9 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik

Dipublikasikan oleh Mustika ∙ 5 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Desain dapur mungil terbuka bisa jadi solusi cerdas buat kamu yang ruangan dapurnya sempit. Dengan memanfaatkan ruang terbuka, otomatis dapur kecil pun akan terlihat lebih lapang dan lega.

Yang tak kalah penting, desain dapur mungil yang terhubung dengan outdoor menghadirkan suasana lebih nyaman. Dapur yang identic dengan panas dan pengap pun kini menjadi ruang terbuka yang segar.

Sedang cari inspirasi untuk desain dapur mungil yang cozy? Yuk, simak deretan contoh desain berikut ini.

Desain Dapur Mungil dengan Tirai Bambu

(Pinterest)

Inspirasi desain dapur mungil terbuka yang pertama adalah tatanan dapur yang terhubung langsung dengan taman belakang rumah. Tak lupa, halaman belakang rumah harus berpagar ya supaya tetap ada privasi bagi penghuni rumah.

Rancangan dapur ini sangat simpel dengan ruangan memanjang dan langsung terbuka ke outdoor space. Meski sebenarnya sempit, dapur mungil ini terlihat lapang, kan?

Kalau khawatir akan kepanasan oleh terik matahari, Pins bisa memasang tirai bambu yang bisa digulung naik untuk membukanya. Simpel, ya!

Dapur Mungil Dengan Pintu Kaca

(Pinterest)

Desain dapur mungil ini sebetulnya tidak sepenuhnya terbuka karena ada kaca yang memisahkan antara dapur dengan taman di luar. Akan tetapi, kaca yang tembus pandang membuat seolah-olah area dapur terhubung langsung dengan taman.

Ditambah lagi, pintu kaca ini berupa sliding door yang cukup digeser untuk membukanya. Kemudian, tepat di luar dapur terdapat kursi untuk bersantai. Di sini Pins bisa bersantap sembari menikmati udara segar atau sekadar ngopi cantik.

Dapur Terbuka Bergaya Industrial

(Pinterest)

Desain dapur mungil terbuka berikutnya mengusung gaya industrial yang ciamik. Konsep dapur ini juga tidak sepenuhnya terbuka, tetapi menghubungkan area indoor dan outdoor dengan penggunaan sekat kaca. Mulai dari pintu kaca, jendela kaca, hingga langit-langit yang sepenuhnya kaca.

Penggunaan kaca ini tentu saja membuat dapur mungil terlihat sangat terang, seolah-olah berada di luar ruangan. Penggunaan jendela dan pintu kaca juga memberi nuansa outdoorsy dengan tetap menjaga privasi.

Desain Dapur Terbuka Serba Putih

(Pinterest)

Desain dapur mungil terbuka berikutnya mengusung warna putih yang mendominasi seluruh interior. Muai dari lantai, area memasak, dinding, hingga langit-langit.

Yang menarik di sini adalah penggunaan dinding berlubang seperti pagar. Meski tidak seluruhnya terbuka sempurna, konsep dapur mungil ini menyatukan nuansa indoor dan outdoor dengan apik. Ditambah lagi, atapnya menggunakan material transparan sehingga cahaya alami melimpah menerangi area dapur.

Tak lupa, penggunaan warna putih yang dominan membuat dapur terkesan lapang dan bersih. Agar tidak tampak membosankan, kamu bisa menambahkan aksen tanaman dan perkakas berwarna natural seperti alat masak berbahan kayu.

Baca juga: 8 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

Desain Dapur Terbuka Beratap Kaca

(Pinterest)

Inspirasi dapur mungil terbuka berikutnya tak kalah menarik. Area dapur ini langsung terhubung dengan ruang makan yang beratapkan kaca transparan.

Area dapur sekaligus ruang makan ini sebetulnya kecil, tapi sama sekali tidak meninggalkan kesan sempit apalagi sumpek. Sebaliknya, dapur terbuka ini tampak lapang, terang, dan elegan dengan dominasi warna putih yang berpadu dengan warna earthy.

Tambahan lampu-lampu dengan warna hangat juga makin menambah estetika. Saat malam hari, nuansa di sini akan jadi makin cozy dengan cahaya lampu kekuningan.

Di siang hari area ini akan menjadi panas oleh terik. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menanam pohon peneduh di luar. Tak lupa, tambahkan ventilasi yang memadai, contohnya dengan memasang roster atau loster pada dinding.

Desain Dapur Mungil Terbuka ala Cafe

(Pinterest)

Desain dapur mungil berikutnya memiliki vibe ala café. Bagaimana tidak? Kitchen counter yang minimalis ditata sedemikian rupa dengan desain minimalis bergaya rustic. Kemudian, area dapur ini langsung terhubung dengan open space untuk bersantap sembari ngobrol santai.

Untuk dapur mungil dengan ruang gerak yang terbatas ini, kuncinya adalah pemilihan warna yang tepat. Gunakan maksimal 3 warna dan pilihlah warna-warna dengan earthy tone.

Desain Dapur Mungil di Ruang Sempit

(Pinterest)

Desain dapur mungil ini adalah bukti bahwa ruangan sempit pun bisa disulap menjadi area memasak yang nyaman. Dengan meniadakan dinding penghalang, area yang sempit memanjang ini langsung terhubung dengan tembok pagar.

Meski begitu, privasi tetap terjaga karena pagarnya berupa tembok tinggi. Ditambah lagi, tanaman di sepanjang tembok memberi kesan sejuk.

Desain Dapur Mungil Kekinian

(Pinterest)

Ruang dapur yang sempit tak jadi soal karena bisa diakali dengan menggabungkan fungsi dapur dengan ruang makan. Desainnya minimalis dengan kitchen island yang sekaligus difungsikan sebagai meja makan.

Penggunaan palet kayu untuk lantai berpadu sempurna dengan kursi dan meja, serta kabinet dapur. Pencahayaan yang melimpah dari ruang terbuka pun membuat suasana dapur jadi makin estetik.

Dapur Mungil Terbuka Model L

(Pinterest)

Desain dapur berbentuk L memang cocok untuk ruangan yang sempit, tak terkecuali untuk desain dapur terbuka. Tak perlu luas, ruangan dengan lebar 2 meter pun bisa disulap menjadi dapur yang apik. Terlebih kalau area tersebut merupakan area terbuka yang terhubung langsung dengan area outdoor.

Untuk menjaga privasi, kamu bisa membangun tembok yang tingginya mencapai 2 meter atau lebih. Berikan jeda antara tembok dengan atap untuk ventilasi dan pencahayaan yang melimpah.

Itulah sederetan desain dapur mungil terbuka yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga menginspirasi, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia