BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara Menata Ruang Tengah Rumah Minimalis Agar Tampak Luas
0
0

10 Cara Menata Ruang Tengah Rumah Minimalis Agar Tampak Luas

Dipublikasikan oleh Ranaka Adhitama dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 2, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
Ruang Tengah Rumah Minimalistop-right-banner

Memiliki rumah dan ruang tengah yang luas, seperti di The Icon Acropolis, menjadi dambaan setiap orang. Sayangnya, tidak semua rumah punya ruangan tengah yang besar. Untungnya, ada beberapa trik yang bisa Pins coba untuk memperluas ruang tengah rumah minimalis yang sempit. 

Pinhome memiliki fitur PinValue untuk menemukan berbagai model hunian seperti sewa rumah Pamulang, perumahan baru di Kabupaten Bekasi, hingga rumah minimalis di Jakarta Selatan dan sekitarnya. Pins masih bisa menata ruang tengah dengan trik-trik di bawah ini agar ruangan tampak lapang meskipun lahannya terbatas. 

Cara Menata Ruang Tengah Rumah Minimalis

Lahan yang terbatas membuat Pins harus putar otak agar ruangan tidak terasa pengap. Manfaatkan trik ruang tengah rumah minimalis ini agar hunian terasa luas dan estetik serta mampu memenuhi fungsinya.

1. Adaptasi Gaya Skandinavian

Source : Pinterest

Ciri khas Skandinavian adalah menggunakan unsur alam dengan warna netral. Misalnya coklat, abu-abu atau beige agar kesan ceria dan bersih terpancarkan.

Biasanya konsep hunian ini dibuat rapi dengan tidak terlalu menggunakan perabotan yang besar. Bagian lantai menggunakan karpet dengan warna earthone.

2. Jadikan Area Multifungsi

Source : Freepik

Ruang tengah adalah salah satu ruangan penting di dalam rumah. Ruangan ini menjadi tempat berkumpul dan beraktivitas bersama keluarga dan tamu.

Terlebih lagi, ruang tengah di rumah dengan desain minimalis sering menjadi area yang multifungsi. Contohnya, tempat menerima tamu, menonton TV, hingga tempat makan. Itu sebabnya, menata ruangan tengah rumah minimalis sangat penting agar terlihat lebih luas, nyaman, dan berfungsi dengan baik. 

Selain itu, menata ruang tengah dapat meningkatkan kenyamanan dan estetika rumah. Alhasil, Pins dan keluarga bisa merasa betah di dalam rumah meskipun tidak seluas rumah gedongan. 

Baca juga: 13 Ciri Khas Interior Rumah Minimalis yang Simple

3. Memilih Perabotan yang Tepat

Ruang Tengah Rumah Minimalis
Source : Pexels

Salah satu cara menata ruangan tengah di hunian minimalis adalah memilih perabotan yang tepat. Cobalah membeli furnitur dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu besar untuk ruangan yang terbatas. 

Misalnya, kamu bisa memilih sofa minimalis dan sesuaikan ukurannya dengan ukuran ruangan. Ini bertujuan agar tidak membuat ruangan terasa sempit. Tidak hanya itu, Pins bisa menaruh meja kopi dengan desain minimalis yang ringkas dan mudah dipindahkan bila diperlukan. 

4. Tambahkan Jendela Besar

Source : Freepik

Pemakaian jendela yang besar tidak hanya mampu meningkatkan cahaya yang masuk semata. Selain sebagai ventilasi juga mampu menciptakan ilusi ruangan yang lapang. Tambahkan tirai jendela dengan warna putih atau natural agar ruangan terasa lebih terang.

5. Menggunakan Cat dinding yang Sesuai

Source : Pexels

Selain perabotan, Pins wajib menggunakan warna cat dinding rumah minimalis yang tepat agar ruang tengah rumah minimalis terlihat luas. Hal ini karena cat dinding memberikan efek visual yang berbeda dan membantu memperluas kesan ruangan. 

Sebagai contoh, warna cat putih memberikan ruangan yang lebih terang dan luas. Sementara itu, warna cat cerah, seperti kuning atau oranye, menciptakan kesan energik dan menyenangkan. 

Pins juga bisa memilih warna-warna netral sebagai alternatif, seperti abu-abu dan beige. Warna-warna ini bisa menampilkan kesan yang tenang dan elegan, nih.

Jangan lupa pilih jenis cat yang tepat. Cat dinding dengan kandungan bahan VOC (Volatile Organic Compounds) dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Jadi, usahakan pilih cat dinding yang ramah lingkungan dan bebas VOC. Contohnya, cat air atau cat tahan air. 

