BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Model Atap Rumah yang Hemat Biaya
0
0

16 Model Atap Rumah yang Hemat Biaya

Dipublikasikan oleh Ambar Eka Purbowani dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 18, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Setiap orang membutuhkan tempat tinggal untuk keberlangsungan hidup mereka. Setiap dari mereka pasti memiliki tempat tinggal impian untuk ditinggali di masa tua nanti. Namun seperti yang kita tahu, untuk memiliki tempat tinggal bukanlah suatu hal yang mudah. Kita harus memiliki dana yang cukup untuk pembangunan tersebut. Atap menjadi komponen yang penting dalam pembangunan rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui model atap rumah yang hemat biaya!

Pins bisa mencari rumah idaman di Pinhome yang siap untuk dihuni di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Pins juga bisa menggunakan fitur PinValue untuk mencari tahu detail informasi rumah yang Pins ingin ketahui.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Eternit Atap Rumah

Model Atap Rumah yang Hemat Biaya

Kamu tentunya perlu menyiapkan dana yang cukup banyak untuk membangun murah. Untuk inspirasi membuat rumah minimalis, Pins telah merangkum model atap rumah yang hemat biaya di era modern seperti sekarang ini.

Akan tetapi di era modern seperti sekarang, sudah ada desain rumah minimalis yang dapat menghemat biaya lumayan banyak. Tentunya rumah minimalis akan memaksimalkan fungsi dari semua bagian rumah tersebut, termasuk atap.

1. Atap Rumah Sandar (Skillion)

model atap rumah yang hemat biaya
Source : Sydneyroof

Untuk kamu yang ingin rumah rumah desain minimalis yang dapat menghemat biaya. Kamu dapat mencoba model atap rumah yang hemat biaya sandar ini. Desain atap seperti ini juga disebut dengan atap skillion. Ciri khas yang melekat dari model ini adalah di mana satu atap tunggal terpasang pada dinding rendah ke yang lebih tinggi.

Jika dilihat sekilas mata, atap ini mirip sebuah tanjakan di atas rumah. Kelebihan atap model ini adalah mudah dibangun dan penggunaan material yang sedikit. 

2. Atap Rumah Miring

Source : Pixabay

Model atap rumah yang hemat biaya ini terlihat mirip sekali dengan model sandar. Tetapi perbedaannya dapat terlihat dengan mudah. Jika stap sandar hanya memiliki satu atap tunggal. Atap miring mempunyai satu sisi atap yang lebih rendah dari atap satunya lagi.

Desain seperti ini dapat memudahkan aliran air hujan lebih lancar dan tahan lama. Selain itu model miring juga memperindah bagian eksterior rumah kamu.

3. Atap Rumah Datar (Flat)

model atap rumah yang hemat biaya
Source : pixabay

Model atap rumah yang hemat biaya yang satu ini, merupakan desain yang paling digemari oleh pecinta rumah minimalis. Karena jenis atap datar, benar- benar dapat memaksimalkan penggunaan atap sebagai kegiatan di rumah. Biasanya atap datar dapat dijadikan sebagai kebun bunga, tempat bersantai, bahkan menjemur pakaian. 

Baca juga: 4 Desain Dapur Modern Untuk Hunian Kamu

4. Atap Rumah Pelana (Gable)

Rumah kayu cerah
Source : Mirach Interior

Atap jenis ini ternyata dapat diaplikasikan untuk membangun rumah minimalis. Dengan membangun rumah dengan jenis atap ini, dapat menambah nilai elegan pada rumah kamu. Selain desain yang memiliki dua sisi miring ini, sangat membantu untuk meredam suara hujan yang berisik.

Jadi untuk kamu yang mudah terganggu dengan suara berisik, kamu dapat mencoba model atap pelana rumah yang hemat biaya.

5. Atap Rumah Perisai (Hip)

model atap rumah yang hemat biaya
Source : harapanrakyat

Model atap rumah yang hemat biaya ini sangat bagus untuk kamu yang mencari desain minimalis yang terlihat sederhana. Selain desainnya yang tampak sederhana, model perisai juga sangat memproteksi dari segala jenis cuaca.

Model ini memiliki model atap segitiga di dua sisi dan berbentuk trapesium di dua sisi lainnya. Jenis atap perisai dapat dengan mudah kamu temukan di negara Indonesia.

