BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Jenis Material untuk Lantai Carport Sederhana dan Tahan Lama
0
0

7 Jenis Material untuk Lantai Carport Sederhana dan Tahan Lama

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
lantai carporttop-right-banner

Pemilihan material alas lantai carport ternyata tidak bisa disepelekan. Ini menyangkut ketahanan dalam menampung beban berat sekaligus terbukti anti slip. Dengan pemilihan material awal yang tidak tepat tentunya akan berdampak negatif pada daya tahan dari alas lantai itu sendiri. Mulai dari pengeluaran biaya karena kerusakan hingga bahaya yang akan timbul.

Material lantai yang banyak dijual di pasaran memiliki ragam yang pastinya bervariasi. Namun, Pins tidak bisa sembarangan dalam pengaplikasian lantai bila tidak melihat fungsi dan peruntukannya. Material lantai carport sederhana bisa Pins pilih dengan jenis yang telah disesuaikan. Ingat kembali fungsi dari carport, bagian hunian satu ini berguna sebagai tempat transit mobil tetapi bukan sebagai tempat penyimpanan mobil seperti garasi.

Dalam artikel ini, Pinhome akan menginformasikan kepada kamu apa saja jenis material lantai carport sederhana yang seharusnya bisa kamu aplikasikan pada hunian. Jangan sampai salah pilih ya!

Baca juga: Model dan Harga Keramik Carport Terbaik. Nomor 5 dan 6 Desainnya Ciamik!

Block Paving

lantai carport
Source : marshalls

Lantai carport sederhana yang pertama adalah dari material paving block. Block paving ini terbuat dari bahan beton cetak yang sudah terkenal akan ketahanannya dalam menampung beban berat. Maka dari itu Pins tidak perlu khawatir adanya keretakan dalam jangka waktu yang singkat. Selain itu, kamu bisa membuat hunian lebih asri dengan pemakaian grass block. 

Material yang digunakan sama persis dengan block paving namun sesuai namanya, alas lantai ini dihiasi dengan rerumputan pada beberapa bagian. Ini akan membuat tampilan garasi lebih cantik dan tentunya nyaman dan asri. Tidak perlu khawatir adanya lumut dikarenakan material satu ini mampu menyerap air dengan sangat baik.

Baca juga: Desain Paving Block untuk Halaman Depan Rumah, Nomor 7 dan 8 Pasti Kamu Suka!

Batu Alam Andesit

lantai carport
Source : batualam

Lantai garasi berbahan batu alam selanjutnya. Alas lantai satu ini terbukti kuat dan tahan lama. Batu andesit dengan tampilan sederhana yang memukau dapat menyelaraskan dengan hunian bergaya minimalis. Namun, untuk material satu ini, kamu harus ekstra perawatan yang dilakukan secara berkala. Hal tersebut untuk mengurangi adanya lumut atau jamur pada alas lantai dan tentunya membuat licin kendaraan yang berlalu lalang pada lantai.

Baca juga: Cara membuat Penawaran Proyek Pada Kontraktor

Lantai Carport Plesteran

lantai carport
Source : home-designing

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas, tidak perlu khawatir. Ada pilihan jenis material lantai carport plesteran. Semen plesteran ini sangat mudah dan tentunya dengan biaya yang terjangkau. Pins hanya memerlukan pasir, semen dan air. Teknik membuat lantai carport plesteran terbilang cukup sederhana namun teruji daya tahannya. 

Untuk finishing, Pins hanya perlu menambahkan beberapa aksen keindahan seperti garis-garis, rumput, kerikil kecil dan parit. Hasilnya pun cukup memuaskan lho! Nah, bagi kamu yang masih penasaran, lantai pleseteranpun mempunyai ragam jenis sebagai berikut:

  • Lantai plester mulus. Jenis satu ini adalah model original yang menampilkan kesan polos dengan permukaan yang halus. Cocok sekali diadaptasi pada hunian minimalis yang minim warna.
  • Lantai plester warna-warni, mirip dengan lantai plester natural. Lantai plester warna-warni bermain dengan pewarnaan yang cenderung berani dan terang. Mirip keramik, namun dalam segi harga jauh lebih terjangkau.
  • Lantai plester ala venesia, lantai satu ini sekilas seperti bahan beton dan cenderung berwarna gelap. 

Lantai Carport Keramik

Source : calonarsitek

Berbeda dengan lantai carport plesteran. Lantai dengan material keramik memang sangat sedap dipandang mata. Motif yang bervariasi dengan warna yang beragam pastinya dapat membuat Pins kebingungan dalam memilih keramik yang tepat. Namun, Pins perlu teliti lebih dalam lagi. Hal tersebut dikarenakan tidak semua jenis keramik lantai dapat diaplikasikan sebagai lantai garasi. 

Salah satu contohnya adalah keramik homogeneous tile. Keramik jenis ini mampu menahan beban berat dibandingkan keramik jenis lainnya. Keramik satu ini pun cenderung tidak licin dan tidak mudah retak. Inilah mengapa homogeneous tile menjadi keramik terpilih diantara jenis keramik lainnya sebagai alas lantai carport.

Baca juga: Tips Rahasia Agar Pemborong Tidak Melarikan Diri

Lantai Carport Plesteran Natural

Source : Grid.ID

lantai satu ini sama dengan jenis lainnya. Namun letak perbedaannya adalah pada permainan warna yang aplikasikan. Biasanya dibuat seakan-akan berada dalam hutan dengan warna lantai berwarna coklat gelap dan hijau yang mewakilkan pepohonan. Tidak heran biasanya bersebelahan dengan taman kecil yang akan membuat carport tampak lebih asri dan natural.

Koral Sikat

Source : cekbahanbangunan

Koral sikat atau biasa disebut dengan beton sikat juga merupakan salah satu material lantai garasi yang minimalis. Fungsinya selain mencegah adanya bahaya karena licin juga membuat tampilannya menarik. Secara umum pembuatannya mirip dengan semen cetak, namun koral sikat ditaburi bebatuan kecil pada bagian permukaan sebelum mengering. Bantuan sikat kawat dalam prosesnya dapat membuat alas carport lebih indah.

Untuk carport semi outdoor dengan taman pada tampilan depan rumah, kamu bisa menggunaan alas lantai jenis koral sikat sebagai pilihan. Selain itu, motifnya pun sangat bervariasi dan dapat membantuk sebuah lukisan yang cantik. Cocok sekali untuk Pins yang menyukai desain carpot menarik dan pastinya unik.

Lantai Carport Plesteran dengan Taburan Kerikil

Source : Grid.ID

Dalam segi harga jauh lebih mahal dibandingan varian lainnya dikarenakan keperluan dari bahan batu alam itu sendiri. Namun, lantai dengan taburan kerikil ini akan membuat tampilan carport menjadi lebih indah dan modern. Permainan tekstur dan ukuran juga baik untuk menahan mobil kamu agar tidak mudah tergelincir.

Beberapa pilihan jenis lantai carport sederhana di atas bisa Pins jadikan pilihan dalam membuat desain minimalis yang tentunya tetap unik. Semua material di atas sudah terbukti tahan lama dan kuat untuk menampung beban berat seperti kendaraan.

Baca juga: Tips Sebelum Memilih Desain Rumah Modern


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download