Pinhome

Properti

Cerdas Memilih Jasa Arsitek

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Buat sebagian orang jasa desain rumah lewat arsitek sangatlah penting saat membangun rumah dari nol atau merenovasi. Arsitek akan membantu membuat desain rumah dan struktur yang efisien dan efektif. Tapi memilih arsitek bisa dibilang gampang-gampang susah.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memilih arsitek yang akan mewujudkan desain rumah sesuai keinginan tanpa perlu kaget oleh pembengkakan biaya tiba-tiba. Tidak semua arsitek maupun penyedia jasa desain rumah menerapkan biaya mahal untuk jasanya. Jika tak ada anggaran khusus, manfaatkan rubrik konsultasi arsitektur yang banyak tersedia di media massa.

Setiap arsitek, khususnya yang sudah berpengalaman, akan memiliki gaya dan kekhasan tersendiri yang menjadi trade mark-nya dan pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan gaya yang diinginkan. Sampaikan kebutuhan dan kemampuan dengan jelas, sehingga arsitek bisa mendesain rumah sesuai dengan keinginkan dan kemampuan. Bagaimanapun fungsi memakai jasa desain rumah adalah harus dapat mengakomodasikan keinginan dan kemampuan sang pemilik rumah.

Jika sudah memutuskan untuk memilih seorang arsitek, maka pada proses berikutnya diperlukan diskusi dan kerja sama yang baik antara Anda dengan sang arsitek. Sering-seringlah mengadakan tukar pemikiran agar arsitek benar-benar memahami apa yang menjadi keinginan. Jelaskan dengan detil desain rumah seperti apa yang diinginkan mulai dari denah rumah hingga penggunaan interior. Perjelas pula sejauh mana peran dan jasa desain rumah yang akan diberikan oleh arsitek. Begitu juga bila menemui hal yang tidak sukai, segera komunikasikan hal tersebut.

desain ruang keluarga

Lalu jangan ragu untuk bertanya masalah fee arsitek untuk jasa desain rumah. Kadang ada arsitek yang sudah memiliki tarif tersendiri, ada pula arsitek yang fee-nya ditentukan dari persentase dari harga bangunan. Apakah fee sudah termasuk dengan pengawasan selama pembangunan, apakah konsultasi hanya sampai gambar desain rumah awal saja (denah tampak potongan dan gambar 3 dimensi) atau sampai keluar gambar cetak biru dan RAB (Rencana Anggaran Bangunan).

Tanyakan pula dengan sejelas-jelasnya pada penyedia jasa desain rumah, apakah akan ada ekstra pengeluaran untuk pajak, pengeluaran operasional, dan akomodasi untuk pengawasan selama proses pembangunan. Sehingga, budget dapat disiapkan dan dimaksimalkan penggunaannya dengan sebaik-baiknya.

Tags :

Bagikan Artikel