9 Atap Rooftop Rumah Sebagai Peneduh dari Terik Matahari

Dipublikasikan oleh Mustika ∙ 8 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Punya rooftop memang menyenangkan. Space terbuka ini bisa disulap menjadi area yang bermanfaat,. Misalnya saja rooftop dijadikan patio untuk bersantai, area barbecue, kolam renang, hingga untuk berkebun. Sayangnya area rooftop bisa sangat panas di siang hari yang terik sehingga mengurangi kenyamanan bersantai. Lantas bagaimana solusinya?

Tenang, kamu bisa menambahkan atap rooftop rumah sebagai peneduh. Atap ini bisa bersifat permanen, seperti kanopi. Kamu juga bisa memasang peneduh semi permanen berupa retractable roof.

Nah, seperti apa sih atap yang menarik sebagai peneduh untuk rooftop rumah? Yuk, simak deretan contoh atap rooftop berikut!

Atap Kanopi Berpola

(Housing)

Kanopi semi transparan dengan pola simetris ini memang menarik. Di siang hari, hamparan kanopi menciptakan bayangan berpola cantik di atas lantai. Bayangannya juga cukup meneduhkan.

Asalkan panas di siang hari tidak terlampau terik, atap rooftop rumah ini sudah cukup sebagai peneduh sekaligus tambahan yang estetik.

Untuk melindungi dari hujan, kanopi dilapisi material transparan seperti fiber atau bahkan tempered glass. Pastikan saja pemasangannya agak miring, ya, agar air hujan bisa mengalir ke salah satu sisinya.

Fleksibel dengan Retractable Roof

(roofdeckgarden)

Memasang atap rooftop rumah memang penting sebagai pelindung dari terik matahari. Akan tetapi, adanya atap juga bisa menghalangi pemandangan ke area sekitar. Nah, solusinya adalah retractable roof.

Atap dengan rancangan semacam ini memungkinkan untuk dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Misalnya saja, di siang hari yang terik, kamu bisa menutup atap sebagai peneduh. Kemudian, di pagi dan petang, retractable roof bisa dibuka supaya kamu bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise dan sunset tanpa penghalang.

Retractable Roof Model Payung

(gardencenter)

Retractable roof yang satu ini lebih unik dan hemat tempat dengan desainnya yang menyerupai payung. Sesuai namanya, atap rooftop ini bisa dibuka dan ditutup layaknya payung. Praktis, ya!

Saat matahari sedang terik-teriknya, kamu tinggal membuka payung lebar ini sebagai peneduh. Kalau sudah malam, tutup lagi payungnya dan kamu bisa menikmati indahnya gemerlap bintang dan lampu kota dari atap rumah.

Atap Kanopi Fiber Polycarbonate

(houzz)

Atap rooftop rumah yang terbuat dari bahan fiber polycarbonate bersifat semi transparan. Lapisannya cukup tebal dan keruh sehingga mengurangi intensitas paparan matahari. Alhasil, area rooftop tetap terang tetapi lebih teduh dan tidak terlalu terik.

Menariknya lagi, bahan fiber polycarbonate terdiri dari berbagai pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai selera. Untuk tampilan minimalis yang simpel, kamu bisa memilih warna putih. Namun, kalau ingin bayangan yang lebih teduh, ada baiknya memilih bahan fiber polycarbonate dengan warna gelap.

Romantis dengan Atap Bergaya Rustic

(mymove)

Ingin menciptakan suasana romantis ala anak senja di rooftop rumah? Bisa banget kok! Yang kamu butuhkan hanyalah beberapa balok kayu sebagai kanopi. Lalu, gunakan kain sebagai peneduh.

Tak lupa, tambahkan lampu-lampu berwarna hangat agar suasana makin romantis di malam hari. Supaya makin cozy, tambahkan tempat duduk yang nyaman atau dipan rendah dengan cushion pillows. Romantik banget, kan?

Sayangnya atap rooftop rumah semacam ini tidak akan memberi perlindungan saat hujan deras. Jadi, ada baiknya kamu menggunakan furnitur yang tahan air.

Payung Sebagai Alternatif Atap Rooftop Rumah

(Pinterest)

Kalau tidak ingin memasang atap rooftop yang permanen, payung piknik pun bisa jadi alternatif. Kini bahkan tersedia payung yang didesain khusus untuk pemakaian outdoor, yakni kaki payung berada di samping alih-alih di tengah.

Menariknya lagi, desain payung semacam ini mudah digerakkan untuk disesuaikan dengan posisi matahari. Bahkan, payungnya bisa dimiringkan lho untuk menghalau sinar matahari yang mulai tergelincir.

Yang tak kalah penting, payung semacam ini tidak perlu dipasang secara permanen. Artinya, kamu bisa menyimpannya ketika tidak diperlukan. Alhasil, area rooftop jadi lebih lapang.

Atap Rooftop dengan Solar Panel

(Pinterest)

Memanfaatkan atap rooftop sebagai pembangkit listrik, kenapa tidak? Lagipula, area rooftop memang mendapat cahaya matahari yang melimpah. Maka, tidak ada salahnya dimanfaatkan dengan memanen tenaga matahari sebagai sumber listrik rumah tangga.

Dengan begitu, fungsi atap rooftop bukan hanya sebagai peneduh dari teriknya matahari. Justru atap rooftop menjadi sarana untuk berhemat listrik dan eco-friendly.

Atap Rooftop Rumah Kaca

(gardennappyvalleynet)

Buat kamu yang punya hobi berkebun, rooftop dengan atap kaca bisa jadi tambahan yang bermanfaat di rumah. Area rumah kaca di atas rooftop ini sangat cocok untuk dijadikan tempat membudidayakan aneka tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman sayur.

Pasalnya atap kaca memaksimalkan gelombang matahari yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis. Udara di dalam rumah kaca pun terjaga kelembapannya sehingga tanaman tumbuh dengan subur.

Atap Rooftop Bergaya Patio

(architectureartdesign)

Pada dasarnya patio adalah area di luar ruangan yang umumnya digunakan untuk bersantai ataupun makan bersama. Nah, kalau menggunakan konsep patio di rooftop, kamu akan perlu peneduh untuk melindungi dari panas matahari.

Atap rooftop ini berupa susunan kayu yang membentang tak hanya di atas, tapi juga di sisi kanan dan kiri. Tujuannya agar menjadi peneduh tidak hanya saat matahari sedang di atas kepala, tetapi juga saat menjelang siang dan sore ketika matahari sudah mulai tergelincir.

Tampilannya juga simpel dan estetik, apalagi warnanya senada dengan lantai kayu. Tak lupa, tambahan lampu-lampu yang berjajar di sepanjang kanopi kayu semakin mempercantik tampilan patio.

Baca juga: 10 Ide Rumah Rooftop Korea Seperti di Drama

Itulah 9 inspirasi atap rooftop sebagai peneduh yang melindungi dari terik matahari dan hujan. Dengan adanya peneduh, kamu pun bisa bersantai di rooftop kapan saja tak peduli kondisi cuaca.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 9 Inspirasi Desain Pagar Rumah Type 45, Sederhana tapi Cantik

Elemen dekorasi tak hanya diaplikasikan pada interior rumah, tapi juga eksteriornya. Oleh sebab itu

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia