BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9 Agar Terlihat Luas
0
0

12 Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9 Agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Ambar Eka Purbowani dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 10, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
denah pondasi rumah ukuran 7x9top-right-banner

Kamu ingin membangun rumah dengan desain rumah minimalis yang nyaman dan menenangkan dengan ukuran 7×9. Sebelum membangun maka kamu memerlukan desain denah pondasi rumah ukuran 7×9 terlebih dahulu.

Namun sebelum itu jangan lupa instal aplikasi Pinhome. Temukan ragam properti di seluruh Indonesia seperti rumah bekas di Mojokerto hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence. Melalui fitur PinValue, kamu dapat menemukan hunian dekat Terminal Kediri dengan harga terbaik.

Macam-macam Pondasi Rumah

Jenis pondasi rumah ternyata beragam mulai dari pondasi menerus, tiang pancang, telapak dan sebagainya. Untuk mengetahui perbedaannya dapat menyimak definisinya dalam poin berikut:

  • Pondasi bore pile merupakan pondasi dengan tiang pancang berbentuk silinder yang ditanamkan ke dalam tanah. Umumnya pondasi seperti ini untuk kondisi tanah yang kurang stabil
  • Pondasi menerus adalah balok beton yang diletakan kontinu di bawah seluruh dinding bangunan. Tujuannya adalah mendistribusikan beban struktur lebih merata ke tanah di bawahnya
  • Pondasi tiang pancang merupakan tiang beton atau baja yang ditanamkan ke dalam tanah guna mendukung tanah yang lunak
  • Pondasi telapak ialah balok beton ditempatkan di sepanjang batas bangunan dan di bawah dinding-dinding utama berfungsi membuat dimensi yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan bangunan
  • Pondasi rakit memakai sistem rakit sebagai dasar bangunan yang mana plafon beton terbuat dari beton bertulang atau konstruksi baja ditempatkan di atas rakit

Baca juga: Mau Desain Rumah Sederhana tapi Mewah? Begini Caranya!

Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9

Setelah memahami jenis pondasi, berikut ragam denah pondasi rumah ukuran 7×9 yang bisa kamu jadikan rujukan. Tak hanya untuk bangunan satu lantau saja melainkan juga dua lantai.

1. Denah Pondasi Rumah 3 Kamar Tidur

Source : dokumentasipribadi

Kamu dapat membuat denah pondasi rumah ukuran 7×9 dengan tiga kamar tidur dan satu kamar mandi seperti pada gambar. Sudah dilengkapi dengan teras dan carport untuk memarkir kendaraan kamu.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Kekinian 2022 dan Biayanya

2. Desain Pondasi dengan 3 Kamar Tidur dan 2 Toilet

Source : dokumentasipribadi

Kabar baik untuk kamu yang memiliki 2 sampai 3 anak dengan jenis kelamin yang berbeda. Pada luas bangunan dengan denah pondasi rumah ukuran 7×9 dapat diterapkan desain pondasi yang memiliki 3 kamar tidur dan 2 toilet.

Toilet ada satu dalam kamar utama dan satu lagi dekat dapur. Kamu juga bisa menempatkan anak laki-laki pada kamar paling belakang.

Desain ini menggunakan dapur dalam rumah. Sementara ruang tamu dan ruang keluarga dibuat dengan open space agar terlihat lebih luas. Untuk kamar diletakkan sejajar dan berurutan dari kamar utama, kamar 2 dan kamar 3.

3. Desain Pondasi dengan 2 Ruang Tamu

Source : dokumenpribadi

Kamu dapat memilih desain dengan dua ruang tamu untuk denah pondasi rumah ukuran 7×9. Dimana ruang tamu digunakan khusus untuk menerima tamu berbeda. Misalnya tamu anak dan tamu orang tua berada di ruang tamu yang berbeda.

Keuntungan penerapan ruang tamu yang berbeda adalah saat tamu datang bersamaan. Seperti tamu anak yang datang bersamaan dengan tamu ayah. Tidak mungkin tamu-tamu ini digabung dalam satu tempat.

Karena obrolan orang tua dan anak-anak jelas berbeda. Sehingga kamu dapat memisahkan tamu ke ruangan satunya. Apakah kamu tertarik menerapkan desain ini Pins?.

4. Desain Pondasi dengan 2 Dapur

Source : dokumentasipribadi

Pada desain denah pondasi rumah ukuran 7×9 kali ini, kamu akan memiliki 2 dapur. Dapur bersih ada dalam rumah sementara dapur kotor ada di luar rumah.

Desain dengan konsep dua dapur cocok untuk kamu yang menyukai masak tetapi anti dengan kotor dan bau. Sehingga kamu dapat memasak dan kotor ria di dapur kotor. Sementara dapur bersih untuk makan bersama keluarga serta tempat hidangan yang akan disantap.

5. Desain Pondasi 2 lantai dan 4 Kamar Tidur

Source : dokumentasi pribadi

Pada desain denah pondasi rumah ukuran 7×9 yang ada di gambar, rumah dibuat dua tingkat dengan 4 kamar tidur. Kamar tidur utama berada di lantai atas sementara kamar tamu berada di bawah.

Source : dokumentasipribadi

Desain ini tidak cocok untuk kamu yang sudah lanjut usia dan ingin menempati kamar utama. Sebaiknya kamar utama dapat ditempati oleh anak. Hal ini berguna agar kamu tidak sulit untuk naik turun tangga.

Baca juga: Desain Rumah Terbaik di Indonesia

6. Desain Pondasi dengan 2 Kamar Tidur

Source : dokumentasipribadi

Bagi kamu yang menginginkan hunian lebih luas dan masih memiliki anak sedikit. Denah pondasi rumah ukuran 7×9 dengan dua kamar adalah pilihan tepat karena kamar yang ada lebih luas.

Kamar yang dibangun terdiri dari kamar utama dan kamar anak dengan satu toilet khusus anak-anak yang berada dalam kamar. Toilet anak dapat dilengkapi dengan perabotan yang ramah dan mudah digunakan anak.

Seperti toilet duduk yang rendah dan mudah dijangkau. Wastafel yang tingginya lebih pendek dari anak. Biasanya desain seperti ini pas untuk kamu pasangan suami istri muda.

7. Desain Pondasi dengan Ruang Bermain Anak

Ruang bermain anak dibuat khusus pada desain denah pondasi rumah ukuran 7×9 ini. Alhasil anak punya arena bermain sendiri dan dapat meredam kebisingan yang dibuat. Seperti suara tangisan dan teriak-teriak.

Source : dokumentasipribadi

Keuntungan lain yang dapat kamu terima adalah mudahnya membersihkan dan membereskan bekas anak bermain. Kamu hanya perlu membersihkan satu ruangan saja tanpa capek membersihkan ruangan yang lain.

Hal ini karena anak fokus bermain hanya di ruang main sehingga tidak mengacak-acak ruang tamu. Tidak mencoret-coret dinding ruangan yang ada di dalam rumah.

8. Desain Pondasi dengan Mushola

Source : dokumentasipribadi

Pins yang beragama islam dapat menggunakan denah pondasi rumah ukuran 7×9 yang ada mushola seperti ini. Mushola dapat menjadi area khusus beribadah dan steril dari najis.

Ajarkanlah anak untuk menjaga mushola dari najis dan pastikan mereka harus selalu suci saat memasukinya. Enaknya lagi saat ada teman atau kolega yang berkunjung ke rumah. Kamu hanya perlu mengarahkan mereka ke musholah jika ingin beribadah.

Alhasil tidak perlu bingung mencarikan tempat untuk mereka beribadah. Terlebih jika harus masuk ke dalam rumahmu.

9. Desain dengan Kolam Renang di Teras

Source : dokumentasipribadi

Desain kolam renang anak di teras dapat ditambahkan dengan kedalaman yang ramah anak. Kolam dibuat khusus untuk anak-anak berenang dan bermain air.

10. Desain dengan Kolam Ikan dan Taman di Halaman Belakang

Source : dokumentasipribadi

Pins yang suka bersantai dan menikmati alam. Kamu dapat membangun taman dan kolam ikan di halaman belakang dengan denah pondasi rumah ukuran 7×9.

Area ini dapat menjadi titik favorit untuk bersantai di rumah. Seperti menyeruput kopi hangat yang ditemani gemericik air dan kepakan ekor ikan.

11. Desain dengan Carport dan Taman di Halaman Depan

Source : dokumentasipribadi

Carport dapat ditambahkan khusus dan berpadu dengan taman di halaman depan. Taman dapat menambah suasana sejuk dan teduh pada rumah. Ingatlah untuk rajin merawat dan menyiram taman depan kamu.

12. Desain Pondasi dengan Taman Indoor

Source : dokumentasipribadi

Bagi kamu yang menyukai dan merasa nyaman berada dalam rumah. Kamu dapat menambahkan taman indoor sebagai titik untuk bersantai. Denah pondasi rumah berukuran 7×9 yang memiliki taman indoor dapat kamu lihat dibawah ini.

Alhasil kegiatan dalam rumah menjadi semakin menarik dan menyenangkan. Kamu dapat menggelar matras dan berolahraga dekat taman yang ada dalam rumahmu. Bagaimana tertarik untuk menggunakan denah pondasi rumah ukuran 7×9 di atas?

Baca juga: Tips Desain Rumah yang Nyaman dan Aman 

Featured Image Source: pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen Amarta View dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download