Pinhome

Tips Properti

Denah Rumah Tipe 21

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Ada beberapa macam tipe rumah yang kita kenal berdasar atas luas lahannya. Tipe tersebut antar lain tipe 21, tipe 27, tipe 36, tipe 45, tipe 60 dan seterusnya. Masing-masing angka dalam nama tipe tersebut mewakili luas lahan rumah yang dipakai. Misalnya saja rumah tipe 21, artinya rumah tersebut dibangun di atas lahan seluas 21 meter persegi.

Tipe rumah 21 merupakan tipe rumah yang tergolong sangat mungil. Karena mungilnya ini, denah rumah tipe 21 juga sederhana. Denah ini tidak menggunakan banyak ruangan karena lahannya yang terbatas. Denah rumah tipe 21 ini seperti kamar kos namun dengan sedikit pelebaran. Hasilnya, kebanyakan ruangan yang ada dalam denah rumah tipe 21 hanya terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu dengan ukuran yang sangat mini. Meskipun demikian, kita juga masih bisa menambahkan beberapa ruangan tambahan dengan mengeliminasi ruangan yang kurang penting. Misalnya saja dengan mengurangi jumlah kamar dan menggunakannya sebagai ruang dapur,dsb.

Penggunaan sekat atau tembok yang ada dalam denah rumah tipe 21 sangatlah sedikit. Hal ini untuk menciptakan pandangan yang luas serta mempermudah penghuni untuk bergerak. Selain itu, penggunaan pintu juga sedikit. Pintu mungkin hanya berjumlah 2 buah yang lagsung bertatapan dengan halaman rumah.

Agar tetap merasa lebih nyaman, maka perabot yang digunakan dalam denah rumah tipe 21 hanya merupakan perabot yang dianggap penting saja. Misalnya kasur, sofa mini, meja serbaguna, dan lemari saja. Jika kita menggunakan perabot yang banyak dan terlalu besar, maka kita akan pusing melihat furniture yang ada di mana-mana. Selain memberikan kesan yang sumpek, ini juga akan mengganggu kita dalam bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

Rumah yang menggunakan denah rumah tipe 21 cenderung memiliki perawatan yang mudah. Hal ini disebabkan karena ukuran yang mungil sehingga kita tak perlu repot membersihkan ruangan yang ada dalam waktu yang lama. Selain itu, jika terjadi kerusakan pada bangunan, misalnya genteng yang bocor, maka akan cepat mudah terdeteksi karena atapnya yang kecil dan penghuni sangat focus menggunakan ruangan yang ada.

Membuat rumah dengan denah rumah tipe 21 dianggap relative terjangkau. Luas lahan yang hanya 21 meter persegi cenderung memiliki harga yang relative murah ketimbang lahan yang berukuran luas. Selain itu, pembangunan ruangan juga akan terbatasi jumlahnya. Hal ini akan menekan biaya yang keluar.

Rumah yang menggunakan denah rumah tipe 21 cocok bagi orang yang ingin tinggal sendiri atau dengan keluarga yang sangat kecil. Jika terlalu banyak penghuni, maka rumah akan terkesan sumpek dan kacau sekali. Namun, rumah dengan denah rumah tipe 21 bukan berarti tidak bisa mewah karena kemewahan rumah tidak bisa diukur dari luas lahan. Kita bisa menggunakan material seperti keramik atau porselin yang bagus sehingga menciptakan keindahan. Lalu, kita juga masih bisa mendesain ruangan agar nampak seperti apartemen yang khusus digunakan untuk 1 atau 2 orang.

Maka dari itu, jika kita memiliki luas lahan yang hanya 21 meter persegi, jangan berhenti untuk memiliki keinginan membangun rumah. Gunakanlah denah rumah tipe 21 yang bisa kita dapat dari beberapa sumber seperti dari internet, brosur perumahan,majalah, dsb. Di sana kita akan menemukan beberapa macam denah yang indah dan nyaman yang siap dibangun di atas lahan kita.

Tags :

Bagikan Artikel