seperti pada gambar diatas. Pastikan setiap lantai memiliki jendela sebagai sirkulasi udara.

Hunian tiga lantai cocok untuk lahan yang terbatas. Bagian atap bisa pula difungsikan untuk taman. Atapnya yang datar dapat pula digunakan untuk area bersantai.

Modern Kontemporer

(Unsplash)

Rumah kotak minimalis bisa tampil modern dengan gaya kontemporer. Plafon hunian dibuat tinggi sehingga terasa lebih mewah. Penggunaan warna putih yang mendominasi namun tetap dipadukan dengan warna kontras seperti abu-abu.

Karakteristik hunian modern kontemporer memiliki elemen garis. Meskipun terlihat sederhana namun dekoratif. Elemen garis adalah ornamen klasik dalam gaya kontemporer. 

Baca juga : 12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern

Keunggulan Desain Rumah Kotak

(Unsplash)

Selain dari segi visual ternyata ada keunggulan dari desain rumah kotak ini. Rumah kotak mengesankan minimalis dan atapnya yang datar dapat dijadikan teras maupun kebun.

Selain itu ada beberapa keunggulan lainnya yang bisa disimak dibawah ini :

Anti Mainstream

Kebanyakan hunian di Indonesia cenderung berbentuk limas. Memakai desain kotak tidak terasa monoton dan unik. Tampilannya berbeda apalagi dibandingkan dengan jajaran rumah tetangga. 

Desainnya ada yang memanjang ke atas dan memanjang ke samping. Konsep lebar tetap stylish dan menarik.

Landscape Indah

Ciri khas rumah kotak adalah adanya lahan hijau. Tak perlu luas namun tetap menambah keasrian hunian. Apalagi hunian memiliki jendela kaca yang lebar. Landscape indah meskipun lahannya terbatas dan menyatu dengan alam.

Smart Living

Desain hunian juga dekat dengan konsep smart living. Rumah kotak dilengkapi dengan fitur modern, praktis dan efesien. Ada banyak furniture modular dan hemat energi yang dimilikinya.

Menciptakan Ruang Esktra

Rumah dengan desain unik ini juga mampu menciptakan ruang ekstra. Desain rumah kotak akan lebih besar sexara vertikal. Khususnya di sebelah kiri dan kanannya serta bagian halaman terasa lebih luas.

Desain rumah kotak minimalis sering dipilih karena atapnya datar. Atap seperti ini mudah menambahkan lantai tanpa membongkar atap secara keseluruhan. Visual fasadnya menarik dan unik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia