BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik
0
0

10 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Inspirasi Desain Dapur Terbukatop-right-banner

Desain dapur mungil terbuka bisa jadi solusi cerdas buat kamu yang ruangan dapurnya sempit. Dengan memanfaatkan ruang terbuka, otomatis dapur kecil pun akan terlihat lebih lapang dan lega. Yang tak kalah penting, desain dapur mungil yang terhubung dengan outdoor menghadirkan suasana lebih nyaman. Dapur yang identic dengan panas dan pengap pun kini menjadi ruang terbuka yang segar.

Sedang cari inspirasi untuk desain dapur mungil yang cozy? Yuk, simak deretan contoh desain berikut ini.

Kamu dapat menggunakan desain dapur mungil terbuka di rumah yang akan kamu beli di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Sebelum beranjak ke pembuatan desain dapurnya, kamu dapat mengetahui harga estimasi sebuah rumah loh di PinValue.

1. Desain Dapur Mungil dengan Tirai Bambu

Source : Pinterest

Inspirasi desain dapur mungil terbuka yang pertama adalah tatanan dapur yang terhubung langsung dengan taman belakang rumah. Tak lupa, halaman belakang rumah harus berpagar ya supaya tetap ada privasi bagi penghuni rumah.

Rancangan dapur ini sangat simpel dengan ruangan memanjang dan langsung terbuka ke outdoor space. Meski sebenarnya sempit, dapur mungil ini terlihat lapang, kan?

Kalau khawatir akan kepanasan oleh terik matahari, Pins bisa memasang tirai bambu yang bisa digulung naik untuk membukanya. Simpel, ya! Coba ikuti ispirasi desain dapur dan kamar mandi di bawah tangga.

2. Dapur Mungil Dengan Pintu Kaca

Source : Pinterest

Desain dapur mungil ini sebetulnya tidak sepenuhnya terbuka karena ada kaca yang memisahkan antara dapur dengan taman di luar. Akan tetapi, kaca yang tembus pandang membuat seolah-olah area dapur terhubung langsung dengan taman.

Ditambah lagi, pintu kaca ini berupa sliding door yang cukup digeser untuk membukanya. Kemudian, tepat di luar dapur terdapat kursi untuk bersantai. Di sini Pins bisa bersantap sembari menikmati udara segar atau sekadar ngopi cantik.

3. Dapur Terbuka Bergaya Industrial

Source : Pinterest

Desain dapur mungil terbuka berikutnya mengusung gaya industrial yang ciamik. Konsep dapur ini juga tidak sepenuhnya terbuka, tetapi menghubungkan area indoor dan outdoor dengan penggunaan sekat kaca. Mulai dari pintu kaca, jendela kaca, hingga langit-langit yang sepenuhnya kaca.

Penggunaan kaca ini tentu saja membuat dapur mungil terlihat sangat terang, seolah-olah berada di luar ruangan. Penggunaan jendela dan pintu kaca juga memberi nuansa outdoorsy dengan tetap menjaga privasi. Bila area dapur kamu terbatas terapkan desain dapur sederhana tanpa kabinet ini!

4. Desain Dapur Terbuka Serba Putih

Source : Pinterest

Desain dapur mungil terbuka berikutnya mengusung warna putih yang mendominasi seluruh interior. Muai dari lantai, area memasak, dinding, hingga langit-langit.

Yang menarik di sini adalah penggunaan dinding berlubang seperti pagar. Meski tidak seluruhnya terbuka sempurna, konsep dapur mungil ini menyatukan nuansa indoor dan outdoor dengan apik. Ditambah lagi, atapnya menggunakan material transparan sehingga cahaya alami melimpah menerangi area dapur.

Tak lupa, penggunaan warna putih yang dominan membuat dapur terkesan lapang dan bersih. Agar tidak tampak membosankan, kamu bisa menambahkan aksen tanaman hias dan perkakas berwarna natural seperti alat masak berbahan kayu.

Baca juga: 8 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

5. Desain Dapur Terbuka Beratap Kaca

Source : Pinterest

Inspirasi dapur mungil terbuka berikutnya tak kalah menarik. Area dapur ini langsung terhubung dengan ruang makan yang beratapkan kaca transparan. Area dapur sekaligus ruang makan ini sebetulnya kecil, tapi sama sekali tidak meninggalkan kesan sempit apalagi sumpek. Sebaliknya, dapur terbuka ini tampak lapang, terang, dan elegan dengan dominasi warna putih yang berpadu dengan warna earthy.

Tambahan lampu-lampu dengan warna hangat juga makin menambah estetika. Saat malam hari, nuansa di sini akan jadi makin cozy dengan cahaya lampu kekuningan.

Di siang hari area ini akan menjadi panas oleh terik. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menanam pohon peneduh di luar. Tak lupa, tambahkan ventilasi yang memadai, contohnya dengan memasang roster atau loster pada dinding. Ketahui rekomendasi warna cat untuk dapur yang membuatnya terlihat bersih.

6. Desain Dapur Mungil Terbuka ala Cafe

Source : Pinterest

Desain dapur mungil berikutnya memiliki vibe ala café. Bagaimana tidak? Kitchen counter yang minimalis ditata sedemikian rupa dengan desain minimalis bergaya rustic. Kemudian, area dapur ini langsung terhubung dengan open space untuk bersantap sembari ngobrol santai.

Untuk dapur mungil dengan ruang gerak yang terbatas ini, kuncinya adalah pemilihan warna yang tepat. Gunakan maksimal 3 warna dan pilihlah warna-warna dengan earthy tone. Ketahui juga ide desain dapur kering dan tips penataannya.

7. Desain Dapur Mungil di Ruang Sempit

Source : Pinterest

Desain dapur mungil ini adalah bukti bahwa ruangan sempit pun bisa disulap menjadi area memasak yang nyaman. Dengan meniadakan dinding penghalang, area yang sempit memanjang ini langsung terhubung dengan tembok pagar.

Meski begitu, privasi tetap terjaga karena pagarnya berupa tembok tinggi. Ditambah lagi, tanaman di sepanjang tembok memberi kesan sejuk. Ikuti desain dapur modern yang cocok untuk rumah kamu.

8. Desain Dapur Mungil Kekinian

Source : Pinterest

Ruang dapur yang sempit tak jadi soal karena bisa diakali dengan menggabungkan fungsi dapur dengan ruang makan. Desainnya minimalis dengan kitchen island yang sekaligus difungsikan sebagai meja makan.

Penggunaan palet kayu untuk lantai berpadu sempurna dengan kursi dan meja, serta kabinet dapur. Pencahayaan yang melimpah dari ruang terbuka pun membuat suasana dapur jadi makin estetik. Kamu harus tahu inspirasi desain dapur sederhana tanpa kitchen set.

9. Dapur Mungil Terbuka Model L

Source : Pinterest

Desain dapur berbentuk L memang cocok untuk ruangan yang sempit, tak terkecuali untuk desain dapur terbuka. Tak perlu luas, ruangan dengan lebar 2 meter pun bisa disulap menjadi dapur yang apik. Terlebih kalau area tersebut merupakan area terbuka yang terhubung langsung dengan area outdoor.

Untuk menjaga privasi, kamu bisa membangun tembok yang tingginya mencapai 2 meter atau lebih. Berikan jeda antara tembok dengan atap untuk ventilasi dan pencahayaan yang melimpah.

Baca Juga: 11 Desain Dapur Gaya Pedesaan yang Ciamik

10. Dapur Mungil Berunsur Kayu

Source : iStock

Desain dapur mungil terakhir dipenuhi oleh balutan kayu pada furniture-furniturenya, seperti kabinet dapur, meja bar, serta kursi untuk duduk. Penggunaan warna wallpaper tembok sangat memiliki kesenadaan dengan warna kayu, sehingga terlihat cocok! Karena tempat pembangunan dapur yang kurang luas, kamu dapat memanfaatkan rak-rak yang mengisi di dinding kosong bagian atas.

Itulah sederetan desain dapur mungil terbuka yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga menginspirasi, ya!

Baca juga: Tips Desain Dapur Terbaik Untuk Keluarga

Featured Image Source: Grid.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. 

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download