Kamus Istilah Properti

Millwork

istilah properti

Millwork

Millwork adalah semua jenis kayu yang sudah diproduksi di pabrik.

Apa Itu Millwork?

millwork
(Dreyers)

Istilah millwork merujuk produk kayu yang sudah diproduksi di pabrik seperti pintu, lantai kayu, panel dinding dan sebagainya. 

Produk millwork digunakan pada aplikasi interior dan eksterior yang dapat berfungsi sebagai fitur dekoratif atau fungsional dari sebuah bangunan. misalnya ornamen arsitektur dan casing pintu. 

Jenis kayu yang digunakan pada pekerjaan ini umumnya pinus dan oak. Selain itu, tak jarang juga menggunakan jenis cemara, hickory, dan maple. 

Beberapa produk kayu manufaktur yang memiliki kerapatan yang cukup tinggi juga termasuk jenis pekerjaan ini misalnya MDF. Produk Millwork dari MDF hanya perlu dipasang paku, sekrup, atau perekat, yang membuat penggunanya jadi lebih mudah.

Umumnya pekerjaan ini dibuat setelah dipesan terlebih dahulu atau dikenal made by order. Pada bidang arsitektur, pekerjaan millwork mencakup cetakan, aksen rumit, dan trim lainnya yang dipasang ke struktur bangunan.

Karakteristik Desain Millwork

design millwork
(Landmark House)

Sebagian besar arsitektur dan desainer, menganggap produk millwork sebagai elemen desain di dalam ruangan atau pada bangunan untuk menciptakan suasana dan tema desain. Adapun karakteristik dari desain millwork adalah sebagai berikut:

  • Bahan bangunannya termasuk elemen pertukangan siap pakai yang biasanya dipasang di bangunan apa pun. 
  • Memiliki fitur khusus dalam sebuah ruang dibuat menggunakan berbagai jenis pekerjaan pabrik arsitektur, seperti pintu, jendela, lampu samping, cetakan, trim, bagian tangga, sampai lemari.
  • Bisa memakai kayu lunak atau kayu keras, serta termasuk MDF, bahan komposit, particle board, dan fiberglass.  
  • Semua produk kayu di pada pabrik ini membutuhkan pelapis akhir dekoratif kemudian menggunakan lapisan atau cat semi-transparan yang melindungi kayu dari kerusakan dan memudar. 
  • Sebagian besar bahan bangunan pabrik dapat dipasang dengan sedikit atau tanpa modifikasi sebagai bagian dari proses konstruksi.

Jenis Kayu yang Populer Digunakan dalam Millwork 

millwork
(Builders Surplus)

Untuk mendapatkan hasil karya yang berkualitas, ada sejumlah jenis kayu yang digunakan dalam pekerjaan ini. Jenis kayu yang berbeda memiliki kualitas berbeda yang membuatnya unik, sehingga yang Pins pilih akan memiliki dampak besar pada keseluruhan desain ruang. 

Berikut adalah empat spesies kayu paling populer yang digunakan dalam millwork saat ini: 

  • Maple: mudah ditemukan di banyak hutan di dunia, tersedia, dalam berbagai warna, dari White sampai Natural yang memungkinkan campuran guratan coklat di seluruh bahan.  
  • White Oak: Salah satu spesies kayu keras terkuat, berbutir berat dan tergantung pada cara pemotongannya akan memiliki pola butiran yang sangat khas. Warnanya cenderung kecokelatan dan kuning dengan undertone coklat
  • Makore: Sering disebut sebagai “Ceri Afrika”, kayu teras bervariasi dalam warna dari merah muda-merah hingga merah darah dan merah-coklat. Butir umumnya lurus, meskipun dapat memiliki butiran berbintik-bintik atau keriting yang sangat berpola. Terkadang digunakan sebagai pengganti Mahoni.
  • Walnut: Sangat tahan lama dan terkenal karena warnanya yang cokelat tua. Walnut paling sering digunakan dalam desain aksen interior.

Berbagai Jenis Karya Millwork

(BluEnt CAD)

Lalu apa saja contoh hasil karya millwork? Yuk, simak beberapa diantaranya berikut ini: 

  • Langkan: dirancang sebagai dinding pelindung hias di balkon, jembatan, atau teras.
  • Baseboards: papan yang terbuat dari kayu yang membentang di sepanjang dasar dinding interior.
  • Balok: sepotong kayu atau logam persegi panjang yang dibangun dengan kuat yang membentang pada bukaan atau bagian bangunan yang biasanya menopang atap atau lantai di atasnya.
  • Lemari built-in yang tidak dapat dilepas, memiliki pintu atau laci yang dimaksudkan untuk menyimpan berbagai barang.
  • Rel kursi: cetakan dinding di sekitar ruangan yang dimaksudkan untuk melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh bagian belakang kursi.
  • Plafon coffered: serangkaian panel cekung berbentuk persegi panjang atau persegi yang dipasang di langit-langit.
  • Kolom: pilar tegak berbentuk silinder yang digunakan untuk menopang entablature atau struktur apa pun seperti lengkungan.
  • Crown Moulding: mencetak di permukaan atau struktur yang biasanya membentang di antara bagian atas dinding atau langit-langit bagian dalam.
  • Pintu dan cover pintu 
  • Mantel Perapian:  tudung yang diproyeksikan di atas jeruji. Digunakan untuk menangkap asap.
  • Tangga 
  • Elemen ruangan “built-in” seperti rak buku

Apa Bedanya Millwork dengan Casework?

(Freedom Millwork)

Selain millwork, ada juga casework yang keduanya sering diartikan memiliki pengertian yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan dari sisi arti dan produk yang dihasilkan.

Sesuai namanya casework merupakan pembuatan furnitur kotak seperti lemari (pajangan dan penyimpanan), rak dan laci, rak buku, ruang penyimpanan, laci dapur, dan sebagainya.

Idealnya, konstruksi casework tidak termasuk furnitur yang dibuat khusus dan biasanya diterapkan dalam penggunaan modular.  

Produk-produk casework tidak dibuat sesuai dengan ruang, melainkan dibuat setelah mengambil dimensi geometris tertentu dari ruang. Semantara millwork pada setiap bagian dibuat khusus secara custom berdasarkan kebutuhan pelanggan. 

Bahkan, dua produk millwork biasanya tidak akan pernah bisa sama. Produknya yaitu hiasan, panel dinding, dibuat khusus yang diproduksi di pabrik.

Sementara casework Pins akan menemukan produk yang diproduksi di pabrik dalam kelompok besar. Produsen memproduksi beberapa potong produk yang sama untuk menjualnya lebih cepat.  

Maka dari itulah, pengerjaan millwork akan biayanya lebih tinggi karena melibatkan lebih banyak penyesuaian dibandingkan casework. Kualitas produk yang dihasilkan pun lebih tinggi.

Para pekerjanya sangat memerhatikan detail dan keindahan. Tak heran total biaya pekerjaan ini biasanya dua sampai tiga kali biaya bahan yang terlibat.

Berbeda dengan casework yang dilakukan dalam produksi massal sehingga biasanya lebih murah.  

Nah, itulah informasi seputar millwork. Tertarik menggunakan produknya, Pins? Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.