6. Memanfaatkan Cermin

Ruang Tengah Rumah Minimalis
Source : Pexels

Cara lain menata ruang tengah hunian minimalis adalah memanfaatkan cermin karena bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar dan luas. Hal ini terjadi berkat kemampuan cermin memantulkan cahaya dan gambar yang ada di sekitar. Alhasil, efek tata letak dan pencahayaan pada ruangan menjadi lebih baik. 

Pins dapat menaruh cermin di dinding atau di atas meja makan. Memasang cermin di dinding memberikan ilusi kedalaman dan kesan ruangan yang lebih luas. Di sisi lain, menempatkan cermin di atas meja makan menciptakan kesan artistik dan modern. 

Jangan lupa pilih model cermin dinding ruang tamu sebagai akses dekoratif dengan mempertimbangkan bentuk, ukuran, dan warna yang sesuai dengan tema ruangan, ya!

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

7. Membeli Lampu untuk Pencahayaan yang Cukup

Source : Pexels

Pada saat hendak menata ruang tengah rumah minimalis jangan lupakan lampu untuk pencahayaan di ruangan. Pemilihan lampu yang tepat dapat berpengaruh besar terhadap tampilan dan kesan keseluruhan dari ruangan tengah. Begini trik-triknya. 

  • Pilih lampu dengan sinar putih atau warna terang untuk menciptakan kesan terang dan luas di ruangan. 
  • Gunakan lampu yang dapat diatur ke tingkat kecerahan yang berbeda agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan suasana yang diinginkan. 
  • Tempatkan lampu di sudut ruangan atau bagian tertentu yang ingin ditekankan

Pins bisa mencoba lampu spotlight pada dinding atau langit-langit ruang tengah sebagai alternatif. Bahkan, kamu dapat menempel lampu strip LED pada langit-langit untuk menghadirkan kesan luas dan tampilan ruangan yang lebih modern. 

8. Memakai Rak Dinding

Source : Pexels

Bagi Pins yang ingin mengoptimalkan dinding sebagai tempat penyimpanan dan mengurangi penggunaan lantai bisa mencoba rak dinding minimalis. Cara ini tentu bisa membuat ruang tengah hunian minimalis tampak lebih luas. Berikut beberapa contoh menggunakan rak dinding di ruang tengah minimalis. 

  • Rak dinding buku untuk menata koleksi buku dan membuat ruangan lebih terorganisir. 
  • Rak dinding untuk menata dekorasi, seperti foto keluarga atau hiasan agar ruangan tampak lebih hidup dan artistik. 
  • Rak dinding untuk tempat penyimpanan perabotan kecil, misalnya jam dinding, lampu hias, atau vas bunga. 

Perlu diingat, penggunaan rak dinding wajib disesuaikan dengan ukuran barang dan jumlah barang yang akan disimpan. Hindari menggunakan rak dinding terlalu banyak yang justru menciptakan kesan ruangan yang sempit dan tampak terlalu ramai. 

9. Menghindari Dekorasi yang Terlalu Berlebihan

Source : Pexels

Pins juga bisa mengurangi dekorasi yang terlalu berlebihan agar ruang tengah rumah minimalis tampak lebih lapang. Pasalnya, dekorasi yang terlalu banyak bisa menyebabkan ruangan mana pun terlihat sempit dan sesak. 

Sebagai gantinya, cobalah menggunakan beberapa dekorasi yang tepat dan memadai untuk menghias ruangan. Misalnya, Pins bisa memilih satu atau dua lukisan dinding yang menarik di sudut ruangan. 

Bila perlu, gunakan sarung bantal dengan warna-warna yang kontras pada sofa untuk menyegarkan ruang tengah. Di sisi lain, hindari menaruh terlalu banyak aksesori, seperti bingkai foto, patung, atau ornamen kecil di ruang tengah agar tidak tampak sesak. 

10. Tanaman Hijau di Sudut Ruangan

Source : Rukita

Gunakan tanaman hijau untuk menambah kesegaran ruangan dan menghasilkan udara bersih dalam ruangan. Pilih jenis tanaman hias dalam rumah yang mudah perawatannya bisa dengan ditanam dalam pot atau diletakan seperti tanaman gantung.

Semoga tips ruang tengah rumah minimalis di atas dapat membantu Pins menata interior hunian menjadi lebih baik. Selain terlihat estetik juga masih bisa mengutamakan fungsionalitasnya.

Baca juga: Tips Mendesain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download