Kamus Istilah Properti

Roster

istilah properti

Roster

Roster adalah lubang angin dari beton, batako, GRC, atau batu alam yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan.

Apa Itu Roster?

roster
(The Design Story)

Roster adalah lubang angin dari beton, batako, GRC, atau batu alam yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan. Biasanya, ukuran roster bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam desain rumah kontemporer, roster menjadi daya tarik tersendiri yang mulai banyak digunakan. Di luar negeri, roster dikenal dengan istilah ventilation block.

Variasi bentuk atau pola yang terdapat pada rongga roster memungkinkan Pins untuk melakukan penyesuaian pasokan udara, cahaya matahari, dan angin yang dibutuhkan, begitu pun pada konsep arsitektur hunian yang diusung.  

Kelebihan Dinding Roster

roster
(Cahaya Intan Super)

Dinding roster memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang harus Pins pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Yuk, simak beberapa kelebihan dinding roster berikut ini. 

Berfungsi Sebagai Bukaan

Bentuk roster yang berongga bisa berfungsi sebagai bukaan rumah. Ini akan membantu memudahkan udara masuk ke dalam ruangan.

Pastinya, ruangan tidak lagi menjadi pengap dengan keberadaan dinding roster. Dengan kata lain, sirkulasi udara di rumah menjadi lancar sehingga rumah menjadi lebih sejuk.

Memudahkan Cahaya Matahari Masuk

Kelebihan dinding roster di rumah juga dapat memudahkan masuknya sinar matahari ke dalam rumah.

Dengan begini, rumah menjadi tidak pengap dan lembap. Rumah yang lembap biasanya sering menjadi potensi sarang penyakit. Dinding seperti ini dapat mengatasi tumbuhnya sarang penyakit di hunianmu.

Menambah Keindahan Rumah

Roster yang dipasang menggunakan permainan pola pada rongganya yang dapat menghasilkan visual bayangan yang atraktif. Alhasil, tampilan fasad rumah pun terasa lebih ekspresif.

Selain itu, roster memiliki bentuk dan motif yang yang dipilih sesuai dengan keinginanmu. 

Proses Pemasangan Mudah

Meski terlihat sulit, nyatanya pemasangan dinding roster cukup mudah karena tidak beda jauh dengan dinding biasa. 

Kemudahan inilah yang membuat dinding ini banyak diaplikasikan ke dalam berbagai jenis bangunan. Dinding yang satu ini cocok digunakan di bangunan seperti gedung, kantor, rumah, ataupun tempat ibadah.

Hemat Energi 

Penggunaan roster bisa berdampak baik untuk kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan potensi cahaya alami, udara, dan angin secara maksimal, Pins telah melakukan penghematan energi di area rumah.

Alhasil, dengan pemasangan roster, maka ruangan yang terisi oleh cahaya alami yang optimal dan pertukaran udara yang lancar sama dengan mengurangi penggunaan listrik dan pendingin ruangan. Roster menjadi salah satu cara untuk menciptakan hunian nyaman dengan cara yang alami

Kekurangan Dinding Roster

(Rumahku)

Sementara kekurangan roster adalah sebagai berikut. 

  • Bentuk roster yang berlubang membuatnya dapat diintip dari dua sisi sehingga membuat privasi ruangan menjadi terbuka.
  • Jika tidak memperhatikan arah matahari, membuat bukaan menjadi semakin panas akibat terpapar banyaknya sinar matahari.
  • Roster tidak dibuat dari material yang kuat sehingga tidak bisa dijadikan dinding utama karena kurang kuat untuk menahan beban atap.
  • Roster tidak memiliki sistem penguncian saat disusun, maka sebaiknya sebaiknya dipasang oleh seseorang yang ahli. 
  • Rongga yang berada pada roster dapat mempermudah debu dan kotoran masuk ke rumah.

Jenis Roster

(Soalan ID)

Jenis-jenis roster dibedakan berdasarkan material yang digunakan. Masing-masing material memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri yang harus dipertimbangkan. Apa saja jenisnya?

Roster Beton

Roster beton adalah salah satu jenis roster yang menjadi favorit dan banyak digunakan saat ini. Selain dijadikan lubang angin, coraknya yang unik dapat dijadikan penambah estetika rumah.

Roster beton sendiri memiliki bentuk seperti bata yang dilubangi di bagian tengahnya. Hollow atau rongga tersebut berfungsi efektif untuk menghalau teriknya sinar matahari, menyalurkan udara sejuk, dan menciptakan aksen unik untuk hunian.

Pins bisa menggunakan dinding roster beton pada fasad bangunan untuk hasilkan visual bayangan yang unik, serta memanfaatkannya sebagai dekorasi interior sebagai partisi antara bagian indoor dan outdoor di hunian.

Roster Tanah Liat

Tak hanya roster dari beton, tanah liat pun dijadikan favorit banyak orang sebagai roster. Kesannya yang eksotis dengan warna cokelat tentu akan menambah keindahan rumah. 

Sebagian besar, dinding roster tanah liat diterapkan sebagai di pintu depan sebagai bagian dari pagar. Kendati demikian, kamu bisa menggunakannya pada bagian interior karena sanggup hasilkan kesan eksotik nan artistik.

Namun, kelemahan tanah liat cenderung cepat pudar karena tak bisa dilapisi dengan cat.

Roster GRC

Glassfibre reinforced concrete atau GRC merupakan dinding roster modern yang bisa dibentuk dalam berbagai motif dan pola berkat produksinya yang memanfaatkan mesin. 

Karakter GRC kokoh, ringan dan tahan lama, menjadi kelebihannya. Pins bisa memilih GRC yang disesuaikan dengan konsep hunian untuk digunakan pada bagian eksterior seperti pagar ataupun di bagian interior sebagai partisi ruangan.

Roster Batako

Jenis roster ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau. Warna abu-abu yang hadirkan memberikan kesan minimalis dan unik. Roster batako lebih sering digunakan untuk di bagian luar rumah.

Kelebihan roster batako ini sangat bermanfaat bagi Pins yang memiliki hunian bergaya industrial karena dapat memberi kesan unfinished pada bangunan. 

Roster Kayu

Ingin rumahmu memiliki kesan menyatu dengan alam dan menawarkan kesejukan? Pilihan roster bermaterial kayu. Tak hanya itu, roster kayu pun akan membuat tampilan rumah lebih modern dan minimalis. 

Roster jenis ini bisa diaplikasikan di dalam ruang sebagai partisi antarruang. Namun, jika ingin memakai roster jenis ini, Pins harus siap akan serangan rayap. Pastikan Pins benar-benar merawatnya dengan baik, ya! 

Roster Keramik

Permukaan keramik yang mengkilap memberikan kesan elegan pada roster ini. Namun, roster keramik memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan bahan material lainnya. Keunggulannya, material ini memiliki banyak pilihan motif, pola dan warna.

Roster keramik dapat diaplikasikan untuk partisi dalam rumah. Sayangnya, roster ini rentan pecah. 

Jadi, sudah tahu mau memakai jenis roster yang mana? Semoga informasi mengenai roster ini bermanfaat, ya! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari