BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Macam Jendela Kamar Tidur Sederhana Yang Fungsional
0
0

8 Macam Jendela Kamar Tidur Sederhana Yang Fungsional

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Mustika

Mei 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
model-gorden-jendela-kecil-panjangtop-right-banner

Selain untuk mempercantik hunian, jendela di kamar dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur kamu. Jendela kamar tidur sederhana sangat beragam. Selain untuk sirkulasi udara, peran penting lain dari jendela adalah untuk kebutuhan sinar matahari sehat yang dibutuhkan oleh setiap manusia terutama di pagi hari.

Lalu apa saja macam jendela yang bisa kamu jadikan referensi? Mari simak beberapa jenisnya di bawah ini, sehingga kamu bisa memutuskan jenis jendela mana yang akan dipilih. Berikut beberapa referensi model jendela kamar tidur yang simpel tapi cantik:

Model Jendela Kamar Jungkit (Awning Window)

Source : Wardcraft Homes

Jendela ini membuka ke atas mirip seperti jendela tingkap tetapi berbeda dalam bentuknya. Jendela jungkit alias Awning Window ini memiliki bentuk horizontal dan membuka ke atas. Ketika dibuka,  jendela ini membentuk seperti kanopi (Awning).

Kamu tidak perlu takut jika membuka jendela ini ketika hujan karena ia dapat melindungimu dari air hujan yang masuk. Membuka jendela ketika hujan menjadi hal yang seru karena bisa menikmati udara sejuk.

Jendela Geser (Sliding Window)

Source : nextdoorandwindow

Jenis jendela yang kedua yaitu jendela geser atau biasa orang menyebutnya Sliding Window. Jendela jenis ini menjadi pilihan favorit karena dinilai simpel tetapi tampak begitu estetik dan unik karena saat dibuka. Jendela tidak menonjol keluar, sehingga dinilai lebih cantik.

Selain tampak lebih cantik, jendela jenis ini juga sangat cocok menjadi pilihan  karena udara yang masuk akan lebih terasa apabila kamu buka secara maksimal. Tentu saja sirkulasi udara pun lebih lancar.

Jendela Single Hung

Source : Contemporist

Jendela jenis ini pasti akan membuat kamu jatuh cinta. Jendela ini identik dengan gaya minimalis dan pasti cocok sekali untuk kamar tidur estetik. Jendela ini memiliki dua bagian, yaitu bagian atas dan juga bagian bawah.

Pada jendela bagian bawah dapat digeser ke atas untuk membuka dan digeser ke bawah untuk menutup. Sedangkan bagian atas tidak bisa digerakkan, jadi ketika kamu membuka jendela ini, maka jendela bawah akan menutupi jendela bagian atas. Cantik sekali bukan?

Jendela Tingkap (Casement Window)

Source : Design Cafe

Jendela tingkap merupakan salah satu jenis jendela yang paling umum dan paling banyak dipakai oleh banyak orang. Tentu terdapat alasan yang sangat baik atas hal itu. Beberapa bagian rumah biasanya menggunakan jendela jenis ini karena dinilai netral dan pas.

Jendela ini bisa dibuka ke arah atas (top hung) dan juga ke arah samping (side hung). Jendela tingkap juga memiliki beberapa jenis, ada yang berpanel tunggal dan ada juga yang berpanel ganda.

Jendela Storm

Source : nextdoorandwindow

Mendengar namanya, pasti kamu sudah berpikir bahwa ini merupakan jendela khusus untuk badai atau semacamnya. Namun, memang benar adanya. Jendela jenis ini tentu akan meningkatkan keamanan ketika sedang berada di dalam kamar atau menikmati quality time.

Jendela ini dipasang tepat di luar bingkai jendela yang sudah ada. Karena jendelanya rangkap dua, jendela storm lebih ampuh menahan cuaca buruk yang bisa terjadi kapan saja dan akan menjaga suhu ruang tetap hangat.

Jendela Venetian Blind

Source : Lifestyle home solutions

Kamar tidur memang ruangan privasi yang bisa diatur sendiri tata letak dan bentuknya, termasuk jendelanya. Venetian Blind adalah jendela solusi bagi beberapa orang yang sangat suka dengan cahaya matahari dan pemandangan luar tetapi tidak ingin jendela yang terlalu terbuka jendela.

Banyak sekali kelebihan menggunakan jendela jenis ini. Di antaranya harganya sangat terjangkau, dapat mengatur cahaya ruangan sesuai kebutuhan, modelnya elegan dan minimalis, banyak pilihan warna yang tersedia, perawatan dan pemasangannya tidak sulit, dan mudah dibersihkan.

Jendela Skylight

Source : Pinterest

Untuk kamu yang memang mencari jendela kamar tidur sederhana, bisa juga menjadikan jenis jendela skylight sebagai pilihan kamu. Tidak diletakkan di dinding kamar, jendela jenis ini berada di atas, tepatnya di atap.

Saat malam, kamu bisa memandang indahnya langit beserta bintang-bintang juga, lho. Masih jarang orang yang menggunakan jendela jenis ini. Kamu bisa memasangkannya di kamar tidur agar terlihat lebih estetik dan berbeda dari yang lain.

Jendela Teluk

Source : Design Cafe

Struktur bangunan jendela teluk memiliki ciri khas, yakni yang menonjol ke luar. Jendela ini mampu menghadirkan pencahayaan alami lebih optimal, sebab biasanya ukuran jendela ini lebih besar daripada jendela lainnya. Selain itu, jendela teluk juga hadir dalam berbagai bentuk, seperti bulat, persegi atau persegi panjang, setengah lingkaran, dan lainnya.

Ruang di dalam lengkungan jendela ini cukup luas dan bisa digunakan sebagai window seat yang pas untuk tempat membaca. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai tempat bersantai, menaruh beberapa barang kesayangan, menaruh tanaman, atau bahkan sebagai tempat tidur hewan kesayangan.

Kekurangan jendela ini adalah pemasangannya yang cukup rumit dan tidak mudah. Biaya pembuatan, instalasinya dan konstruksinya pun cukup mahal.

Baca juga: Simak! Ini Dia Ukuran Jendela Kamar Mandi yang Ideal

Jendela merupakan bagian vital dari bangunan karena memiliki manfaat dan peran penting, khususnya di kamar tidur. Beberapa jenis jendela kamar tidur sederhana di atas bisa kamu jadikan referensi untuk mendapatkan kamar tidur ternyaman dan indah dipandang.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download