BlogPemilik PropertiDesain HunianLantai Semen Kekurangan dan Kelebihannya yang Harus Kamu Ketahui
0
0

Lantai Semen Kekurangan dan Kelebihannya yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah type 45top-right-banner

Lantai semen yang kini sedang digemari, timbul sebagai alternatif tampilan lantai bangunan yang cenderung artistik namun memiliki fungsi yang menarik. Lantai tersebut menciptakan karakter kuat dalam sebuah hunian.

Apa Pins kini mulai tidak asing dengan desain bergaya industrial dalam bangunan? Perabot daur ulang yang menarik, penggunaan ragam material tanpa finishing, hinga dekorasi artistik, menghiasi desain yang sedang digandrungi anak muda ini. Lantai semen muncul sebagai bagian dari konsep industrial yang memiliki kekuatan karakter yang cukup kuat.

Penggunaannya dalam desain bangunan, membuat suasana dalam ruang berubah namun tetap berestetika tinggi. Sebelum Pins memilih lantai semen poles ini sebagai pilihan jenis lantai di rumah, simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya yang Pinhome rangkum dalam artikel ini. Beberapa desain penerapannya dalam rumah juga tersedia lho!

Baca juga: 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu untuk Hunian Minimalis Nan Sejuk

Kelebihan Lantai Semen

lantai semen
Source : India Mart

Kekuatan yang Tidak Perlu Diragukan Lagi

Perlu Pins ketahui bahwa poles lantai semen merupakan lantai beton yang sudah tidak perlu diragukan lagi kekuatannya. Hal ini membuat lantai semen poles kuat dan mampu menahan beban yang cukup berat.

Itulah mengapa pada awal mulanya, lantai ini banyak digunakan pada gudang tempat penyimpanan maupun pabrik. Lantai semen tidak mudah rusak dan tentunya tidak menimbulkan permasalahan serius dalam hal estetika. Berbeda bila Pins menggunakan lantai keramik.

Perawatannya yang Mudah

Bila dibandingkan dengan jenis lantai lain seperti marmer atau granit yang memerlukan pemolesan secara berkala, lantai semen poles hanya memerlukan pembersihan secara teratur. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan debu. Cobalah untuk mengepelnya dengan air hangat dicampur cairan pembersih. Selebihnya lantai ini tidak mudah pecah dan bila tergores tidak terlihat secara jelas.

Baca juga: Tips Perawatan Lantai Kayu Dirumah

Desain Multifungsi

Mengapa dikatakan seperti itu? Pengaplikasian lantai semen poles pada hunian sebenarnya dapat menyesuaikan dengan desain apapun. Walaupun sering dikaitkan erat dengan gaya desain industrial, namun tidak akan pernah salah bila Pins gunakan dalam tema hunian lainnya.

Baik minimalis modern, klasik hingga rustic. Hal yang terpenting adalah Pins mengetahui penggunaan warna yang cocok agar selaras dengan poles lantai semen yang digunakan. Seperti warna monokrom, putih, hitam dan abu-abu.

Tema industrial memang terkenal dengan instalasinya yang terbilang menghabiskan harga yang terjangkau. Hal ini juga berkaitan dengan pemasangan lantai semen yang cenderung mudah dengan modal terjangkau. Bila dibandingkan dengan beberapa jenis lantai lainnya dengan harga bervariasi, lantai satu ini hanya berbeda pada biaya jasa poles lantai semen saat pemasangan saja.

Kekurangan Lantai Semen

lantai semen
Source : Freepik

Permukaan yang Keras

Kelebihannya yang sangat kokoh justru memberikan tampilan yang keras pada permukaan. Hal ini cukup berbahaya bagi para lansia dan anak-anak bila terjatuh. Permukaannya yang keras juga membuat Pins tidak betah berlama-lama berdiri karena kurang nyaman. Pins bisa menyiasatinya dengan menggunakan karpet berbulu ataupun berbahan empuk untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Tidak Cocok Ditempatkan Pada Dataran Tinggi

Sebenarnya fungsi dari rumah selain untuk tempat berlindung juga menjaga kehangatan di dalamnya. Inilah mengapa pemakaian lantai beton dalam hunian yang berada di wilayah dataran tinggi tidak disarankan. Hal ini dikarenakan lantai ini cenderung dingin. Namun, untuk hunian pada daerah tropis, lantai ini sangat disarankan karena dapat membuat rumah terasa sejuk.

Lantai Semen Mudah Retak Bila Lembap

Beberapa diantara penghuni memang menginginkan kesan estetis pada lantai beton ini dengan keretakan yang terjadi. Hal ini akan menimbulkan alur pada lantai yang abstrak dan menarik. Namun sebagian diantaranya pun mungkin akan terganggu.

Lantai satu ini bila dipasang di daerah tanah lembap dengan sirkulasi udara yang tidak baik akan mudah retak. Maka dari itu tetap perhatikan ventilasi yang digunakan, agar cahaya matahari dan udara tetap bisa masuk ke dalam rumah. Bila terus didiamkan dengan keadaan ruang lembap, lantai ini pun bisa mengeluarkan lumut.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Model Lantai Semen Pada Hunian

Inilh beberapa area pada hunian yang bisa Pins aplikasikan menggunakan lantai semen sebagai pelengkap. Apa saja? Langsung simak yuk!

Penerapan dalam Desain Dapur Minimalis

Source : Archdaily

Desain dapur minimalis yang cenderung menggunakan perabot yang minim, justru menjadi sangat berestetika ketika dipadukan dengan lantai semen poles. Warna kayu pada furniture yang digunakan pun tidak menghilangkan warna artistik dari lantai. Menarik sekali bukan Pins?

Baca juga: Ragam Desain Dapur Sederhana Ini Dapat Kalian Buat Di Lahan Yang Sempit!

Kamar Mandi Kekinian

Source : Homenish

Desain kamar mandi nuansa alam yang menggunakan lantai beton ini juga tak kalah menarik. Namun usahakan untuk memadupadankan dengan material batu alam dekorasi sebagai pemanis. Hal ini sekaligus pula menghindari musibah yang disebabkan oleh lantai licin pada kamar mandi. Pins bisa menyiasati pula dengan tekstur yang sengaja dibuat pada lantai maupun karpet kamar mandi sebagai pelengkap.

Teras Rumah Cantik dengan Lantai Semen

lantai semen
Source : Living 4 Media

Gaya bohemian dengan tampilan artistik juga bisa digunakan pada tema teras rumah. Selain bermain dengan dekorasi di dalamnya, kamu juga bisa menggunakan furnitur berbahan kayu sebagai penghangat dalam tampilan teras. Lihat contoh pengaplikasiannya pada teras rumah di atas, terasa sangat homey bukan?

Itulah beberapa tampilan menarik dalam penggunaan teknik poles lantai semen pada hunian. Bila Pins ingin mengaplikasikannya, kini kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pemasangan lantai tersebut. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download