Baca juga: Langkah-langkah Membuat Desain Rumah Online

6. Atap Rumah Kubah (Dome)

Source : ArtikelRumah123

Sesuai dengan nama yang diberikan. Model atap rumah yang hemat biaya ini akan nampak seperti desain kubah masjid tapi versi kecil namun lebih mewah. Uniknya lagi model atap ini dapat memberikan kesan rumah pada zaman dahulu.

Walaupun begitu, model ini tidak ketinggalan zaman dan masih cocok untuk digunakan di era modern. Bentuknya yang seperti kubah. memberikan manfaat untuk mengalirkan air hujan dengan mudah.

7. Atap Rumah Prancis (Mansard)

Source : hausbaudirekt

Model atap mansard juga disebut dengan model prancis, atau pinggul. Model ini memiliki ciri khas desainnya yang bergaya Eropa. Selain gaya uniknya, atap ini juga memiliki dua lorong dari masing-masing sisinya.

Model atap rumah yang hemat biaya ini dapat kamu manfaatkan untuk menambah ruang luas di bagian loteng. Dengan model yang seperti ini, kamu dapat memanfaatkan bagian atap semaksimal mungkin.

8. Atap Rumah Jerkinhead

Model atap rumah yang hemat biaya ini merupakan penggabungan dari model gable dan hip. Kelebihannya terletak di daya tahannya yang lebih kuat dari model gable biasa. Model ini juga dapat menciptakan ruang untuk loteng. Selain itu atap model ini juga akan terlihat indah dan unik jika di aplikasikan di Indonesia.

9. Atap Rumah Kupu-kupu (Butterfly)

Source : denisov-arch

Model atap yang satu ini terlihat seperti sayap kupu-kupu yang membentuk huruf V. Atap butterfly cocok diaplikasikan untuk rumah tropis, ramah lingkungan dan minimalis.

Model atap ini dikatakan ramah lingkungan, karena sangat cocok untuk memasang panel surya di atasnya. Sistem rumah yang dapat mengumpulkan air kebagian tengah, juga membantu untuk mengumpulkan cahaya matahari dengan mudah.

10. Atap Rumah Joglo (Bonnet)

model atap rumah yang hemat biaya
Source : kontenjateng

Aplikasi atap biasanya dapat dilihat pada model atap rumah-rumah adat. Model atap rumah yang hemat di rumah joglo memiliki desain kemiringan ganda. Bagian paling atas memiliki kemiringan yang lebih curam dibanding yang paling rendah. Struktur seperti ini dapat membuat ruang kecil untuk loteng.

11. Atap Rumah Melengkung (Curved)

Source : denisov-arch

Rumah minimalis modern dapat mengaplikasikan atap melengkung ke desain rumahnya. Model atap ini memiliki bentuk yang dinamis yang memberikan kesan berbeda jika dilihat dari luar. Atap ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar dengan merancangnya sesuai kebutuhan saja. 

12. Atap Rumah Gergaji (Sawtooth)

Source : dezeen

Seperti dengan yang namanya, model atap ini sekilas terlihat seperti mata gergaji. Bentuknya merupakan kombinasi dua atap paralel dimana satu sisi miring lalu vertikal dan begitu selanjutnya. Kelebihan dari model atap ini, rumah kamu bisa mendapatkan lebih banyak cahaya ketika jendela ditempatkan di sisi vertikal. Atap ini juga bagus untuk di pasang panel surya yang menjadikan atap yang ramah lingkungan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Desain Rumah Sendiri

13. Atap Rumah Kombinasi

Source : pixabay

Model atap rumah ini dapat mengkombinasikan berbagai jenis atap yang ada. Dengan ini fungsi dari berbagai atap dapat kamu aplikasikan dalam satu atap. membuat atap model cocok sekali bagi kamu yang mementingkan atap yang multifungsi. 

14. Atap Rumah Clerestory

Source : bajaringanvivo

Model atap rumah yang satu ini memiliki desain jendela yang disusun vertikal di antara kedua sisi atap. Atap ini sangat berguna untuk menjaga privasi semakin ketat. Namun, rumah akan lebih sedikit terkena cahaya matahari karena sedikitnya jendela yang dipakai.

Baca juga: 9 Cara Mencari Atap Rumah yang Bagus

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download