Kamus Istilah Properti

Void

istilah properti

Void

Void adalah ruang kosong terbuka yang terletak di tengah antara lantai atas dan lantai bawah. Menurut sebagian orang, ruang kosong tersebut bisa diartikan juga dengan plafon, Pins. 

Pada dasarnya, dengan adanya void dalam sebuah rancangan rumah bukan hanya sekedar untuk memberi sentuhan estetis atau sebagai pemanis. Melainkan terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Pins dapatkan sebagai penghuni rumah yang menggunakan sistem rancangan tersebut. 

Manfaat Void

Void adalah
(Pinterest)

Adanya ruang kosong di rumah bisa kamu manfaatkan. Apa saja faedah sistem ini? Simak dibawah ini!

Sebagai Tempat Masuknya Pencahayaan Alami

Adanya ruang kosong di rumah, dapat bermanfaat sebagai pengatur masuknya cahaya sinar matahari yang dapat masuk ke dalam rumah walaupun tidak menggunakan jendela. 

Oleh karena itu, Pins harus cermat dalam mengamati dari mana arah dan sudut datangnya sinar matahari ketika merancang ruang kosong ini pada rumah Pins. Rancangan ini juga dapat membantu pencahayaan ruangan lain di dalam rumah karena sifat terbuka yang dimilikinya, sehingga ruangan di dalam rumah lebih terasa terang tanpa menggunakan lampu. 

Terlebih, penggunaan rancangan ini lebih dibutuhkan untuk rumah yang tidak punya jarak atau berdempetan dengan bangunan rumah yang lain. Keuntungan lain yang Pins dapatkan dari pencahayaan yang lebih baik adalah Pins dapat menghemat penggunaan listrik karena sinar matahari yang tersebar luas dan bebas. 

Selain itu, rumah juga akan lebih sehat karena masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Oleh karena itu, Pins dapat meminimalkan penggunaan lampu untuk penerangan dan hanya digunakan saat malam hari saja. 

Daya Lapang Menjadi Lebih Luas 

Rancangan ruang kosong pada rumah ini memberikan kesan bangunan rumah terasa lebih lapang jika sedang berada di dalam. Dengan tidak adanya penyekat antar ruangan menjadikan ruangan kosong ini sebagai pusat dari suatu rumah yang menghubungkan berbagai ruangan lainnya. 

Bagi bangunan rumah yang hanya memiliki satu lantai saja, rancangan ini tetap dapat dibuat dengan syarat bangunan tersebut harus memiliki dinding dan plafon yang berukuran lebih tinggi. 

Selain itu, ruang kosong untuk rumah berlantai satu ini sebaiknya jangan diberi hiasan lain seperti lampu gantung karena akan membuat ruangan terkesan sempit dan pendek. Jadi ruangan kosong ini sebaiknya dibiarkan kosong agar membuat rumah tampak lebih luas dan besar.

Sirkulasi Udara yang Lebih Baik

Dengan ruangan yang lega dan tidak banyak tersekat membuat rumah memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Tidak hanya pencahayaan yang terang, ruangan ini dapat membantu udara tertangkap masuk dengan lebih baik sehingga dapat membuat udara di dalam rumah lebih sejuk dan mencegah terjadinya kelembaban udara di dalam rumah. 

Terlebih bagi hunian yang berada di daerah tropis, biasanya ruangan yang lembab menjadi permasalahan rumah yang cukup sering terjadi. Dengan sirkulasi udara yang baik dan sejuk, Pins dapat meminimalkan atau tidak perlu menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan dan menghemat lebih banyak penggunaan listrik. 

Suasana Rumah Tidak Membosankan

Rancangan pada rumah ini memberikan suasana rumah yang lebih dinamis dan tidak membosankan. Dengan ruangan yang tersedia cukup luas dapat Pins jadikan lahan untuk eksplorasi kreativitas dalam menghias ruangan agar menjadi lebih indah dan tidak membosankan. Desain seperti ini juga memberikan kesan pada rumah terasa lebih megah. 

Manfaatkan Void atau Ruang Kosong Sebagai 3 Ruangan Ini!

Void adalah
(Pinterest)

Selain manfaat-manfaat di atas, desain ini juga memiliki fungsi yang sangat berguna dan tentunya dapat Pins sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian Void rumah yang dapat Pins jadikan referensi. 

Sebagai Ruang Tamu

Biasanya konsep desain ini terletak pada bagian terdepan dari rumah. Banyak orang yang menjadikan ruang kosong ini sebagai ruang untuk menyambut tamu. Konsep ini memberikan kesan yang lebih hangat dengan tamu karena rancangannya yang terbuka. 

Sebagai Ruang Keluarga

Pengaplikasian lainnya yang lebih umum dari konsep ini adalah sebagai ruang utama atau ruang keluarga pada hunian. Pada ruangan ini Pins dapat memilih ingin menjadikannya ruang makan, ruang TV, atau ruang keluarga lainnya yang biasa menjadi pusat terjadinya interaksi antar keluarga di rumah. 

Fungsi ini sangat penting di dalam rumah karena menjadi tolak ukur utama dalam keharmonisan rumah tangga. Terlebih jika rumah menggunakan dua lantai, konsep ini sangat memudahkan komunikasi antar penghuni rumah. 

Sebagai Penambah Suasana Outdoor di Dalam Rumah

Konsep desain ini banyak orang jadikan sebagai wadah atau media dalam menempatkan bagian luar rumah supaya dapat masuk atau dirasakan dari dalam rumah. Taman kecil yang dilengkapi beberapa tumbuhan atau kolam ikan banyak Pins jumpai di hunian yang menerapkan desain ini. Dengan kehadiran taman kecil atau kolam ikan di dalam rumah menjadikan suasana rumah lebih alami dan asri.

Itulah penjelasan mengenai apa itu void serta manfaat dan fungsinya dalam rumah. Terbukti void adalah salah satu yang sangat berguna dalam sebuah rumah bukan? Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen Velishya

Editor: Achlisia