Kamus Istilah Properti

Indekos

istilah properti

Indekos

Indekos adalah sebuah kamar atau tempat yang disewakan dengan biaya pembayaran untuk setiap periode tertentu (umumnya pembayaran per bulan).

Apa itu Indekos?

Indekos
(Shutterstock)

Indekos disebut juga kos-kosan, kamar kos, kost adalah salah satu persewaan kamar yang umum di Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indekos adalah tinggal di rumah orang lain dengan atau tanpa makan (dengan membayar setiap bulan). 

Artinya, menyewa sebuah indekos sama dengan menyewa kamar. Beberapa pemilik kost ada yang menawarkan fasilitas makan, ada juga yang tidak. 

Saat Pins menyewa sebuah indekos, maka akan dibebankan biaya pembayaran untuk setiap periode tertentu. Umumnya pembayaran indekos dilakukan setiap bulan. 

Seluruh fasilitas yang ada di dalam indekos, seperti ruang televisi, dapur, area parkir, maupun ruang laundry, bisa digunakan bersama oleh seluruh penghuni. Untuk kamar mandi, ada yang berada di dalam kamar, ada juga yang terletak di luar. 

Jenis dan Tipe Indekos

Indekos biasanya sengaja dibangun pada sebuah bangunan induk yang berdiri sendiri. Namun, ada juga kost yang ruangannya berada di bawah rumah milik keluarga, sehingga Pins akan tinggal bersama keluarga pemilik rumah tersebut.  

Selain itu, indekos juga memiliki beberapa jenis tertentu. Adapun tipe indekos yang umum ditemui di Indonesia diantaranya:

Tipe Kost Berdasarkan Gender

  • Indekos khusus putri diperuntukan bagi perempuan. Tipe indekos ini umumnya memiliki aturan yang ketat mengenai jam malam dan ada pula rumah kost yang bersatu dengan rumah pemilik.
  • Indekos khusus putra yang dikhususkan bagi laki-laki.  
  • Indekos campuran di mana penghuni kost diisi oleh kost laki-laki dan perempuan, biasanya berstatus karyawan. Kost ini menerapkan sistem aturan bebas jam malam dan memperbolehkan penghuninya membawa kunci gerbang sendiri. 

Tipe Indekos Berdasarkan Harga

Ada beberapa pilihan tipe kamar kost yang bisa Anda pilih berdasarkan harga:

  • Indekos tipe A: jenis kost eksklusif yang menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari tempat tidur, lemari, kamar mandi di dalam, AC, televisi, dan lain-lain. Harga kost tipe A biasanya mahal. 
  • Indekos tipe B: jenis kost yang memiliki fasilitas standar ditambah kamar mandi di dalam, serta beberapa ada yang punya token pribadi. Hargapun menengah. 
  • Indekos tipe C: jenis kost yang hanya memenuhi kebutuhan standar seperti kasur dan lemari. Untuk kamar mandi yang digunakan adalah kamar mandi bersama serta fasilitas bersama lainnya. Harganya pun paling murah dibandingkan tipe lainnya. 

Tipe Kost Berdasarkan Bentuknya 

Selanjutnya ada tipe kost yang memiliki fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya, seperti:

  • Indekos elit adalah jenis kost yang mewah dan elegan karena diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah ke atas. Untuk fasilitas yang disediakan sangat lengkap mulai dari kasur, lemari, meja rias, AC, TV, WiFi, dan kamar mandi dalam. Bahkan, kost elit memiliki fasilitas laundry dan cleaning service. 
  • Indekos tipe loft yang dibagi jadi dua area berbeda. Kost ini memfungsikan area tidur di atas serta area kamar mandi dan ruang santai di bawah. 

Kelebihan Bisnis Indekos  

kelebihan Indekos
(Shutterstock)

Bisnis indekos memang menggiurkan. Apalagi, berbisnis indekos terbilang memiliki risiko yang rendah. Apalagi jika lokasinya berada di area perkantoran maupun kampus. 

Selain itu, ada beberapa kelebihan bisnis kos-kosan, berikut ini diantaranya:

  • Menjadi penghasilan tetap dalam jangka panjang. Kos yang berada di area strategis, kemungkinan akan terus terisi. 
  • Jika dibandingkan kontrakan, bangunan indekos akan lebih terawat dengan baik. Hal ini karena penghuni indekos biasanya usia muda, lajang atau pasangan muda sehingga bisa lebih terkontrol. Berbeda dengan rumah kontrakan yang biasanya penghuni belum tentu peduli dengan perawatan rumah. 
  • Sebagai properti yang terus menghasilkan profit, maka indekos akan memiliki nilai jual kembali yang jauh lebih tinggi daripada nilai awalnya.
  • Pins bisa mendapat keuntungan lainnya dengan menyediakan layanan tambahan bagi para penghuni kos seperti jasa laundry dan catering. 

Kekurangan Bisnis Indekos 

kekurangan Indekos

Di balik kelebihannya, Pins juga harus siap dengan kekurangan bisnis indekos. Risiko ini diantaranya:  

  • Harus siap dengan pengontrolan secara rutin. Tujuannya untuk memastikan semua peraturan-peraturan yang telah dibuat berjalan dengan baik, dengan harapan kos tetap bersih dan rapi atau penghuni tidak asal merubah isi bangunan dan interior di dalamnya.
  • Terkadang terdapat penghuni yang telat membayar iuran ketika telah jatuh tempo.  
  • Jika salah strategi maupun kondisi lainnya, bisnis indekos juga memiliki potensi sepi. 

Tips Buat Pins yang Ingin Bisnis Indekos 

Indekos
(Shutterstock)

Nah, biar bisnis indekos tetap berjalan sesuai keinginan, Pins harus mengikut tips berikut: 

Lokasi Indekos Harus Strategis 

Lokasi adalah hal penting yang harus diperhatikan sebelum Pins memulai bisnis indekos. Jika Pins belum memiliki lokasi, pastikan melakukan survei lokasi dan pilihlah lokasi yang mudah ditempuh, memiliki jarak yang dekat dari kampus atau perkantoran, serta akses yang mudah kemana saja.

Namun jika lokasi strategis tetapi berada di gang-gang kecil, juga tidak masalah, karena banyak juga calon penghuni indekos yang senang dengan lokasi-lokasi seperti itu.

Buat Target Pasar 

Target bisnis indekos, penting untuk menentukan banyak hal, seperti harga, fasilitas yang ditawarkan, lokasi, dan lain-lain. 

Jika Pins mengincar calon penghuni mahasiswa, selain lokasi yang dekat dengan kampus, pastikan harga sesuai dengan mereka. Begitupun untuk fasilitasnya. 

Tetapkan Aturan 

Saat target dan lokasi telah ditentukan, Pins bisa mulai menyusun aturan penghuni. Misalnya dengan seleksi calon penghuni, aturan penutupan pintu utama, teman atau kerabat penghuni yang ingin menumpang menginap diwajibkan melapor, hingga kebersihannya. 

Tujuannya tak lain untuk kenyamanan dan keamanan para penghuni. Jadi, jika penghuni nyaman, kemungkinan mereka akan menetap dan merekomendasikan bisnis kos Anda kepada orang lain.  

Harga Sewa yang Kompetitif

Harga sewa indekos adalah salah satu faktor penentu bagi calon penghuni. Untuk harga sewa ini, Pins bisa melakukan survei terlebih dahulu. Cari tahu berapa harga pasaran bisnis kos-kosan di area sekitar.

Selain itu, tambahkan kalkulasikan dengan fasilitas tambahan yang Pins tawarkan. Pemilik juga dapat menentukan pembayaran per bulan atau per tahun.  

Tawarkan Fasilitas Tambahan 

Selain fasilitas utama seperti kasur dan lemari, Pins bisa menambahkan fasilitas lainnya sebagai kelebihan sekaligus daya tarik. Misalnya, wifi, layanan katering hingga laundry.  

Hal-hal tadi setidaknya akan membantu pemilik dalam memenangkan persaingan pasar. Tanpa adanya fasilitas tambahan, pemilik akan sulit menarik calon penghuni. 

Promosikan Bisnis 

Yang terakhir dan paling penting adalah mempromosikan bisnis Anda. Pins bisa melakukan promosi ini dengan banyak cara, seperti menyebarkan brosur di sekitar area, meminta penghuni yang sudah terlebih dulu tinggal untuk menawarkan kepada temannya, hingga promosi secara digital.

Saat ini, Pins bisa mempromosikan indekos secara online menggunakan media sosial. Pins, juga bisa memasukan daftar indekos di platform jual, beli, dan sewa properti terpercaya seperti Pinhome. 

Koordinator: Linda

Editor: Achlisia