BlogPemilik PropertiDesain Hunian19 Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan untuk Percantik Rumah
0
0

19 Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan untuk Percantik Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
jenis batu alam untuk bahan bangunantop-right-banner

Batu alam adalah suatu kumpulan agregat pada kerak bumi yang telah mengalami perkerasan secara alamiah seperti pembekuan, pelapukan serta pengendapan. Disertai adanya proses kimia sehingga terbentu batuan alam, kesan natural dan indahnya membuat digunakannya banyak jenis batu alam untuk bahan bangunan.

Dalam berbagai bentuk dan perletakan yang mungkin dilakukan sehingga tercipta sebuah nilai-nilai arsitektur yang menarik dari batu alam tersebut. Terdapat banyak jenis batu alam untuk bahan bangunan yang dapat dipilih untuk mercantik rumah.

Baca juga:

Jenis Batu Alam Untuk Bahan Bangunan

Ketika akan memilih jenis batu alam untuk bahan bangunan, kamu perlu menggunakan yang sesuai dengan keadaan cuaca, alam, dan suasana di lokasi rumah tinggal. Berikut beberapa jenis dan karakteristiknya:

Jenis Batuan Beku

Source : Wikipedia

Batuan beku yaitu batuan alam yang terbentuk karena proses naiknya magma dari inti bumi yang panas sekali tertekan ke permukaan bumi kemudian membeku karena pengaruh cuaca dingin. Termasuk batu alam jenis beku ini adalah batu andesit, batu perlit, batu obsidian. Penggunaan material batu alam jenis beku ini misalnya digunakan pada finishing dinding rumah maupun pagar rumah dengan berbagai motif. Serta warna batu alam yang dapat dipilih menyesuaikan nilai arsitektur serta seni keindahan yang ingin ditampilkan dalam sebuah bangunan.

Jenis Batu Alam Untuk Bahan Bangunan Sedimen

jenis batu alam untuk bahan bangunan
Source : Wikipedia

Batuan sedimen atau batuan endapan batuan yang terbentuk karena proses pengerasan, akibat adanya pengaruh cuaca atau terbawa arus sungai sehingga mengendap didasar sungai, danau atau lautan. Contohnya, batuan kapur atau gamping, batu bara, batuan karang. Jenis batuan sedimen ini baik untuk digunakan sebagai penghias taman rumah. Dengan cara melakukan penataan sedemikian rupa sehingga tersusun sebuah kumpulan batu alam untuk bahan bangunan yang indah. 

Jenis Batuan Metamorf

Source : Wikipedia

Batuan metamorf dalam bahasa lainya yaitu batuan yang mengalami alihan atau perubahan yaitu batuan sediment yang telah terpengaruh oleh panas dan tekanan yang cukup besar. Sehingga mengalami berbagai perubahan bentuk dan komposisi batu alam seperti batu antrasit, batu marmer, atau batu bara yang telah berubah menjadi batu intan.

Batu marmer banyak digunakan sebagai finishing rumah mewah baik sebagai penutup lantai maupun pasangan dinding rumah. Sehingga tercipta sebuah tampilan marmer dengan corak dan warna yang dapat dipilih misalnya jenis star white, perde patricia, American red. Serta nama-nama batu granit dan marmer lainya sesuai dengan corak dan warnanya masing-masing.

Baca juga: 16 Ciri Ciri Rumah Sehat Untuk Hunian yang Lebih Nyaman!

Jenis Batuan Robohan

jenis batu alam untuk bahan bangunan
Source : Wikipedia

Batuan robohan yaitu batuan dari lapisan yang mengandung bermacam macam mineral seperti pasir, kerikil, batu kali, batu paras, batu cadas. Jenis batuan ini merupakan yang paling banyak digunakan sebagai bahan bangunan terutama untuk pembuatan struktur beton bertulang.

Membutuhkan pasir dan kerikil sebagai material campuran adukan, penggunaan batuan pasir yang baik untuk bahan bangunan. Memenuhi persyaratan seperti tidak banyak mengandung kadar lumpur dan bahan organik.

Jenis Batu Palimanan

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan
Source : Properti Pekanbaru

Jenis batu alam palimanan adalah salah satu batu yang banyak disukai. Pasalnya, batu ini memiliki warna coklat yang bercorak sehingga dipandang indah.

Tambahan batu ini akan membuat rumah kamu tampil cantik. Kamu bisa tambahkan batu ini di dinding-dinding dalam rumah.

Jenis Batu Koral Sikat

Source : Shopee

Batu ini biasanya kamu temukan pada penggunaannya di carport. Selain itu, batu jenis ini bisa juga digunakan di berbagai dinding di rumah.

Keunggulan batu yang satu ini ialah memiliki corak yang indah. Selain itu, harga batu koral juga terbilang terjangkau. 

Jenis Batu Templek

Source : Tokopedia

Jenis batu yang satu ini umumnya digunakan di bagian eksterior rumah. Mereka yang menggunakan batu ini biasanya suka karena praktis digunakan.

Psalnya, Pins hanya perlu menyusun batu ini dan membentuknya sehingga berpola. Batu ini pun kian cantik bila terkena air hujan.

Jenis Batu Paras Jogja

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan
Source : Shopee

Jenis batu alam yang ini merupakan batuan kapur lunak bercorak. Batu paras jogja juga dikenal dengan limestone. Karena sifatnya yang lunak, untuk menggunakan batu ini kamu harus memberikan perawatan khusus.

Batu Candi

Source : Tokopedia

Jenis batu candi punya karakteristik tersendiri. Batu candi bersifat non-solid sehingga cocok diaplikasikan di interior rumah. 

Warnanya yang kehitaman, cocok kamu gunakan juga untuk dinding di luar rumah. Kamu bisa aplikasikan juga di dinding kolam ikan yang kamu punya, Pins.

Batu Andesit

Source : naturalstone

Jenis batu alam yang satu ini merupakan salah satu yang paling sering digunakan. Pasalnya, batu ini tahan dengan berbagai cuaca.

Bentuknya pun terbilang menarik dengan warnanya yang indah. Kamu bisa menggunakan batu yang satu ini di berbagai bagian rumah. Seperti garasi, teras dan dinding luar rumah.

Batu Susun Sirih

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan
Source : Tokopedia

Keunikan batu ini membuatnya banyak disuka orang. Jenis batu susun sirih ini bisa kamu gunakan untuk pagar tembok atau juga pilar rumah.

Baca juga: 13 Jenis Tanaman Semak yang Dapat Mempercantik Rumahmu

Batu Wall Cladding atau Mozaik

Source : Tokopedia

Mozaik atau batu wall cladding memiliki berbagai corak menarik yang bila digabungkan menjadi satu bisa tampil cantik. Kamu bisa memakai batu ini di area agar atau sekitar dinding kolam renang.

Batu Sukabumi

Source : SwimmingPool Idea

Langkanya batu ini membuat batu sukabumi banyak dicari oleh orang-orang. Batu ini bersifat tidak licin dan dan anti air sehingga cocok untuk diaplikasikan sebagai eksterior rumah. Warnanya yang hijau dan cantik sangat cocok bila kamu aplikasikan di kolam ikan, kolam renang dan pancuran air.

Batu Gamping

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan
Source : DuniaTambang

Jenis batu ini belum banyak digunakan oleh orang. Padahal, batu gamping atau yang sering dikenal dengan batu kapur ini bisa tahan dengan segala cuaca. Apalagi, batu gamping memiliki ragam warna.

Batu Bluestone

Source : Pavertime

Bluestone merupakan batu yang memiliki warna biru gelap seperti namanya. Batu ini pun mengkilap sehingga biasa digunakan sebagai perhiasan.

Batu Karang

Source : Shopee

Jenis batu ini sangat cocok untuk PIns yang ingin memberikan kesan tropis di rumah. Batu ini pun memiliki sifat yang sangat awet.

Kamu bisa menambahkan batu ini di kolam ikan atau akuarium di rumah. Bukan hanya itu, kamu dapat menggunakan untuk keperluan di pagar rumah. 

Baca juga: 5 Desain Eternit Atap Rumah dan Jenisnya

Batu Putih Cacing

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan
Source : Tokopedia

Jenis batu ini berasal dari Cirebon, Batu putih cacing sangat cocok kamu gunakan di rumah Pins yang memiliki gaya minimalis. Pasalnya, warna batu ini memiliki corak hitam hingga cocok dengan konsep tersebut.

Batu Marmer

Source : Shopee

Penggunaan batu marmer umumnya terdapat di area dapur atau lantai. Kamu juga bisa mengaplikasikannya di bagian dinding rumah agar memberi kesan mewah.

Agar tampak elegan dan cantik, kamu bisa memilih ragam warna batu marmer yang cocok. Misalnya warna hitam, coklat dan putih.

Batu Sabak

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan
Source : RumahLia

Jenis batu Sabak adalah batu yang biasa digunakan sebagai pondasi bangunan. Bukan hanya itu, kamu bisa memasangnya di pagar, ekterior dinding dan pilar rumah.

Baca juga: 9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah yang Indah dan Hijau

Itu tadi beberapa jenis batu alam yang bisa kamu gunakan sebagai bahan bangunan untuk mempercantik rumah kamu. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download