BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Atap Rooftop Rumah Sebagai Peneduh dari Terik Matahari
0
0

9 Atap Rooftop Rumah Sebagai Peneduh dari Terik Matahari

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Punya rooftop memang menyenangkan. Space terbuka ini bisa disulap menjadi area yang bermanfaat,. Misalnya saja atap rooftop dijadikan patio untuk bersantai di rumah, area barbecue, kolam renang, hingga untuk berkebun. Sayangnya area rooftop bisa sangat panas di siang hari yang terik sehingga mengurangi kenyamanan bersantai. Lantas bagaimana solusinya?

Tenang, kamu bisa menambahkan desain atap rooftop rumah sebagai peneduh. Atap ini bisa bersifat permanen, seperti kanopi. Kamu juga bisa memasang peneduh semi permanen berupa retractable roof. Nah, seperti apa sih atap yang menarik sebagai peneduh untuk rooftop rumah? Yuk, simak deretan contoh atap rooftop berikut!

Tentunya, setelah tahu model atap rooftop rumah peneduh akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman, seperti rumah di Grand Sharon Residence. Kamu juga bisa cek harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi, misalnya di Grand Wisata Bekasi menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Model Atap Rumah Rooftop

Dalam menjadikan rumah impian Pins lebih istimewa, pilihan atap sangat menentukan. Dari model klasik hingga desain modern, sembilan model atap rumah rooftop di atas memberikan inspirasi tak terbatas. Pilihlah yang sesuai gaya dan kebutuhan Pins untuk menciptakan rumah yang tak hanya nyaman, tetapi juga memikat mata.

1. Atap Kanopi Berpola

Source : Housing

Kanopi semi transparan dengan pola simetris ini memang menarik. Di siang hari, hamparan kanopi menciptakan bayangan berpola cantik di atas lantai. Bayangannya juga cukup meneduhkan.

Asalkan panas di siang hari tidak terlampau terik, atap rooftop rumah ini sudah cukup sebagai peneduh sekaligus tambahan yang estetik.

Untuk melindungi dari hujan, kanopi dilapisi material transparan seperti fiber atau bahkan tempered glass . Pastikan saja pemasangannya agak miring, ya, agar air hujan bisa mengalir ke salah satu sisinya.

2. Fleksibel dengan Retractable Roof

Source : roofdeckgarden

Memasang atap rooftop rumah memang penting sebagai pelindung dari terik matahari. Akan tetapi, adanya atap juga bisa menghalangi pemandangan ke area sekitar. Nah, solusinya adalah retractable roof.

Atap dengan rancangan semacam ini memungkinkan untuk dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Misalnya saja, di siang hari yang terik, kamu bisa menutup atap sebagai peneduh. Kemudian, di pagi dan petang, retractable roof bisa dibuka supaya kamu bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise dan sunset tanpa penghalang.

3. Retractable Roof Model Payung

Source : gardencenter

Retractable roof yang satu ini lebih unik dan hemat tempat dengan desainnya yang menyerupai payung. Sesuai namanya, atap rooftop ini bisa dibuka dan ditutup layaknya payung. Praktis, ya!

Saat matahari sedang terik-teriknya, kamu tinggal membuka payung lebar ini sebagai peneduh. Kalau sudah malam, tutup lagi payungnya dan kamu bisa menikmati indahnya gemerlap bintang dan lampu kota dari atap rumah.

4. Atap Kanopi Fiber Polycarbonate

Source : houzz

Atap rooftop rumah yang terbuat dari bahan fiber polycarbonate bersifat semi transparan. Lapisannya cukup tebal dan keruh sehingga mengurangi intensitas paparan matahari. Alhasil, area rooftop tetap terang tetapi lebih teduh dan tidak terlalu terik.

Menariknya lagi, bahan fiber polycarbonate terdiri dari berbagai pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai selera. Untuk tampilan minimalis yang simpel, kamu bisa memilih kombinasi warna putih. Namun, kalau ingin bayangan yang lebih teduh, ada baiknya memilih bahan fiber polycarbonate dengan warna gelap.

Baca juga:

5. Romantis dengan Atap Bergaya Rustic

Source : mymove

Ingin menciptakan suasana romantis ala anak senja di rooftop rumah? Bisa banget kok! Yang kamu butuhkan hanyalah beberapa balok kayu sebagai kanopi. Lalu, gunakan kain sebagai peneduh.

Tak lupa, tambahkan lampu-lampu berwarna hangat agar suasana makin romantis di malam hari. Supaya makin cozy, tambahkan tempat duduk yang nyaman atau dipan rendah dengan cushion pillows. Romantik banget, kan?

Sayangnya atap rooftop rumah semacam ini tidak akan memberi perlindungan saat hujan deras. Jadi, ada baiknya kamu menggunakan furnitur yang tahan air.

6. Payung Sebagai Alternatif Atap Rooftop Rumah

Source : Pinterest

Kalau tidak ingin memasang atap rooftop yang permanen, payung piknik pun bisa jadi alternatif. Kini bahkan tersedia payung yang didesain khusus untuk pemakaian outdoor, yakni kaki payung berada di samping alih-alih di tengah.

Menariknya lagi, desain payung semacam ini mudah digerakkan untuk disesuaikan dengan posisi matahari. Bahkan, payungnya bisa dimiringkan untuk menghalau sinar matahari yang mulai tergelincir.

Yang tak kalah penting, payung semacam ini tidak perlu dipasang secara permanen. Artinya, kamu bisa menyimpannya ketika tidak diperlukan. Alhasil, area rooftop jadi lebih lapang.

7. Atap Rooftop dengan Solar Panel

Source : Pinterest

Memanfaatkan atap rooftop sebagai pembangkit listrik, kenapa tidak? Lagipula, area rooftop memang mendapat cahaya matahari yang melimpah. Maka, tidak ada salahnya dimanfaatkan dengan memanen tenaga matahari sebagai sumber listrik rumah tangga.

Dengan begitu, fungsi atap rooftop bukan hanya sebagai peneduh dari teriknya matahari. Justru atap rooftop menjadi sarana untuk menghemat listrik dan eco-friendly.

Baca juga:

8. Atap Rooftop Rumah Kaca

Source : gardennappyvalleynet

Buat kamu yang punya hobi berkebun, rooftop dengan atap kaca bisa jadi tambahan yang bermanfaat di rumah. Area rumah kaca di atas rooftop ini sangat cocok untuk dijadikan tempat membudidayakan aneka tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman sayur.

Pasalnya atap kaca memaksimalkan gelombang matahari yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis. Udara di dalam rumah kaca pun terjaga kelembapannya sehingga tanaman tumbuh dengan subur.

Baca juga: 10 Ide Rumah Rooftop Korea Seperti di Drama

9. Atap Rooftop Bergaya Patio

Source : architectureartdesign

Pada dasarnya patio adalah area di luar ruangan yang umumnya digunakan untuk bersantai ataupun makan bersama. Nah, kalau menggunakan konsep patio di rooftop, kamu akan perlu peneduh untuk melindungi dari panas matahari.

Atap rooftop ini berupa susunan kayu yang membentang tak hanya di atas, tapi juga di sisi kanan dan kiri. Tujuannya agar menjadi peneduh tidak hanya saat matahari sedang di atas kepala, tetapi juga saat menjelang siang dan sore ketika matahari sudah mulai tergelincir.

Tampilannya juga simpel dan estetik, apalagi warnanya senada dengan lantai kayu. Tak lupa, tambahan lampu-lampu yang berjajar di sepanjang kanopi kayu semakin mempercantik tampilan patio.

Itulah 9 inspirasi atap rooftop sebagai peneduh yang melindungi dari terik matahari dan hujan. Dengan adanya peneduh, kamu pun bisa bersantai di rooftop kapan saja tak peduli kondisi cuaca.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download