BlogPemilik PropertiDesain Hunian3 Jenis Bambu untuk Bahan Bangunan
0
0

3 Jenis Bambu untuk Bahan Bangunan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 30, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Dindin designtop-right-banner

Pemakaian bambu untuk bahan bangunan bisa diterapkan dalam beberapa hal. Ada banyak kelebihan bambu untuk membangun rumah diantaranya tahan dari bencana gempa karena mempunyai struktur ringan dan elastis. Selain itu bambu juga bisa dibentuk dengan berbagai motif anyaman atau pola sesuai nilai keindahan arsitektur yang hendak ditampilkan.

Bagi Pins yang tertarik untuk menggunakan bambu untuk bahan bangunan Pins. Berikut ini beberapa jenis bambu yang tepat untuk digunakan beserta kelebihannya.

Baca juga: Cara Pengawetan Bambu untuk Bahan Bangunan

Bambu Betung

bambu untuk bahan bangunan
Source : BKT Kebun Raya Purwodadi BRIN

Bambu Petung atau Dendrocalamus asper dikenal sebagai jenis bambu yang memiliki lingkar batang yang besar dan termasuk ke dalam suku rumput-rumputan. Bambu Petung digunakan sebagai bahan bangunan dan kayu struktural untuk konstruksi berbagai bangunan seperti tiang rumah, andang-andang perahu, rangka gudang tembakau, jembatan, perancah, dan lain-lain.

Bambu Petung dianggap kuat dan awet. Selain itu, bambu Petung juga digunakan untuk semah-semah perahu, tahang air atau nira, saluran air, alat musik, furniture, peralatan rumah tangga, kerajinan, papan laminasi bubur kertas, sumpit, tusuk gigi, dan berbagai kegunaan lainnya. Rebung bambu Petung yang besar dan manis juga disukai orang untuk dibuat acar atau masakan lain. Mutu rebung bambu Petung dianggap yang terbaik dibandingkan dengan rebung bambu jenis lain, termasuk apabila dikalengkan.

Baca juga: 12 Model Pagar Rumah Full Tembok

Bambu Hitam

bambu untuk bahan bangunan
Source : Ikons

Jenis bambu hitam atau dikenal dengan nama latin Bambusa lako dicirikan oleh rumpunnya yang tumbuh tegak simpodial dan rapat. Rebung berwarna hijau kehitaman dengan ujung jingga, tertutup bulu coklat hingga hitam. Tinggi buluh mencapai 15 meter. Bambu muda sering masih berwarna hijau dan berubah menjadi ungu ketika tua.

Bambu hitam lebih menyukai tumbuh di daerah kering berbatu dan tanah berkapur. Warna ungu pada batang akan terlihat lebih jelas jika ditanam di tanah kering berbatu. Persebaran jenis ini terbatas di wilayah Jawa dan telah ditanam di beberapa tempat lain di luar Jawa.

Tekstur serat bambu hitam sangat baik dan kuat, dimanfaatkan untuk membuat alat musik tradisional Jawa Barat seperti angklung, calung, gambang, dan celempung serta sebagai bahan industri kerajinan tangan dan pembuatan mebel. Rebungnya bertekstur renyah dan berasa manis, dapat dimanfaatkan sebagai sayuran.

Baca juga: 5 Inspirasi Rumah 2 Lantai Tengah Bolong

Bambu Apus

Bambu untuk bahan bangunan
Source : LinkumKM

Bambu Apus (Gigantochloa apus) merupakan jenis bambu yang tersebar luas di Indonesia dan Asia tropis. Bambu ini banyak diusahakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kerajinan tangan. Bambu ini berasal dari wilayah Burma dan Thailand Selatan.

Namun saat ini telah tersebar luas ke berbagai wilayah Asia tropis, Afrika Selatan dan Timur, serta Amerika Tengah dan Selatan. Di Indonesia bambu ini banyak ditanam di Jawa dan Sumatra Selatan, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah.

Baca juga: 8 Barang Idaman untuk Wujudkan Rumah Impian

Kelebihan Bambu untuk Bahan Bangunan

  1. Digunakan sebagai bekisting atau perkuatan dalam proses pencetakan struktur beton bertulang sesuai dengan bentuk dan ukuran rencana.
  2. Bambu dapat digunakan sebagai tiang rumah, pada rumah bambu dapat memilih jenis yang cukup kuat dan umur tua sehingga didapatkan struktur kolom rumah yang kuat dan tahan lama.
  3. Sebagai dinding rumah yang bisa disebut juga dengan istilah gedeg, bentuknya berupa anyaman kulit atau daging bambu yang sudah diiris dan dihaluskan.
  4. Penggunaan pada lantai bangunan bisa dilakukan dengan membelah bambu atau langsung utuh kemudian ditata sedemikian rupa sehingga membentuk lantai yang kuat menahan aktifitas beban diatasnya.
  5. Struktur rangka atap juga dapat menggunakan bahan bangunan bambu, misalnya dalam pembuatan kuda-kuda bambu, reng bambu, usuk bambu dan bagian lainya sehingga membentuk satu kesatuan rangka atap yang kokoh.
  6. Dapat dibuat sebagai furniture seperti kursi atau meja bambu sehingga suasana rumah terkesan natural dan alami.
  7. Sebagai tiang yang ditancapkan agar tanaman dihalaman rumah dapat berdiri tegak.
  8. Sebagai pagar rumah dengan cara membelah bambu kemudian menyambungkanya menggunakan alat sambung paku sehingga membentuk sebuah pagar bambu yang kuat dan indah.
  9. Pintu rumah juga bisa dibuat dari material bambu, hal ini banyak dilakukan dilingkungan rumah pedesaan namun seriring perkembangan trend masyarakat ternyata banyak kafe dan restoran dikota besar yang ingin memberikan suasana kampung halaman sehingga membangun toko dengan bahan bangunan bambu.
  10. Untuk plafond yaitu dijadikan rangka sekaligus penutup langit-langit menggunakan lembaran anyaman bambu.

Baca juga: 10 Model Pintu Rumah Masa Kini yang Memiliki Banyak Peminat

Kelemahan Bambu untuk Bahan Bangunan

Kelemahan dari bambu sebagai bahan bangunan adalah bambu sangat rentan terhadap serangan hama dan jamur. Bambu juga memiliki tingkat kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan kayu, sehingga tidak cocok untuk konstruksi bangunan yang memerlukan kuatir yang tinggi.

Bambu juga memiliki masa pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan kayu, sehingga perlu diganti lebih sering. Bambu juga sangat rentan terhadap perubahan cuaca dan lingkungan, sehingga dibutuhkan perawatan yang cukup sering untuk menjaga kondisinya.

Itulah beberapa jenis bambu untuk bahan bangunan yang tepat. Ingat, Pins harus pertimbangkan dengan matang kelebihan dan kelemahan bambu sebelum menerapkannya pada hunian Pins.

Baca Juga: Desain Rumah Berkarakter Kayu


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ruma Priva dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download