Inilah 20 Jenis Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah yang Wajib Diketahui!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 17 January 2021 ∙ 9 menit membaca

Pins sedang berencana untuk membangun rumah impian? Yuk, kenali beberapa bahan bangunan untuk membangun rumah berikut ini yang penting untuk diketahui. Selain merupakan material yang wajib ada dalam setiap pembangunan rumah, bahan-bahan ini juga penting untuk diketahui agar Pins tidak tertipu oleh jasa kontraktor yang akan membangun rumah nantinya.

Baca juga: 

20 Jenis Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah

Pins tentunya tidak ingin salah pilih kan dalam membeli bahan bangunan untuk membangun rumah impian? Apalagi jika sampai tertipu oleh jasa kontraktor karena tidak mengetahui jenis bahan mentah untuk bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Yuk, simak bahan-bahan material bangunan untuk membangunrumah berikut ini!

Material Semen

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Wira.co.id)

Semen, terdiri dari 4 unsur penting yaitu batu kapur sebagai unsur yang utama, lalu tanah liat yang mengandung SiO2, Al2O3, dan Fe2O3, batu silika dan pasir besi yang akan ditambahkan apabila hanya terdapat sedikit SiO2 dan sedikit Fe2O3 dalam tanah liat. Bahan bangunan yang satu ini merupakan material yang sangat penting dan wajib untuk disiapkan, Pins.

Apabila tidak ada semen, maka bahan mentah untuk bangunan yang lainnya seperti batu bata atau batako tidak akan menempel satu sama lain. Selain itu, semen juga merupakan bahan bangunan yang vital dalam proses membangun rumah karena memegang andil penting untuk membuat pondasi yang kokoh.

Baca juga: 

Material Metal

(Factorymetal.org)

Salah satu bahan bangunan yang kuat untuk dijadikan pondasi adalah metal. Terdapat beberapa jenis metal yang sering digunakan sebagai bahan bangunan Pins! Contohnya seperti metal baja, yang juga memiliki campuran besi sebagai komponen utama untuk pondasi bangunan. Selain itu pilihan metal lainnya adalah titanium, krom, perak, dan emas.

Walaupun jarang digunakan untuk rumah, terkadang beberapa bangunan hotel atau gedung ada yang menggunakan bahan metal mewah seperti emas, Pins. Pada umumnya, bahan metal seperti baja digunakan sebagai kerangka kontruksi bangunan-bangunan yang besar seperti gedung pencakar langit, atau pelapis permukaan gedung.

Baca juga:

Material Kaca

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Kompas.com)

Kaca adalah bahan bangunan yang pada umumnya digunakan sebagai jendela atau variasi pada pintu suatu bangunan. Pada saat pertama kali digunakan, material tipis dan bening ini sering dipakai untuk melapisi ventilasi pada rumah-rumah Pins.

Namun, dengan kecanggihan teknologi saat ini, material kaca sering dijadikan semacam tirai yang dapat menutupi permukaan bangunan. Selain itu, kaca juga bisa digunakan untuk penutup atap yang tujuannya agar mendapatkan pencahayaan yang cukup ke dalam ruangan.

Baca juga: 

Material Pipa

(Universal Eco)

Material pipa ternyata memiliki peranan penting dalam suatu konstruksi bangunan, Pins. Biasanya pipa digunakan untuk menghubungkan saluran air dan saluran pembuangan, seperti untuk kamar mandi, wastafel, dan lainnya.

Material Batu Bata

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Medcom.id)

Batu bata merupakan bahan bangunan untuk membangun rumah yang terbuat dari tanah liat, melalui proses pembakaran hingga memiliki warna kemerah-merahan yang khas. Namun, seiring berkembangnya teknologi, penggunaan batu bata sebagai bahan bangunan mulai berkurang. Posisi batu bata sebagai bahan untuk pondasi dinding saat ini sudah mulai tergantikan oleh gipsum dan bambu.

Baca juga: 

Material Lumpur dan Tanah Liat

(Orami)

Campuran lumpur dan tanah liat dapat menyatu dengan halus bersamaan dengan bahan bangun lainnya. Contohnya seperti pada beton, kegunaannya agar tidak ada rongga yang tersisa sehingga dapat membuat bangunan lebih cepat keropos.

Tanah liat menjadi salah satu bahan bangunan yang baik dalam menjaga keseimbangan pada ruangan. Contohnya ketika musim panas, tentu rumah akan terasa sejuk jika menggunakan material tanah liat begitupun sebaliknya apabila musim dingin, maka rumah akan terasa hangat.

Baca juga: Rekomendasi Toko Bahan Bangunan Terdekat dan Terlengkap di Berbagai Daerah

Material Batu

bahan bangunan untuk membangun rumah
(i News)

Bahan bangunan untuk membangun rumah yang selanjutnya adalah batu. Bahan bangunan ini merupakan material yang padat dan bisa memberikan perlindungan yang baik pada bangunan. Namun, batu juga ternyata sulit untuk memberikan temperatur yang hangat apabila tidak menggunakan penghangat ruangan yang sesuai.

Baca Juga: Kisaran Harga Pipa PVC Dari Berbagai Ukuran dan Merek Terlengkap!

Material Jerami

(Kompas)

Meskipun jarang digunakan oleh sebagian orang di Indonesia, kebanyakan penduduk yang tinggal di Afrika atau Eropa sering menggunakan jerami sebagai bahan bangunan untuk rumah tinggal mereka. Seperti di negara Belanda, atap jerami masih banyak digunakan pada bangunan-bangunan di sana. Sementara untuk di Indonesia sendiri, jerami masih banyak digunakan untuk atap-atap rumah tradisional, ataupun dalam pembangunan gazebo.

Baca juga: 

Material Kayu

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Kompas)

Bahan bangunan yang paling umum digunakan dan ditemukan ialah kayu. Kayu memiliki berat yang mudah untuk disesuaikan ataupun dibuat menjadi berbagai bentuk yang dibutuhkan. Selain itu, Kayu juga akan semakin kuat apabila dipadatkan secara vertikal Pins.

Bahan bangunan untuk membangun rumah ini sangat cocok digunakan di segala musim Pins! Kemudahannya untuk dibentuk dan disesuaikan dengan kebutuhan tentu akan membuat proses pembangunan semakin cepat.

Material Bambu

(Arsitag)

Beberapa proses pembangunan rumah mungkin masih menggunakan bambu sebagai salah satu bahan bangunannya. Material bambu ternyata memiliki daya tahan yang cukup baik dan awet hingga bertahun-tahun Pins! Selain itu, struktur bambu relatif mudah dibentuk untuk berbagai kebutuhan, seperti rangka atap, dinding, pagar, dan lain sebagainya.

Bambu juga cenderung mudah untuk didapatkan dengan harga yang relatif murah. Namun Pins harus teliti saat membeli bambu karena ada beberapa jenis bambu yang tidak cocok untuk dijadikan sebagai bahan bangunan. Bambu yang bagus untuk bahan bangunan adalah yang tidak mudah rusak saat dipaku dan juga memiliki struktur yang lebih lentur sehingga mudah dibentuk.

Material Serbuk Kayu

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Pertanianku)

Mungkin Pins belum terlalu familiar dengan penggunaan bahan bangunan untuk membangun rumah yang satu ini. Padatan serbuk kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang ramah lingkungan. Bahan yang satu ini memanfaatkan limbah sehingga dapat membantu menurunkan pencemaran.

Serbuk kayu yang mungkin lebih sering digunakan untuk bahan bakar, ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai alternatif bahan bangunan pengganti bata dan kayu. Material yang merupakan limbah bahan bangunan ini sebaiknya tidak langsung dibuang karena masih bisa digunakan untuk bahan bangunan.

Baca juga: Rincian Biaya Bikin Kolam Renang dan Perawatannya Terlengkap!

Material Batako

(Kompas)

Saat ini kebanyakan pembuatan rumah atau bangunan sering kali menggunakan batako yang terbuat dari semen, pasir, dan pecahan batu. Campuran tersebut menghasilkan batako yang sangat kuat untuk bahan bangunan. Namun batako ini biasanya terlalu berat dan sedikit sulit untuk ditata.

Sebagai alternatif yang lebih ringan, Pins dapat menggunakan batako ringan untuk bahan bangunan. Material bahan bangunan untuk membangun rumah yang satu ini memiliki ukuran yang besar namun lebih ringan. Jadi saat diaplikasikan atau ditata akan lebih mudah dibandingkan dengan batako yang berat.

Material Daur Ulang

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Nikifour.co.id)

Bahan bangunan yang berikutnya adalah bahan daur ulang seperti bata plastik, tembok kaca, dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya, bahan-bahan ini memanfaatkan limbah atau sampah untuk dibentuk menjadi bahan bangunan daur ulang. Walaupun belum terlalu banyak yang menggunakannya, bahan daur ulang ini bisa menjadi alternatif bahan bangunan Pins.

Bahan bangunan yang terbuat dari bahan daur ulang biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Kualitasnya juga relatif awet sesuai dengan bahan yang digunakan. Limbah plastik dapat diolah menjadi bahan bangunan yang kuat dan tahan lama. Selain awet dan lebih murah, bahan bangunan seperti ini juga dapat membantu mengurangi sampah yang dapat mencemari lingkungan.

Material Besi Hollow atau Galvanis

(Sunrise Steel)

Besi menjadi salah satu bahan bangunan yang paling banyak digunakan untuk rumah-rumah modern. Besi galvanis biasanya memiliki bentuk yang panjang dengan lubang di bagian dalamnya. Penggunaan bahan bangunan ini antara lain untuk membuat struktur plafon, struktur dinding, rangka atap, dan kanopi.

Terdapat banyak pilihan ukuran besi galvanis yang dapat digunakan untuk bahan bangunan. Pins juga bisa memilih besi galvanis dengan ketebalan yang sesuai kebutuhan. Biasanya tebal besi galvanis yang ada di pasaran adalah 1mm hingga 1,6mm. Sedangkan ukurannya bermacam-macam, besi 4×4, besi 4×6, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 

Material Batu Kali

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Orami)

Batu kali merupakan salah satu dari banyaknya jenis batu yang sering digunakan sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah. Pins bisa menemukan batu ini di sungai atau kali dengan kualitas yang terbaik.

Jenis batu kali juga sering digunakan sebagai pondasi pada suatu bangunan. Selain itu, material yang satu ini juga memiliki ketahanan yang cukup baik untuk menjaga kekokohan bangunan.

Material Pasir

(Pinoy Builder)

Pasir merupakan salah satu bahan bangunan yang wajib tersedia ketika akan membangun rumah. Pada suatu konstruksi bangunan pasir sering dijadikan sebagai campuran semen. Selain itu, pasir yang berkualitas terbaik adalah yang memiliki kandungan lumpur paling sedikit untuk menghambat ikatan antara semen dan pasir.

Material Kerikil

(Pixabay)

Kerikil termasuk kedalam beberapa diantara jenis batu kecil yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan sebagai pengokoh dan pondasi.

Pins bisa menggunakan batu yang satu ini sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah. Saat ini batu kerikil juga sering dipakai untuk dijadikan pondasi pada bangunan.

Material Gamping

(Indoprecast)

Bahan bangunan untuk membangun rumah yang selanjutnya adalah batu gamping. Jenis batu ini merupakan batuan sedimen yang sering digunakan sebagai campuran pasir dan semen.

Pins ternyata bisa menggunakan bahan mentah untuk bangunan yang satu ini untuk menghemat penggunakan semen. Batu tersebut juga sudah banyak digunakan pada beberapa konstruksi bangunan.

Material Genting

bahan bangunan untuk membangun rumah
(Renew.org.au)

Selanjutnya adalah genting yang sering dijadikan sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah. Genting merupakan bagian penutup dari atap rumah yang terbuat dari tanah liat dan beton.

Material Baja

(Ekonomi.bisnis.com)

Bahan mentah untuk bangunan yang satu ini sering digunakan untuk menjadi bahan penguat dari suatu bangunan. Biasanya, bagian dari suatu konstruksi rumah yang membutuhkan baja adalah bagian sloof. Digunakan sebagai penguat pada dinding dan untuk memperkokoh suatu bangunan.

Itulah beberapa jenis material bahan bangunan untuk membangun rumah yang sering digunakan dan wajib untuk diketahui. Sekarang Pins sudah siap kan untuk membangun rumah impian dengan berbagai material bahan mentah untuk bangunan yang sudah dibahas di atas? Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Sindonews


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Model Keramik Motif Paving Terbaru

Paving sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari lantai atau area jalan yang biasa dipasang di dep

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia