Pinhome

  • Blog
  • Uncategorized
  • Tips Memilih Material Bangunan dengan Teliti, Jeli, dan Ramah Lingkungan

Uncategorized

Tips Memilih Material Bangunan dengan Teliti, Jeli, dan Ramah Lingkungan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Tips memilih material sangat berpengaruh pada kekokohan bangunan sebuah rumah. Memilih bahan dengan kualitas yang bagus menentukan kekuatan, sebagai modal dasar dalam memadupadankan racikan bahan yang berkompeten, dan tenaga ahli yang lihai dalam mengolah maupun memilih bahan baku dan tentunya ramah lingkungan. Mungkin anda penasaran  seperti apakah, simak baik-baik ya!

Memilih material bangunan akan menentukan awet atau tidaknya nilai jual sebuah rumah. Bangunan yang bagus bukan hanya dari tampilannya memesona melainkan faktor bahan bangunan itu sendiri yang lebih memungkinkan berpengaruh baik eksternal maupun internal.  Ada banyak referensi yang dapat kita gali dan tenaga yang ahli dalam mengolah material bangunan dengan hemat tanpa harus banyak mengotori lingkungan.

material bangunan
material bangunan

Jika berminat, berikut tips memilih material bangunan:

1. Memilih Besi Beton

Meskipun besi bukan material bahan alami, tidak bisa dipungkiri besi bahan baku utama tentunya dengan kualitas besi berbeda-beda. Pilih kualitas besi beton sesuai dengan kualitas bangunan yang kita  buat. Besi beton bermacam jenis diantaranya besi beton 6,8,10,12 ada yang kurus dan ada yang full atau gemuk. Sesuaikan dengan anggaran rancangan modal awal supaya lebih efektif dan efisien.

2. Kayu

Pilih jenis kayu dari material alami yang nilai konsumsinya rendah, tidak mengandung racun dan tidak mengeluarkan banyak polusi saat diproduksi. Kayu merupakan bahan alami untuk keperluan konstruksi, meskipun harganya melambung tinggi dari tiap musim tapi tidak bisa dipisahkan substansinya sebagai bahan pelengkap dalam merancang sebuah bangunan.

3. Batu Bata

Jika memungkinkan lebih hemat belilah batu bata dari jarak yang relatip dekat. Batu bata material khusus untuk penyokong dinding. Pilihlah bata dengan mengguankan perekat yang tidak terlalu keras supaya tahan lama dan bisa digunakan kembali saat kita membutuhkan di masa yang akan datang.

4. Pasir

Pasir merupakan bahan material yang wajib dibeli karena pasir  merupakan bahan pokok  terpenting. Pilih kualitas pasir yang tidak mengandung lumpur dan tidak menggumpal ketika dikepal, karena akan mempengaruhi acian dengan tekstur yang kasar.

5. Semen

Semen bahan material tak kalah penting dari pasir. jika kualitas semen bagus akan menentukan kekuatan dan kekokohan sebuah bangunan. Pemakaian semen akan lebih banyak dari pasir supaya bisa merekat.

6. Genteng

Genteng dengan tampilannya akan memperelok sebuah bangunan. Dengan genteng suasana rumah akan terasa dingin dibandingakan dengan pemakaian asbes. Bentuknya yang unik menambah primadona sebuah bangunan karena terbuat dari tanah liat dan berfungsi sebagai sekat-sekat tertentu pada setiap celanya.

Demikian hal yang dapat kami sampaikan. Sebuah bangunan akan terlihat memukau ketika disatupadankan dengan bahan berkualitas. Tentunya kita harus lebih giat mencari inovasi.

Tags :

Bagikan Artikel