Kamus Istilah Properti

Flex Space

istilah properti

Flex Space

Flex space adalah sebuah bangunan komersial yang menawarkan fleksibilitas, mulai dari ruang hingga jangka waktu sewa.  

Apa Itu Flex Space?

(Racounter)

Dalam istilah real estate, arti flex space berarti bangunan komersial yang fleksibel dan dapat memenuhi banyak fungsi serta dapat disesuaikan dengan lebih dari satu tujuan.

Biasanya bangunan ini terdiri merupakan bangunan bergaya warehouse yang cukup besar dengan ruang kantor sesuai spesifikasi di dalamnya. 

Ciri utama flex space adalah jangka sewa yang lebih pendek daripada gedung perkantoran pada umumnya. Penyewa ruang diperbolehkan menyewa dengan jangka waktu dari per jam, per hari, per bulan sampai per tahun. 

Hal inilah yang justru menjadi daya tarik pemilik bisnis maupun investor karena menganggap sewa jangka pendek lebih nyaman daripada sewa jangka panjang.  

Selain itu, ruang kerja fleksibel ini pun tidak mengharuskan penyewa untuk mengikut aturan umum yang berlaku layaknya perkantoran tradisional.

Di dalam bangunan ini terdapat beberapa ruangan yang biasanya mencakup campuran ruang gudang dan ruang kantor, sehingga hampir semua jenis bisnis dapat menggunakan ruang tersebut. 

Penyewa ruangan biasanya para pengusaha startup, kantor profesi seperti kantor notaris dan pengacara, pemilik online shop, penyimpanan inventaris perusahaan, atau bisnis apa pun yang mungkin memerlukan sebuah kantor.

Bahkan, banyak juga perusahaan yang bergerak dalam industri medis, biofarmasi, dan bidang penelitian dan pengembangan menjadikan flex space sebagai ruang yang dapat mengakomodasi kebutuhan kantor dan laboratorium mereka. 

Sejarah Flex Space

(Ranch Office)

Sebagai bangunan komersial, flex space sudah ada sejak tahun 1970-an bermula dari kebutuhan karyawan yang memerlukan bangunan industri dengan dok muatan untuk truk di depannya.

Kemudian tahun 1980-an pengembang properti mulai merancang bangunan industri yang memiliki dok pemuatan barang di bagian depannya, dengan banyak tempat parkir, dan langit-langit tinggi. Fitur-fitur ini memungkinkan bisnis untuk menggunakan bangunan tersebut untuk berbagai tujuan.  

Kini seiring berjalannya waktu, ruang fleksibel pun semakin berkembang. Desain ruangnya yang bersih menjadikannya pemilik bisnis dapat menambahkan fitur untuk menyesuaikan ruang untuk tujuan khusus mereka. Misalnya, mereka bisa mendekorasi area tersebut menjadi showroom untuk memajang produk kepada calon pelanggan.  

Jenis Flex Space 

(Raconteur)

Pins akan banyak menemukan bangunan komersial dengan tipe ruang fleksibel, terutama di kota besar seperti Jakarta. Jenis flex space ini antara lain: 

Serviced Offices

Jenis yang pertama menawarkan layanan kantor lengkap, termasuk di dalamnya penyewaan kantor virtual. Biasanya, Serviced Offices menyediakan peralatan kantor seperti nomor telepon, internet dan layanan surat menyurat, yang merupakan bagian dari layanan dari paket bulanan.

Tak cukup sampai di situ, Pins juga akan menemukan mesin fax, mesin fotokopi, peralatan audio–visual dan peralatan kantor di dalam Serviced Office. 

Coworking Space

Pins tentu tak asing dengan coworking space alias ruang kerja bersama, bukan? Jenis satu ini banyak ditemukan di Indonesia. Di dalam coworking space terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan besar, atau kecil khususnya start-up

Kemudian, di dalam coworking space juga tersedia satu ruangan terbuka yang dapat digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan. 

Keuntungan Flex Space

(Shared Space)

Dengan konsep fleksibilitas yang ditawarkan oleh flex space, Pins bisa mendapatkan sejumlah keuntungan sebagai berikut: 

Cocok untuk Pebisnis yang baru Merintis Usaha 

Bagi para perintis usaha, ruang fleksibel adalah pilihan yang tepat. Alasan utamanya karena ruang fleksibel biasanya lebih murah daripada ruang kantor tradisional. 

Meskipun harganya lebih murah, tetapi soal kualitas dan fasilitas tidak kalah menarik dibandingkan perkantoran tradisional. 

Jangka Sewa Pendek Bisa Menyesuaikan dengan Jumlah Karyawan

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Pins bisa menyewa ruangan dalam jangka waktu pendek. Jangka sewa yang pendek, memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan jumlah karyawan dan memenuhi kebutuhan strategi bisnis tanpa terikat dengan komitmen yang berjangka panjang. 

Bahkan, kini banyak juga perusahaan besar yang menggunakan mengkombinasikan gedung perkantoran tradisional dengan coworking space. Mereka menjadikan ruang fleksibel ini untuk divisi tertentu. 

Memudahkan Kolaborasi dan Komunikasi 

Tata letak ruang yang lebih bebas memungkinkan karyawan untuk berkomunikasi tatap muka. Para karyawan pun dapat dengan mudah bekerja di lantai bawah dan kemudian pindah ke lantai atas untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan meja atau komputer.

Selain komunikasi antar karyawan, menyewa flex space juga bisa berpeluang bertemu dengan sesama pengusaha lainnya yang memakai area yang sama. Pins bisa menambah relasi, rekan bisnis, klien, maupun teman diskusi.  

Investasi yang Menarik 

Bagi para investor, berinvestasi di ruang fleksibel menjadi pilihan menarik. Terlebih jika mengingat mulai bermunculannya pebisnis pemula yang membutuhkan ruang kerja. Tak hanya itu, properti ruang fleksibel juga terbilang tinggi dan stabil.  

Penggunaan flex space pun semakin bertambah dengan banyak perusahaan yang mempertimbangkan ruang kerja bersama sebagai opsi untuk berkantor. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.