BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Mushola Minimalis Terbuka di Rumah
0
0

15 Desain Mushola Minimalis Terbuka di Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
mushola minimalis terbukatop-right-banner

Beribadah merupakan kebutuhan rohani tiap umat beragama. Umat Muslim memiliki ritual salat lima waktu yang perlu ditunaikan sebagai kewajiban pada Sang Pencipta. Untuk membuat salat khusyuk, biasanya di dalam rumah disediakan tempat khusus untuk melakukan ibadah ini. Membangun mushola minimalis terbuka dengan pilihan warna cat mushola yang bagus di dalam rumah bisa jadi solusinya!

Pinhome memiliki ragam inspirasi Rumah Ekslusif yang bisa jadi referensimu membangun mushola minimalis terbuka di rumah. Ada pula fitur pencarian guna menemukan hunian dekat Pasar Tanjungsari Sumedang, perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa atau sekitar RS Aulia Jagakarsa dan sebagainya.

Desain Mushola Minimalis Terbuka

Kamu bisa memanfaatkan ruang sekecil apa pun di rumah untuk mewujudkannya. Dengan desain mushola terbuka, ruang kosong yang ada di rumah bisa beralih fungsi menjadi desain mushola minimalis terbuka untuk kamu dan keluarga kecilmu. Berikut beberapa inspirasi desainnya!

1. Mushola Minimalis Terbuka Aksen Kayu

Source : Pinterest

Nuansa cokelat dari material kayu yang digunakan akan menghadirkan kesan yang elegan jika dipadukan dengan karpet berwarna senada. Tidak perlu banyak aksesori, mushola ini pasti akan membuat pemiliknya betah untuk beribadah berlama-lama.

2. Mushola dengan Rak Terbuka

Source : Pro Design Surabaya

Masih dalam konsep alami dalam nuansa kayu yang berkesan hangat dan nyaman, kamu bisa menambahkan rak terbuka sebagai ornamen mushola minimalis milik kamu. Selain menjadi mushola, tempat ini juga bisa sekaligus difungsikan sebagai perpustakaan mini di rumah.

3. Mushola Minimalis Terbuka di Bawah Tangga

Source : Pinterest

Memiliki ruang bawah tangga yang tidak digunakan? Kamu bisa memanfaatkannya menjadi mushola di dalam rumah. Hanya perlu menambahkan rak terbuka untuk menempatkan peralatan salat, mushola minimalis terbuka di rumahmu terealisasi tanpa perlu repot membuka ruang baru.

Baca juga: 7 Desain Mushola Kecil di Luar Rumah

4. Gaya Industrial Kekinian

Source : Pinterest

Siapa bilang gaya industrial tidak bisa diaplikasikan sebagai desain mushola terbuka? Hanya bermodal semen dan bata ekspos, kamu bisa mendapatkan mushola dengan ruang terbuka di hunianmu. Gunakan tata cahaya yang tepat pada salah satu sudutnya untuk kesan nyaman.

5. Desain Ala Timur Tengah

Source : Demix

Gaya khas Timur Tengah akan membuat mushola minimalis terbuka kamu tampil semarak. Cukup tambahkan aksesori ala Timur Tengah seperti jendela berornamen atau karpet jika kamu memiliki bujet terbatas. Tertarik mencoba, Pins?

6. Mushola dengan Nuansa Warna Hijau

Source : IDN Times Jateng

Warna hijau memiliki simbol kebaikan berupa kenyamanan dan keindahan dalam Islam sementara warna putih mewakili unsur kebersihan dan kebahagiaan. Kombinasikan dua warna tersebut pada desain mushola terbuka di hunianmu dan dapatkan mushola minimalis dalam tampilan rupawan.

7. Desain Sudut Ruangan Minimalis

Source : Pinterest

Sudut ruang di area rumah yang jarang digunakan, juga bisa kamu sulap menjadi mushola terbuka. Areanya tidak perlu luas karena hanya akan digunakan oleh anggota keluarga atau tamu yang berkunjung. Kamu cukup tambahkan lemari kecil untuk meletakkan perlengkapan salat agar ruangan mungil tersebut tetap rapi.

Baca juga: 5 Desain Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah yang Simple

8. Penekanan Pada Dekorasi Minimalis

Source : Pinterest

Gunakan warna netral untuk desain mushola terbuka. Pilih aksesori interior yang sederhana agar ruangan yang mungil bisa terkesan lebih luas. Aksen kayu sederhana bisa ditambahkan sebagai penunjuk arah kiblat.

9. Mushola Minimalis Terbuka Dekat Taman

mushola minimalis terbuka
Source : Harapan Rakyat Online

Jika kamu memiliki taman dalam rumah, pertimbangkan untuk membuat mushola terbuka dengan desain simpel yang berbatasan dengannya. Nuansa hijau dari pohon dan dedaunan akan membuat suasana beribadah menjadi nyaman. Selain itu, sirkulasi udaranya pun sejuk.

10. Mushola Bergaya Jepang

mushola minimalis terbuka
Source : Pinterest

Desain mushola terbuka bergaya Jepang tampil dalam sentuhan minimalis, bersih, dan tidak melibatkan banyak ornamen. Elemen kayu atau bambu bisa digunakan untuk mendekorasi dinding hingga lantainya. Walaupun desainnya minimalis, tapi bisa menentramkan hati dan pikiran selepas beribadah.

Baca juga: Ini Dia 7 Model Mimbar Mushola Minimalis

11. Penggunaan Lampu Temaram Pada Mushola

Source : Deal Rumah

Kamu bisa menggunakan cat dengan warna-warna lembut favorit untuk mushola kamu. Warna-warna lembut akan menghasilkan suasana sejuk yang menenangkan jika dipadankan dengan pemilihan lampu temaram pada sudut-sudut tertentu. Hasilnya pasti syahdu!

12. Desain Menyatu dengan Kamar Tidur

mushola minimalis terbuka
Source : CV. Arsitek Indo Kontraktor

Terutama untuk kamu yang tinggal di apartemen, sisakan sudut kecil di kamar tidurmu untuk sekadar meletakkan sajadah. Pilih area dekat jendela dan tambahkan aksesori dinding yang sesuai agar mushola minimalis terbukamu jadi nyaman.

13. Mushola di Atas Loteng

Source : Beautynesia

Ruang kosong di area loteng juga bisa diubah menjadi mushola terbuka dengan desain minimalis untuk keluarga. Yang perlu diperhitungkan adalah tinggi ruangan agar kamu tetap dapat beribadah dengan nyaman. Gunakan atap genteng kaca sebagai pencahayaan agar desain mushola terbuka tidak suram.

14. Mushola Sebagai Sekat Ruangan

mushola minimalis terbuka
Source : Tokopedia

Hunian minimalis terkadang membuat kamu tidak bisa membuat ruangan khusus untuk beribadah. Untuk memastikan kekhusukkan ibadahmu, manfaatkan ruang kosong yang paling luas di rumah untuk dijadikan mushola. 

Desain mushola terbuka bisa kamu aplikasikan dengan menyematkan tirai sebagai pengganti pintu mushola. Kamu bisa tambahkan lemari kecil untuk meletakkan peralatan sholat agar tetap rapi. Ruangan pun tetap bisa digunakan saat tidak digunakan untuk salat.

Baca juga: 8 Model Jendela Mushola Minimalis

15. Nuansa Etnik

mushola minimalis terbuka
Source : Pinterest

Cukup tambahkan elemen dekorasi bernuansa etnik seperti ukiran lafaz Allah dari kayu jati untuk tampilan lebih menarik, tapi jangan berlebihan. Jadikan dinding tertutup pada bagian depan sebagai kiblat dan bukaan besar di bagian belakang sebagai jalur keluar masuk orang.

Semoga ide-ide desain mushola terbuka di atas bisa menginspirasi dalam mewujudkan tempat ibadah impian di hunian kamu ya!

Featured Image Source: Pexels/monstera


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download