Kamus Istilah Properti

Ruang Keluarga

istilah properti

Ruang Keluarga

Ruang Keluarga adalah lokasi di dalam rumah yang digunakan sebagai area berkumpul anggota keluarga saat waktu bersantai. Ruangan tersebut juga sering dimanfaatkan untuk area menonton televisi dan istirahat.

Fungsi Ruang Keluarga

(Okezone)

Sebuah ruang keluarga pada dasarnya dimanfaatkan sebagai area untuk berkumpul dengan anggota keluarga. Namun ternyata untuk Kamu yang mempunyai rumah dengan ukuran minimalis, ruang keluarga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut.

Area bekerja

Kamu yang mempunyai rumah minimalis bisa memanfaatkan kenyamanan di ruang keluarga sebagai area untuk bekerja. Kamu bisa menempatkan meja kecil untuk mendukung aktivitas bekerja di pagi hingga sore hari.

Ruang tamu

Beberapa dari kita yang mempunyai rumah minimalis, pasti akan sangat memperhatikan fungsi setiap sudut ruangan. Bagi Kamu yang tidak mempunyai area cukup untuk membuat ruang keluarga, kamu bisa memanfaatkan satu area menjadi ruang tamu dan keluarga secara bersamaan. 

Area Sleepover

Bagi kamu yang mempunyai teman dekat atau sepupu yang suka berkumpul bersama, maka ruang keluarga bisa dijadikan sebagai area untuk sleepover. Area ini bisa difungsikan untuk menginap. Kamu bisa menata kasur di ruang keluarga lalu menikmati kebersamaan saat istirahat di malam hari.

Spot Membaca

Bagi kamu yang senang dan gemar membaca, maka ruang keluarga bisa dimanfaatkan sebagai area baca buku. Kamu bisa menempatkan sofa yang nyaman berukuran panjang agar aktivitas membaca semakin menyenangkan. Selain itu pastikan juga ventilasi udara dan pencahayaan pada ruang tamu cukup. Hal ini agar kamu tidak merasa kepanasan saat siang hari dan kamu tidak perlu menyalakan lampu saat membaca di siang hari.

Menata Ruang Keluarga

(Kompas)

Ruang keluarga adalah ruangan yang memerlukan penataan dengan super tepat. Hal ini karena berkaitan dengan kenyamanan yang akan kamu dapatkan saat duduk bercengkrama. Berikut ini tips menata ruang keluarga yang perlu diketahui.

Letakkan kursi sofa dan meja

Untuk memberikan kenyamanan di ruang keluarga, kamu bisa meletakkan kursi sofa dan meja. Pastikan ukuran dan desainnya sesuai dengan gaya interior di dalam rumah ya Pins. Hal ini agar mata nyaman memandang perabotan yang kamu pasang di area tersebut.

Pasang alas lantai seperti karpet

Lantai rumah dari keramik biasanya bersuhu dingin. Duduk di atas lantai keramik yang dingin dalam waktu lama akan menyebabkan kamu masuk angin atau bahkan tidak nyaman. Untuk itu, alangkah lebih baik jika kamu memberikan alas duduk seperti karpet di area ruang keluarga. Karpet juga bisa berfungsi untuk membuat ruangan hangat di malam hari yang dingin.

Gunakan cat yang cerah dan nyaman

Warna cat dinding berperan penting dalam membuat suasana rumah menjadi nyaman. Di dalam dunia psikologi, warna bisa memberikan pengaruh pada kondisi mental kamu. Maka dari itu pilihlah warna-warna yang tidak mencolok atau warna favorit kamu agar lebih nyaman berlama-lama duduk di ruang keluarga.

Perhatikan ventilasi udara dan pencahayaan

Ruang keluarga mungkin menjadi salah satu area yang kamu tempat dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, pastikan kamu menyediakan ventilasi udara dan sumber pencahayaan alami yang cukup.

Lengkapi dengan Tanaman dan Lemari

Menambahkan tanaman indoor bisa menjadi opsi terbaik yang bisa kamu lakukan. Hal ini lantaran tanaman di dalam rumah seperti lidah mertua bisa menyerap racun dalam rumah. Selain itu rumah kamu pun akan tampak nyaman dan indah.

Elemen Penting di Ruang Keluarga

(Sumber Cenel)

Lalu, apa saja sih elemen penting di ruang keluarga yang perlu kamu perhatikan? Coba kita bahas bersama di sini,

  • Stop kontak Anda perlukan untuk mempermudah aktivitas yang menggunakan alat listrik. Misalnya saja untuk menyalakan televisi, laptop atau sekadar mengisi ulang daya baterai. Oleh karena itu perlu sekali memasang stop kontak di ruang keluarga.
  • Lampu ruang keluarga juga menjadi elemen penting. Hal ini lantaran Kamu akan memerlukan lampu ketika malam hari. Lampu akan menjadi sumber penerangan dalam beraktivitas di ruang keluarga.
  • Space untuk jalan yang disesuaikan dengan area rumah menjadi poin penting juga nih, Pins. Hal ini untuk memudahkan kamu dan keluarga dalam bergerak bebas di ruang berkumpul bersama keluarga.
  • Meja kecil yang bisa kamu jadikan untuk meletakkan barang seperti handphone, majalah, koran, arloji atau minuman. 
  • Hiasan dinding bisa menjadi elemen penting untuk memperindah dinding ruang keluarga. Kamu juga bisa memasang pajangan foto di area tersebut sebagai media untuk menyimpan memori.

Tipe Desain Ruang Keluarga

(Kompas)

Beberapa jenis desain yang bisa Kamu terapkan dalam menata ruang keluarga adalah,

Desain minimalis

Kamu yang menyukai gaya rumah sederhana bisa menggunakan style minimalis untuk mempercantik ruang keluarga. Kamu bisa menambahkan perabotan berwarna putih atau pastel agar memperkuat kesan minimalis yang nyaman.

Desain Retro

Area ruang keluarga bisa Kamu hias dengan perabotan retro. Misalnya lemari TV yang berbahan kayu dengan style retro atau penggunaan lantai kayu untuk mempercantik area ruang keluarga tersebut.

Desain Industrial

Desain industrial biasanya menjadi salah satu gaya interior rumah yang unik dan menjadi pilihan. Kamu bisa menggunakan gaya industrial untuk membuat ruang keluarga terasa unik dan tidak membosankan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Iko

Editor: Achlisia