Kamus Istilah Properti

Fasilitas Komersil

istilah properti

Fasilitas Komersil

Fasilitas komersil adalah sarana prasarana untuk melakukan kegiatan perniagaan, pembelian, penjualan barang-barang, atau penyediaan jasa.

Apa itu Fasilitas Komersil? 

Fasilitas Komersil 1
(Alamy)

Fasilitas komersial adalah sarana prasarana untuk melakukan kegiatan perniagaan, pembelian, penjualan barang-barang, atau penyediaan jasa. Melalui kehadiran fasilitas komersil, roda perekonomian suatu wilayah dapat berputar dengan baik. 

Fasilitas komersial dapat berupa sebuah ruko (rumah toko) yang ditempati oleh sejumlah tenant seperti minimarket, bank, klinik kesehatan, apotek dan sebagainya. 

Saat ini ada banyak perumahan melengkapi huniannya dengan area dan fasilitas komersial. Hal tersebut biasanya merupakan ide pengembang untuk memberi kenyamanan penghuni dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Kehadiran area komersial akan menarik penghuni-penghuni baru untuk pindah ke daerah-daerah hunian yang ada di sekitarnya.  

Jenis Fasilitas Komersil

(Alamy)

Fasilitas komersil terdiri dari berbagai jenis, berikut ini diantaranya:

Central Business District 

Central Business District (CBD), disebut juga dengan commercial lots, commercial property, dan commercial space. Fasilitas komersil di area ini memiliki bangunan-bangunan dan lahan yang digunakan untuk aktivitas bisnis. 

Fasilitas komersil CBD adalah area bisnisyang besar dan mempunyai beberapa akses masuk. Selain itu, umumnya terdapat gedung-gedung perkantoran, medical centers, hotel, mal, dan daerah perniagaan (pertokoan) dalam satu area.  

Commercial Strip

Commercial strip adalah sebuah jalur komersil di mana area komersial tersebut berbentuk garis lurus di sepanjang jalan raya utama. 

Fasilitas komersil di area ini berjejeran dan saling menyambung maupun bisa juga berderet dan berdiri sendiri lalu setiap bangunan dikelilingi oleh area parkir. Namun, apapun bentuknya, susunan commercial strip tetap membentuk satu garis lurus. 

Paramount Land adalah salah satu perumahan yang mengusung konsep commercial strip. 

Commercial Corridor

Jenis satu ini ditandai dengan area di mana commercial strip berada di kedua sisi jalan utama sehingga membentuk sebuah koridor. Ciri khas jenis ini yaitu bangunan-bangunan komersil dan penduduk lokal berkumpul, berbelanja, dan membangun bisnis bersama. 

Commercial corridor banyak dipakai di perumahan yang mengusung konsep kota mandiri, di mana masyarakat sekitar bisa mengakses barang dan jasa yang dibutuhkan. 

Pins dapat melihat contoh commercial corridor di Ruko Pasar Modern Paramount yang menjadi one-stop shopping Gading Serpong.

Manfaat Tersedianya Fasilitas Komersil di Area Perumahan

(Bisnis Tempo)

Fasilitas komersil yang lengkap, tentu jadi alasan banyak orang memilih sebuah perumahan. Setidaknya, Pins akan mendapat beberapa keuntungan berikut ini jika memilih hunian yang berada dekat dengan fasilitas komersil:

Menciptakan Kenyamanan 

Anda akan lebih nyaman jika tinggal di kawasan perumahan yang dekat dengan fasilitas komersil, seperti supermarket, mall, restoran, hingga kafe. 

Kemudian, saat memanfaatkan layanan pesan antar pun jadi lebih nyaman karena tersedia banyak pilihan. 

Kemudahan Memenuhi Kebutuhan  

Hadirnya fasilitas komersil yang terintegrasi langsung dengan area perumahan,  sudah pasti akan memudahkan para penghuninya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Pins tidak lagi perlu berkendara jauh untuk membeli berbagai kebutuhan rumah tangga.  Bahkan, hadirnya fasilitas komersil, seperti kafe dan restoran cepat saji di dalam kawasan perumahan juga memungkinkan terciptanya gaya hidup.  

Lebih Hemat 

Jika Pins membeli hunian yang terintegrasi dengan fasilitas komersil, maka sebagai penghuni Anda dapat menghemat lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya. 

Hal ini dikarenakan Anda bisa menjangkau area komersil hanya dengan berjalan kaki dari rumah. Secara tak langsung ini menjadi alternatif untuk mengurangi angka polusi udara karena kendaraan bermotor.

Nilai Investasi Tinggi 

Kelebihan dari hunian yang dekat dengan fasilitas komersil yaitu tingginya nilai investasi di kawasan tersebut. Apalagi mengingat harga properti di Indonesia setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan harga. 

Bahkan, nilai tambah ini juga memberikan pilihan bagi para investor karena bisa menyewakan tenant sehingga dapat memaksimalkan potensi keuntungan dari pendapatan sewa. 

Sederet Perumahan dengan Fasilitas Komersil yang Lengkap

Saat ini para pengembang bersaing dalam memberikan bermacam fasilitas yang lengkap demi mewujudkan kenyamanan penghuninya. Pins bisa memilih perumahan yang memiliki fasilitas komersil lengkap di Pinhome. 

Namun, sebagai rekomendasi, berikut ini beberapa perumahan yang memiliki fasilitas komersiallengkap:

Permata Hijau PIK 2

Permata Hijau PIK 2 adalah perumahan di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara yang memiliki fasilitas lengkap. Dikembangkan oleh Agung Sedayu Group, Permata Hijau PIK 2 menjadi kawasan hunian mewah yang berada di samping Community Mall. 

Menghadirkan rumah dengan konsep desain yang terintegrasi dengan alam yang asri, memiliki balkon besar, taman belakang yang luas, sirkulasi udara dan pencahayaan natural yang optimal, serta memiliki ruang sterilisasi diri sebelum masuk rumah yang dilengkapi dengan wastafel dan saluran air. 

Sebagai penunjang kenyamanan, perumahan ini dilengkapi dengan pilihan fasilitas umum seperti fasilitas Danau & Eco Park, sport club, dan Fresh Market.

Jababeka Residence 

(jababekaresidence.com)

Mengusung tagline A City for Your World, Jababeka Residence mengusung konsep kota mandiri yang menghadirkan fasilitas komersial untuk memenuhi kebutuhan hidup warga. Fasilitas komersial ini terdiri dari berbagai kebutuhan perumahan, tempat bekerja dan pusat bisnis terpadu, pendidikan bertaraf internasional, fasilitas kesehatan yang lengkap, hingga fasilitas rekreasi dan olahraga untuk kalangan elit internasional

Salah satu yang paling baru, Jababeka Residence mendirikan sebuah area komersial sekaligus tempat hangout ​terlengkap pertama di Cikarang, yaitu Hollywood Junction. 

Area ini dirancang dengan konsep semi terbuka (​alfresco dining​) yang menampung hingga 20 ​tenants​, lengkap dengan ​amphitheater, sociality store, salon, supermarket, serta fasilitas kuliner dan restoran.  

Tangerang Smart City

Tangerang Smart City adalah sebuah hunian baru yang bakal jadi kawasan Kota Mandiri dengan fasilitas Mix-used Development yang super lengkap. Bicara fasilitas komersial yang ditawarkan sangatlah lengkap untuk masyarakat Tangerang dan sekitarnya. 

Fasilitas ini seperti mall, Business Park, Sport Center, hingga International School. Pengembangan Kota Terpadu ini dibangun di atas lahan seluas 2500 Hektar, yang dimulai dari pintu masuk kompleks kawasan industri Milenium sampai Stasiun Daru. 

Grand Depok City

fasilitas komersial 5
(Granddepokcity.co.id)

Grand Depok City yang berlokasi di Kawasan Sukmajaya, Depok, merupakan kawasan hunian dan bisnis yang terus berkembang seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi Kota Depok.

Hingga saat ini, kawasan seluas 350 hektar yang dikembangkan oleh PT Dinamika Alam Sejahtera ini telah dihuni lebih dari 7000 KK. Selain menerapkan sistem satu pintu dengan pengawasan 24 jam, kawasan hunian dan komersial GDC memiliki hamparan alam hijau sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Terbesar di Kota Depok (Alun – Alun Kota Depok) seluas Area 3,9 Ha.

Selain itu, untuk melengkapi fasilitas komersial di sini, dihadirkan wisata kuliner yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman. Bahkan, GDC juga sangat mudah dijangkau dengan pusat ekonomi atau pusat perbelanjaan seperti Pasar Pucung sebagai salah satu tempat berbelanja terdekat, DDepok Town Square, Transmart Carrefour Depok, hingga Pesona Square Depok.