Kamus Istilah Properti

Semi Furnished

istilah properti

Semi Furnished

Semi furnished adalah kondisi di mana sebuah hunian, bisa apartemen maupun rumah tapak, yang di dalamnya sudah disediakan sejumlah furnitur.

Apa itu Semi Furnished?

(Cebu Dream Investment)

Semi furnished adalah kondisi di mana sebuah hunian, bisa apartemen maupun rumah tapak, yang di dalamnya sudah disediakan sejumlah furnitur.

Jenis furnitur yang dihadirkan pada rumah maupun apartemen semi furnished ini memang tidak selengkap furnished (fully-furnished).

Pemilik atau developer biasanya hanya menghadirkan perabotan-perabotan seperti kipas angin, lampu, lemari dapur, dan lemari pakaian. 

Namun, kalau kamu beruntung, tak sedikit juga dapat menemukan beberapa perabot tambahan lainnya seperti sofa di ruang tamu. 

Kelebihan Semi Furnished

(encuentra24.com)

Ketika membeli maupun menyewa sebuah hunian, Pins bisa memilih kondisinya, bisa kosongan tanpa perabotan, bisa fully furnished dengan dilengkapi perabotan lengkap, dan semi furnished. 

Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk, simak kelebihan hunian dengan kondisi semi furnished berikut ini: 

Harga Tidak Semahal Full Furnished 

Hunian full furnished memang sangat menarik. Tetapi dengan segala pertimbangan dan perhitungannya ternyata tak cocok, hunian berjenis semi furnished Pins bisa jadi pilihan. 

Meski tak selengkap fully furnished, tetapi harga sewa atau harga belinya lebih murah.  

Efisien

Membeli atau menyewa hunian dengan kondisi semi furnished punya keuntungan buat Pins yang menyukai kepraktisan. Setidaknya, kamu sudah mendapat perabotan inti yang benar-benar dibutuhkan di rumah.

Membeli apartemen atau rumah semi furnished membuat Pins tak perlu lagi menata ruangan dan memindahkan perabotan sehingga lebih hemat tenaga. 

Ini juga akan menguntungkan jika statusnya penyewa. Sebab, sifat menyewa yang sementara dan biasanya untuk kebutuhan jangka pendek, membuatnya tak perlu repot saat akan pindahan. 

Hemat Biaya

Membeli atau menyewa unit semi furnished, tidak mengharuskan penghuninya untuk membeli furniture. Harga furniture sendiri tentu tidak murah. Belum lagi Pins harus menyewa orang lagi saat hendak memindahkan barang tersebut. 

Selain biaya furniture itu sendiri, Pins juga tidak perlu memikirkan biaya penyewaan mobil box dan jasa tukang angkut. Pins tinggal membawa diri, pakaian, dan kebutuhan lain di luar furnitur yang tidak disediakan. Kamu hanya perlu menambah beberapa perabotan lain yang tidak disediakan jika mau. 

Kekurangan Semi Furnished

Semi Furnished
(Learn English Kids)

Sejumlah kekurangan apartemen atau rumah semi furnished ini harus kamu perhatikan, diantaranya:  

Harus Siap dengan Biaya Kerusakan Furnitur 

Harga unit yang sudah berisi perabotan akan lebih mahal daripada yang kosongan. Itu karena biasanya furnitur yang disediakan juga dilengkapi dengan asuransi. Sehingga, jika ada perabotan yang rusak, maka akan diperbaiki juga dengan tenaga profesional.  

Selain itu, pemilik hunian semi furnish biasanya berhak atas harga sewa yang lebih tinggi, sekitar 20% dibandingkan tipe unfurnished. Sebagai penyewa, tentu ini akan sedikit memberatkan. 

Sulit Membawa Perabotan Lama 

Jika Pins sudah menabung dan membeli furnitur, mungkin harus merelakannya untuk tidak dibawa ke rumah baru. Sebab, hampir tidak ada ruang karena kondisinya sudah hampir terisi. 

Kalau tidak punya tempat untuk menyimpan furnitur-furnitur lama ini, Pins bisa menjualnya atau memberikan kepada mereka yang lebih membutuhkan. 

Agak Sulit Menata Ruang 

Kekurangan hunian semi furnish ini akan sangat terasa bagi Pins yang gemar melakukan penataan ruang. 

Kebebasan dalam menata ruang menjadi lebih terbatas karena furnitur berukuran besar, seperti lemari, sudah tersedia.

Tips Memilih Hunian Berperabot 

(fareastHabitat.com)

Menilik untung ruginya, tentu membuat kita harus bijak dalam memilih jenis hunian. Memilih hunian berperabot, baik itu fully furnished maupun semi furnished harus memperhatikan beberapa hal, terutama kegunaan perabot tersebut.

Nah, kalau Pins ingin membeli hunian berperabot, yuk simak tipsnya sebagai berikut:

Pertimbangkan Harganya

Harga beli dan harga sewa sangat penting diperhatikan untuk memilih sebuah hunian. Tetapi, karena unit yang dipilih sudah terisi perabotan, maka akan jadi lebih mahal.

Untuk itu, Pins bisa melakukan perhitungan sendiri tentang kisaran harga rumah dan furnitur yang sudah disediakan. Jika menurut perhitungan ternyata tidak masuk akal atau bedanya terlalu jauh, Pins bisa mencari unit lain. Jangan sungkan untuk tawar menawar baik harga rumah maupun furniture.

Perhatikan Kualitas Furniture

Kualitas furnitur juga sangat penting untuk diperhatikan saat membeli rumah atau apartemen bererabot. 

Pastikan furnitur apa saja yang akan didapatkan dan perhatikan kualitasnya. Perhatikan merek furniturnya dan kebutuhannya.  

Jika Pins Menyewa, Waspada Penalti

Saat akan menyewa hunian berperabot, Pins juga harus bertanggung jawab atas barang-barang di dalamnya. Masing-masing pemilik rumah akan memiliki kebijakan berbeda ketika menyewakan berperabot propertinya. 

Ada yang membebaskan penyewa melakukan perawatan dan perbaikan apa saja, ada juga yang tidak.

Untuk itu, penting membicarakan mengenai aturan penalti jika nanti ada barang yang hilang atau rusak. Cara paling aman dan adil adalah meminta daftar barang yang ada di dalam rumah atau apartemen tersebut.

Itulah informasi mengenai semi furnish yang bisa Pinhome sampaikan. Semoga berguna ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia