Kebutuhan dan Denah Ruangan dalam Rumah

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Kebutuhan dan Denah Ruangan dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 29 December 2021 ∙ 4 menit membaca

Membuat desain denah rumah adalah sebuah kegiatan penuangan ide-ide kedalam gambar arsitektur untuk memecahkan dan menemukan bentuk rumah terbaik menyesuaikan ukuran tanah yang tersedia serta kebutuhan dan keinginan ruangan yang diharapkan ada dalam sebuah denah ruangan pada rumah.

Adapun berbagai ruangan yang dapat dimasukan dalam desain denah rumah tinggal antara lain:

  1. Pagar rumah yang berfungsi memperindah dan bemberikan keamanan pada rumah tinggal.
  2. Taman depan merupakan area hijau sehingga diciptakan suasana nyaman dengan udara segar.
  3. Garasi / car port sebagai tempat parkir kendaraan
  4. Teras rumah untuk tempat santai didepan rumah sekaligus sebagai media mempercantik tampak eksterior depan rumah tinggal
  5. Ruang tamu untuk menerima tamu
  6. Ruang tidur untuk melepas lelah setelah melakukan berbagai aktifitas kehidupan.
  7. Ruang keluarga sebagai ruang santai bersama keluarga
  8. Ruang makan sebagai ruangan khusus makan dan aktifitas sejenisnya.
  9. Dapur atau kitchen room yang merupakan ruangan khusus melakukan kegiatan masak memasak.
  10. Kamar mandi dan toilet untuk membersihkan badan.
  11. Ruang belajar
  12. Ruang kerja
  13. Toko
  14. Ruang santai
  15. Ruang jemuran
  16. Ruang setrika
  17. Kamar tidur pembantu
  18. Ruang ibadah untuk melakukan aktifitas ibadah kepada tuhan yang maha esa.
  19. Dll.

Berbagai macam ruangan tersebut dapat disesuaikan jumlah serta ukuranya menyesuaikan kebutuhan penghuni rumah, luas tanah yang tersedia serta rencana anggaran biaya yang disiapkan untuk membangun uangrumah idaman.

Baca Juga:

Denah-rumah

Setelah ditentukan apa saja ruangan yang akan dituangkan kedalam denah rumah maka selanjutnya dapat di otak-atik perletakanya pada saat melakukan desain denah rumah sehingga didapatkan perletakan ruangan yang baik dan nyaman.

Dalam membuat denah ruangan rumah diperlukan beberapa tips sehingga dihasilkan hubungan antara ruang yang baik diantaranya adalah

  1. Lokasi ruang tamu berada didekat pintu utama dan mudah dilihat oleh tamu.
  2. Lokasi ruang makan berdekatan dengan ruang dapur
  3. Lokasi ruang keluarga berdekatan dengan ruang makan dan dapur.
  4. Jika dibuat rumah bertingkat maka lokasi tangga diatur sedemikian rupa sehingga mudah dilihat dan dihasilkan sebuah desain interior rumah yang indah dengan ornamen tangga.
  5. Dan sebagainya.

Baca Juga :

Cara Mengatur Letak Ruangan pada Denah Rumah

Kebutuhan ruangan banyak tapi ukuran tanah yang tersedia terbatas, ini bisa membuat bingung dalam mengatur perletakan ruangan pada denah rumah. Namun hal itu bukankanlah suatu masalah yang tidak ada jalan keluarnya, perlu pengaturan khusus agar setiap ruangan bisa berada pada posisi yang pas. disini kita akan membahas tentang cara mengatur letak ruangan pada denah rumah sehingga diharapkan bisa mendapatkan bentuk rumah yang paling nyaman untuk dihuni keluarga.

Mengatur Letak Ruangan pada Denah Rumah

  1. Yang pertama kita lakukan adalah membuat daftar ruangan yang dibutuhkan, kita tulis saja dulu semua yang terpikir lalu dipilah-pilah lagi mana yang harus ada dan mana yang tidak begitu penting keberadaanya.
  2. Selanjutnya kita ukur tanah yang akan dibangun rumah, ukuran tanah tersebut kemudian dituangkan kedalam bentuk gambar sketsa yang akan kita gunakan untuk corat-coret dan coba-coba otak-atik letak ruangan.
  3. Memikirkan berapa anggaran yang disediakan untuk membangun rumah, dari situ dapat kita tentukan apakah hendak membangun rumah bertingkat atau cukup satu lantai saja, kita juga dapat memperkirakan seberapa luas bangunan yang dapat dibangun dengan budget tersebut.
  4. Setelah itu kita lanjutkan ke tahap perencanaan, yaitu membuat gambar denah ruangan rumah. disini kita bisa mencoba-coba perletakan ruangan sambil membayangkan kira-kira nyaman tidak apabalia dibuat seperti ini, dan apakah masih bisa dimaksimalkan lagi letak dan ukuran ruanganya?
  5. Ada beberapa pedoman yang bisa digunakan dalam membuat desain denah rumah agar bisa menghasilkan yang terbaik.

Pedoman dalam Membuat Denah Rumah

  1. Ada area ruang publik, ada area ruang privat, dan ada area ruang keluarga yang perlu ditata dengan baik.
  2. Posisi pintu ruang tidur tidak langsung menghadap ruang tamu.
  3. Ruang keluarga berdekatan dengan ruang makan dan ruang dapur.
  4. Semua ruangan terdapat jendela untuk sirkulasi udara bersih.

Selamat berkreasi dalam menuangkan daya imajinasi sehingga bisa dihasilkan denah ruangan rumah terbaik, silahkan melihat-lihat gambar denah rumah tinggal yang banyak tersebar di internet untuk memudahkan proses berpikir, dan selamat berjuang untuk memberikan desain rumah yang terbaik untuk keluarga


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Wisteria Cakung dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel