Pinhome

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Batu alam adalah suatu kumpulan agregat pada kerak bumi yang telah mengalami perkerasan secara alamiah seperti pembekuan, pelapukan serta pengendapan. Disertai adanya proses kimia sehingga terbentu batuan alam, kesan natural dan indahnya batu alam menjadikan benda ini banyak digunakan sebagai bahan bahan bangunan. Dalam berbagai bentuk dan perletakan yang mungkin dilakukan sehingga tercipta sebuah nilai-nilai arsitektur yang menarik dari batu alam tersebut. Terdapat banyak jenis batu alam untuk bahan bangunan yang dapat dipilih untuk mercantik rumah.

Baca Juga:

Jenis Batu Alam Untuk Bahan Bangunan

Ketika akan memilih jenis batu alam untuk bahan bangunan, Anda perlu menggunakan yang sesuai dengan keadaan cuaca, alam, dan suasana di lokasi rumah tinggal. Berikut beberapa jenis dan karakteristiknya:

Jenis Batuan Beku

Batuan beku yaitu batuan alam yang terbentuk karena proses naiknya magma dari inti bumi yang panas sekali tertekan ke permukaan bumi kemudian membeku karena pengaruh cuaca dingin. Termasuk batu alam jenis beku ini adalah batu andesit, batu perlit, batu obsidian. Penggunaan material batu alam jenis beku ini misalnya digunakan pada finishing dinding rumah maupun pagar rumah dengan berbagai motif. Serta warna batu alam yang dapat dipilih menyesuaikan nilai arsitektur serta seni keindahan yang ingin ditampilkan dalam sebuah bangunan.

Jenis Batu Alam Untuk Bahan Bangunan Sedimen

jenis batu alam untuk bahan bangunan

Batuan sedimen atau batuan endapan batuan yang terbentuk karena proses pengerasan, akibat adanya pengaruh cuaca atau terbawa arus sungai sehingga mengendap didasar sungai, danau atau lautan. Contohnya, batuan kapur atau gamping, batu bara, batuan karang. Jenis batuan sedimen ini baik untuk digunakan sebagai penghias taman rumah. Dengan cara melakukan penataan sedemikian rupa sehingga tersusun sebuah kumpulan batu alam untuk bahan bangunan yang indah. 

Jenis Batuan Metamorf

Batuan metamorf dalam bahasa lainya yaitu batuan yang mengalami alihan atau perubahan yaitu batuan sediment yang telah terpengaruh oleh panas dan tekanan yang cukup besar. Sehingga mengalami berbagai perubahan bentuk dan komposisi batu alam seperti batu antrasit, batu marmer, atau batu bara yang telah berubah menjadi batu intan. Batu marmer banyak digunakan sebagai finishing rumah mewah baik sebagai penutup lantai maupun pasangan dinding rumah. Sehingga tercipta sebuah tampilan marmer dengan corak dan warna yang dapat dipilih misalnya jenis star white, perde patricia, American red. Serta nama-nama batu granit dan marmer lainya sesuai dengan corak dan warnanya masing-masing.

Jenis Batuan Robohan

jenis batu alam untuk bahan bangunan

Batuan robohan yaitu batuan dari lapisan yang mengandung bermacam macam mineral seperti pasir, kerikil, batu kali, batu paras, batu cadas. Jenis batuan ini merupakan yang paling banyak digunakan sebagai bahan bangunan terutama untuk pembuatan struktur beton bertulang. Membutuhkan pasir dan kerikil sebagai material campuran adukan, penggunaan batuan pasir yang baik untuk bahan bangunan. Memenuhi persyaratan seperti tidak banyak mengandung kadar lumpur dan bahan organik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia